Close
Close

Pemkab Bursel Akan Gelar Bursa Inovasi Desa

Lagu Terbaik Tahun 2021


Namrole, SBS 
Meningkatkan pemahaman dan teknis penggunaan dana desa. Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan mengelar kegiatan Bursa Inovasi Desa tahun 2018. Kegiatan ini akan berlangsung di Tribun VIP  Kantor Bupati Bursel, Kamis (4/10).

Program Bursa Inovasi Desa yang dimotori oleh Tim Inovasi Desa Kabupaten Buru Selatan (TIK) hadir untuk memperkuat pelaksanaan program-program pemerintah terutama sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan dan Pemerintah Desa Kabupaten Bursel,  Asma Mewar mengatakan, Program Bursa  inovasi desa ini  memberikan rujukan tentang inovasi pembangunan Desa serta merevitalisasi peran pendamping dan organisasi pemerintah daerah kabupaten dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pembangunan sumberdaya manusia serta infrastuktur desa.

“Melalui Program Bursa Inovasi Desa ini, diharapkan dapat memicuh munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, sehingga penggunaan Dana Desa dapat menjadi investasi nyata dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat desa,” tutur Mewar.

Iya mengungkapkan ada dua komponen utama dalam Bursa Inovasi Desa, yaitu : Pertama, Pengelolaan Pertukaran Pengetahuan dan Inovasi Desa, yaitu kegiatan penyebarluasan praktek pembangunan inovatif dengan tujuan memberikan inspirasi kepada desa untuk memperbaiki kualitas perencanaan desa.

Kedua, Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa, yang bertujuan agar desa-desa mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga professional.

Selain itu kegiatan ini, menurut Mewar, untuk memperkenalkan keberadaan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dan pelaksanaan Program  Tim Inovasi Kabupaten (TIK) tahun anggaran 2018 kepada stakeholder terkait dalam mendukung pelaksanaan  Program Inovasi Desa ditahun – tahun berikutnya.

“Kegitan Bursa Inovasi desa juga akan mempromosikan berbagai tarian adat khas Bursel dan pemutaran Video inovatif desa," jelas Mewar.(SBS/11)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post