Close
Close

DPRD Minta Pemda Bursel Prioritaskan Pembangunan Jalan Biloro-Fogi

Lagu Terbaik Tahun 2021


Namrole, SBS 
DPRD Buru Selatan akan memperjuangkan skala prioritas pembangunan ruas jalan dari Biloro menuju Fogi agar segerah selesai di 2019 sehingga dapat membantu masyarakat dalam memobilisasi hasil pertanian masyarakat untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Buru Selatan Gerson Selsily kepada wartawan di Namrole, Sabtu (22/9).

"Ada ruas jalan kabupaten yang dibiayai oleh APBD, ada ruas jalan Biloro-Fogi, kemudian Fogi-Waemulang kemudian Waemulang-Tifu," sebut Selsily.

Namun yang menjadi persoalan ruas jalan ini yang terus menerus mengalami peningkatan dari Fogi sampai daerah Waemulang, sudah bisa dilewati dengan kendaraan roda empat maupun roda dua walaupun jalannya berupa jalan perusahan.

"Cuman yang jadi persoalan adalah, ruas jalan dari Biloro-Fogi itu yang jadi masalah, sudah ada ruas jalan yang dibongkar oleh pemerintah daerah harus ditindaklanjuti secara kontinyu jalannya," ujar politisi demokrat ini.



"Kalau ruas jalan Fogi-Waemulang itu dia bagus, tetapi kalau Fogi-Biloro itu tidak bagus maka akan menjadi hambatan akses mobilitas barang dan jasa dari wilayah itu ke kota kecamatan yaitu di Biloro, itu sangat sulit dan terganggu," timpalnya lagi.

Menurutnya, jika itu terganggu maka akan berpengaruh terhadap dinamika ekonomi, berpengaruh pada pendapatan perkapita masyarakat. Karena hasil (pertanian) masyarakat tak dapat disalurkan dan dijual di daerah lain.

Dikatakan, jika jalan itu bagus maka hasil pertanian milik masyarakat itu bisa dimobilisasi untuk dipasarkan ke kota kecamatan ataupun di daerah lain.

Ia menjelaskan, titik-titik strategis yang telah dibangun misalnya di Desa Nanali telah dibangun dermaga, ada dermaga di Biloro, dan kapal Ferry sampai di daerah Biloro.

Kalau akses jalan itu dipercepat antara Nanali-Airtertane sampai di Fogi maka mobilisasi hasil pertanian bisa diangkut masuk ke dermaga-dermaga itu untuk diangkut dengan angkutan laut untuk di pasarkan ke daerah lain.

"Bagi saya, ini yang harus menjadi skala prioritas Pemda dalam hubungan dengan pembangun jalan Biloro-Fogi. Di tahun 2019 saya harapkan jalan ini ditingkatkan," pinta Selsily.

Ditegaskannya, sebagai anggota DPRD dan juga selalu pimpinan DPRD Bursel dari Fraksi Demokrat akan mendorong dan perjuangkan ini habis-habisan untuk ruas jalan Biloro-Fogi ini harus menjadi skala prioritas dan tuntas di 2019. (SBS/05)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post