Close
Close

Bupati Resmikan Penanaman Perdana Bawang Merah Di Desa Simi

Lagu Terbaik Tahun 2021

Namrole, SBS 
Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulissa meresmikan penanaman perdana bawang merah bersama 11 kelompok tani di Desa Simi, Kecamatan Waesama, Selasa (30/10).

Bupati yang tiba di lokasi penanaman yang berjarak sekitar 2 Kilometer dari Desa Simi mendapat sambutan hangat dari warga desa yang telah lebih dulu menunggunya (Bupati) di lokasi Perkebunan bawang merah seluas 3 Hektar.

Bupati dalam sambutannya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Desa Simi yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bursel untuk meningkatkan usaha tani dari masyarakat.

“Kelompok tani yang sangat saya cintai, pemerintah sangat mengapresiasi usaha tani ini dan ini juga merupakan bukti perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya petani untuk meningkatkan usaha taninya demi meningkatkan ekonomi rumah tangga dari masyarakat,” ujar Bupati.

Tagop mengatakan, pada umumnya masyarakat di Bursel selalu menanam tanaman jangka panjang seperti kelapa, Coklat dan Cenkih, walaupun itu baik karena merupakan besik tani dari orang Maluku.

“Tetapi dalam meningkatkan nilai ekonomi keluarga, yang paling dibutuhkan itu adalah tanaman holtikultura, biar tanaman berumur pendek namun per bulan itu kita bisa memanen hasil yang dapat meningkatkan nilai ekonomi keluarga dan itu dapat dilakukan secara berkelanjutan,” ujar Tagop.

Dirinya menuturkan, 11 kelompok tani yang telah dibentuk akan selalu mendapat perhatian dan pengawasan dari dinas pertanian, sehingga nanti hasil produksi dari penanaman bawang merah ini bisa menghasilakn produk yang berkualitas.

“jadi nanti kelompok tani ini akan mendapat pengawasan dari dinas pertanian, sehingga hasilnya panen bawang merah ini bisa menjadi pemasukan kepada setiap anggota kelompok maupun dapat di juaal kepasar dan bisa dijadikan bibit untuk ditanam kembali,” tuturnya.

Ia juga menginginkan, potensi tani yang ada ini dapat dikembangkan bukan Cuma 3 hektar, namun kedepan dapat di tingkatkan menjadi puluhan hektar.

Disamping itu, Bupati Bursel dua periode ini, menghimbau kepada seluruh kelompok tani agar tidak saling cemburu melihat hasil dari kelompok lain  yang memiliki hasil baik, namun dapat menjadikan itu sebagai motivasi agar ke depan semakin baik lagi dalam meningkatkan hasil taninya.

“ kita harus saling menjaga antar sesama kelompok, jangan ada kecemburuan yang nantinya ada muncul niat untuk saling merusak tanaman dari kelompok lain.  Kalau berhasil, ini akan menjadi perhatian Pemda melalui dinas Pertanian,” jelasnya.

Dirinya juga berharap bukan bawang merah saja yang di tanam oleh 11 kelompok ini, namun harus di variasikan dengan kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

“simi dengan potensi yang ada ini, harus lebih ditingkatkan, bukan hanya bawang merah saja, tetapi kalau bisa di variasikan dengan kcang-kacangan dan bila perlu juga sayur-sayuran,” tambahnya.

Sementara Kade Simi, Nasir Rumakat dalam Laporannya menerangkan Bahwa penanaman perdana bawang merah oleh 11 kelompok ini merupakan hasil keputusan dari musyawara desa yang mengalokasikan anggaran dari dana desa tahun 2018 sebesar Rp.110.000.000.

“Dengan anggaran yang bersumber dari Dana desa tahun 2018 sebesar Rp.110.000.000 itu, kami bagi per kelompok sebesar Rp.10.000.000 dengan target total penanaman bawang merah pada 11 kelompok sebanyak 2.750 KG,” rinci Kades.

Ia berharap dengan kehadiran dari Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dapat menjadi Motivasi bagi kelompok tani untuk dapat menigkatkan pendapatan mereka dan sekaligus merubah pola tanam tradisional menjadi pola tanam modern.

Ia juga berterima kasih kepada kepala dinas Pertanian Aminudin Bugis yang telah bersama-sama dengan kelompok tani dalam mengawal proses penanaman bawang merah tersebut.

“Tak lupa juga kami berterima kassih kepada Dinas Pertanian yang telah mendampingi kami mulaai dari program penganggaran sampai dengan penanaman dan sekaligus mengawal kelompok tani ini sampai panen nanti,” kata Rumakat.

Peresmian penaman Perdana bawang mera ini di awali dengan pemberian alat-alat tani yang diberikan langsung oleh Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa, Anggota DPRD Kabupaten Bursel Sami Latbual, dan Dandim 1506/Namlea Letkol Inf Syarifuddin Azis kepada perwakilan masyarakat dan dilanjutkan dengan penanaman bersama bibit bawang merah.

Hadir dalam penanaman perdana bawang merah itu, Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bursel Alfario Soumokil, pimpinan OPD, Kapolsek Waesama IPTU Zainudin Bugis, Camat Waesama Ahmad Wael, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya. (SBS/02)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post