Pengacara Trump memerintahkan untuk bersaksi di hadapan dewan juri

(CNN) Dalam keputusan penting hari Jumat, seorang hakim federal memerintahkan pengacara Donald Trump, Evan Corcoran, untuk bersaksi sebagai bagian dari penyelidikan atas penanganan dokumen rahasia oleh mantan presiden, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada CNN.

Corcoran kemungkinan akan menjadi salah satu saksi terpenting dalam penyelidikan kriminal penasihat khusus Jack Smith atas kesalahan penanganan catatan rahasia dan penghalangan keadilan setelah Trump menjabat.

Dalam perintah di bawah stempel Hakim Distrik Beryl Howell, jaksa penuntut Departemen Kehakiman memenuhi ambang pengecualian penipuan kejahatan untuk Corcoran, kata sumber itu.

Namun, ruang lingkup dari apa yang boleh ditanyakan oleh DOJ tidak segera jelas. Tim Trump diperkirakan akan mengajukan banding dan meminta penundaan perintah hakim sementara proses hukum berlangsung.

Keputusan tersebut memberi Trump kerugian lain di bawah meterai di pengadilan ketika tim dan sekutunya mencoba menghalangi penyelidik Smith untuk mengungkapkan percakapan langsung yang dilakukan mantan presiden dengan penasihat terdekatnya.

Perkembangan ini sangat menonjol karena tuduhan yang dibuat jaksa terhadap Trump saat mereka berdebat dengan hakim untuk kesaksian dewan juri.

Seorang juru bicara Trump mengatakan keputusan itu adalah “pelanggaran proses hukum.”

“Setiap kali pengacara mengincar jaksa, biasanya pertanda baik bahwa kasus mereka sangat lemah. Jika mereka memiliki kasus nyata, mereka tidak perlu bermain korup dengan Konstitusi. Setiap orang Amerika memiliki hak untuk berkonsultasi dengan pengacara. Diskusi yang jujur. — itu mendorong kepatuhan terhadap hukum,” kata juru bicara itu.

Corcoran, seorang pengacara yang menjadi saksi, sebelumnya telah memberikan kesaksian kepada dewan juri tetapi menolak untuk menjawab beberapa pertanyaan, dengan alasan hak istimewa pengacara-klien. Departemen berpendapat kepada hakim bahwa dia tidak dapat dibebaskan dari menjawab karena pembicaraannya dengan mantan presiden dapat menjadi bagian dari upaya untuk merencanakan kejahatan.

READ  Setidaknya 12 orang tewas setelah badai menghantam selatan

penilaian Howell Yang terakhir Perselisihan grand jury tertutup sebagai hakim ketua. Orang yang ditunjuk Obama membuat permintaan berulang kali untuk memimpin Pengadilan Distrik DC untuk informasi tentang tindakan Trump, tetapi dia mengundurkan diri dari pemerintahan pada hari Jumat.

Ketika Corcoran pertama kali bersaksi di hadapan dewan juri pada bulan Januari, dia ditanyai apa yang terjadi sebelum penggeledahan rumah Trump di Mar-a-Lago pada bulan Agustus.

Corcoran telah membuat laporan pada bulan Juni yang menyatakan bahwa tim Trump telah “menggeledah secara menyeluruh” dan tidak menemukan dokumen rahasia di rumah Trump di Florida.

Setelah itu, FBI menggeledah Mar-a-Lago dan menemukan ratusan catatan pemerintah, termasuk materi rahasia, yang menimbulkan pertanyaan tentang kredensial pengacara tersebut.

Cerita ini telah diperbarui dengan detail tambahan.

Paula Reid dari CNN berkontribusi pada laporan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *