Biden, McCarthy Bergerak Menuju Kesepakatan Plafon Utang AS

WASHINGTON, 17 Mei (Reuters) – Presiden Joe Biden dan tokoh Republik terkemuka di Kongres AS, Kevin McCarthy, telah menggarisbawahi komitmen mereka untuk segera mencapai kesepakatan guna menaikkan plafon utang pemerintah federal sebesar $31,4 triliun dan menghindari bencana ekonomi.

Setelah kebuntuan selama sebulan, pemimpin Demokrat dan Ketua DPR sepakat pada hari Selasa untuk merundingkan kesepakatan secara langsung. Pada tanggal 1 Juni, kesepakatan harus dicapai dan disahkan oleh kedua majelis Kongres sebelum pemerintah federal kehabisan uang untuk membayar tagihannya.

“Kita akan berkumpul karena tidak ada cara lain,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, di mana dia akan kembali ke Washington pada Minggu setelah perjalanan ke Asia, tetapi diskusi tingkat staf akan berlanjut di Washington.

“Untuk lebih jelasnya, negosiasi ini tentang kontur anggaran, bukan tentang apakah kita akan (melunasi utang kita) atau tidak,” kata Biden. “Para pemimpin (Kongres) semuanya setuju: Kami tidak akan membuat kesalahan. Setiap pemimpin mengatakan itu.”

Partai Republik, yang menguasai DPR dengan mayoritas 222-213, telah mendorong selama berbulan-bulan agar Demokrat menyetujui pemotongan pengeluaran sebagai imbalan atas kesepakatan untuk menaikkan pagu utang yang diberlakukan sendiri oleh Kongres. Batas tersebut harus terus dinaikkan karena pemerintah membelanjakan lebih banyak daripada pajaknya.

Ditanya oleh wartawan di Capitol apakah kesepakatan plafon utang dapat dicapai pada saat Biden kembali dari Asia pada hari Minggu, McCarthy menjawab, “Itu bisa dilakukan.”

“Kami berada di garis waktu yang ketat,” kata McCarthy. “Itu hampir membuatnya lebih sulit. Tetapi Anda tahu satu hal, bagi saya, saya tidak pernah menyerah. Saya memiliki tekad dan ketekunan dan kami akan menyelesaikannya.”

Dialog bilateral merampingkan format lima arah sebelumnya minggu lalu, yang juga melibatkan tiga pemimpin senior Kongres lainnya.

READ  Sorotan dari upaya peluncuran roket Starship yang gagal dari SpaceX

Biden berangkat Rabu ke KTT para pemimpin dunia Kelompok Tujuh di Hiroshima, Jepang, dari Jumat hingga Minggu.

Pada hari Selasa, Biden dan McCarthy bertemu selama sekitar satu jam di Gedung Putih dengan Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, Pemimpin Senat Republik Mitch McConnell, dan Pemimpin Demokrat DPR Hakeem Jeffries.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Biden merencanakan konferensi pers di Hiroshima pada Minggu sebelum kembali ke Washington.

Pasar keuangan tampak didukung oleh diskusi tersebut, dengan saham A.S. naik pada hari Rabu, didorong oleh optimisme hati-hati di kalangan investor saat pembicaraan berlanjut.

Departemen Keuangan AS mengatakan bisa kehabisan dana untuk membayar tagihan pemerintah paling cepat 1 Juni — langkah yang menurut para ekonom bisa memicu resesi.

Negosiator bertujuan untuk menuntaskan kesepakatan sebelum Biden kembali ke Washington pada hari Minggu. Kongres harus bertindak cepat sebelum batas waktu 1 Juni.

McCarthy mengatakan DPR akan memberikan suara terlebih dahulu pada kesepakatan apa pun sebelum mengirimkannya ke Senat, yang dikendalikan oleh Demokrat Biden dengan selisih 51-49. Aturan Senat membutuhkan setidaknya sembilan Republikan untuk dimasukkan dalam kesepakatan apa pun.

Syarat pekerjaan

Negosiasi terus berlanjut selama kontrak apa pun, persyaratan kerja untuk program bantuan bagi orang miskin, termasuk subsidi makanan dan batas pengeluaran.

Diskusi permintaan pekerjaan telah difokuskan pada Program Bantuan Gizi Tambahan (SNAP), sebelumnya dikenal sebagai kupon makanan, dan program Bantuan Sementara untuk Keluarga Membutuhkan, menurut sumber yang diberi pengarahan tentang negosiasi tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk mengungkapkan rincian tentang penutupan tersebut. . Negosiasi pintu. Biden sebelumnya mengatakan dia tidak akan terbuka untuk diskusi tentang persyaratan kerja untuk Medicare bagi orang Amerika berpenghasilan rendah.

READ  Uni Eropa tidak dapat menerima embargo Polandia dan Hongaria atas impor biji-bijian dan makanan Ukraina

Dia mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa dia tidak akan menerima perubahan persyaratan pekerjaan apa pun yang akan memengaruhi kebutuhan kesehatan penerima.

“Mungkin ada beberapa… tapi tidak ada konsekuensinya,” katanya.

McCarthy mendukung seruan kaum konservatif untuk persyaratan pekerjaan dalam wawancara CNBC, mengatakan mereka akan membantu ekonomi dan meningkatkan tenaga kerja, dan berjanji untuk menghindari diskusi tentang pajak.

Menaikkan pajak atas orang kaya dan perusahaan untuk membayar program bagi orang Amerika lainnya adalah bagian penting dari anggaran 2024 Biden, dan presiden mengatakan Selasa bahwa dia kecewa karena Partai Republik tidak akan mempertimbangkan cara untuk meningkatkan pendapatan.

Dalam sebuah pernyataan, Jeffries mengatakan dia berharap kesepakatan bipartisan dapat dicapai, tetapi Demokrat DPR akan mengajukan “petisi pelepasan” melewati prosedur kamar reguler untuk mengatasi plafon utang dan menghindari default.

Laporan oleh Susan Heavey; Diedit oleh Andrew Heavens

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *