Close
Close

Tagop : Seorang Haji Dituntut Lebih Khusyu dan Tawadu

Lagu Terbaik Tahun 2021


Namrole, SBS 
Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono dalam sambutannya yang di bacakan Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Imran Mahmud,  mengingatkan kepada 47 jama’ah haji yang baru kembali setelah menjalankan ibadahnya di tanah suci Makkah agar bisa menjadi haji yang khusyu dan tawadhu.

“Perlu saya ingatkan bahwa sebagai seorang haji dituntut untuk lebih khusyu dan tawadhu serta selalu menjadi panutan baik di internal keluarga maupun dimasyarakat,” demikian kata Mahmud saat membacakan sambutan Bupati Tagop Sudarsono Saoulissa pada acara penyambutan kembalinya 47 Jamaah Haji Kabupaten Bursel yang berlangsung di auditorium lantai dua kantor Bupati, Jumat (7/9).

Selain itu Mahmud juga mengharapkan para para jama’ah haji yang baru kembali dari tanah suci Makkah agar dapat meningkatkan ketaqwaan dan kesolehannya sebagai seorang haji.

“Para jamaah haji harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungan sekitar. Bisa memberikan nilai positif dalam rangka pembagunan di kabupaten Bursel terutama pembangunan mental dan spritual masyarakat, agar gelar haji yang disandang oleh bapak ibu sekalian betul-betul menjadi haji yang mabrur yang diridhoi,” harap Mahmud.

Melakukan ibadah haji menurutnya, merupakan pelaksanaan rukun Islam yang ke-5 dan menjadi salah satu ibadah yang memiliki kekhususan tersendiri.

“Ibadah haji diwajibkan sekali seumur hidup bagi setiap muslim/muslimat yang mampu serta memenuhi berbagai persyaratan, baik oleh ketahanan fisik dan mental yang spiritual keagamaan,” ucapnya.

Sehingga, lanjutnya, setiap muslim yang bertakwa sudah barang tentu sangat mendambakan agar dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah al mukaromah, karena selain merupakan pelaksanaan rukun islam yang ke-5. Juga merupakan kewajiban sekaligus sebagai kehormatan.

“Untuk itulah, bagi bapak/ibu haji yang baru saja kembali dari hajatan akbar ini, kiranya selalu mensyukuri karena telah diberi kesempatan melakukan ibadah haji sampai selesai dan alhamdulillah pada hari ini kita telah bersama kembali, baik dengan keluarga maupun masyarakat di daerah tercinta ini,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan, Kabupaten Bursel pada Tahun 2018 ini diberikan kuota haji sebesar empat puluh tuju orang, sehingga disaat ini telah disaksikan bersama kembalinya bapak/dan ibu haji asal Bursel dalam kondisi sehat wal’afiat.

“Mudah-mudahan ditahun-tahun yang akan datang akan bertambah jumlah kuota jemaah haji yang lebih banyak lagi sehingga umat muslim di daerah ini yang akan melakukan proses sebagai calon jemaah haji dapat mendaftarkan diri pada instansi terkait,” katanya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga berterimah kasih atas kerja semua pihak sehingga terlaksananya segala kegiatan haji ini dengan baik, mulai dari keberangkatan Jama’ah Haji sampai dengan kembalinya.

“Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terutama kepada kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bursel yang telah berupaya keras sehingga jamaah haji kita dapat diberangkatkan dan kembali dari pelaksanaan haji dengan selamat dalam menjalankan ibadahnya,” tutupnya. (SBS/01)


Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post