Close
Close

Pelaksanaan Pilkades, Pemda Bursel Libatkan KPU

Lagu Terbaik Tahun 2021


Namrole, SBS 
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dalam pelaksanaan pentahapan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak jilid dua yang akan dihelat 1 Oktober 2018 mendatang di wilayah itu.

“Jadi dalam pelaksanaan pilkades kita juga libatkan KPU,” tandas Asisten I Setda Kabupaten Bursel, Alfario Soumokil kepada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

KPU Bursel dilibatkan kata dari segi teknis proses pencoblosan dan perhitungan suara. Dimana pihaknya akan menggelar bimbingan teknis (BImtek) kepada panitia desa dengan melibatkan lembaga penyelenggara pemilu setempat. Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada panitia desa sehingga pelaksanaan pilkades jilid dua dapat berlangsung dengan jujur, adil dan berkualitas.

 “Kita akan memberikan bimtek kepada panitia desa tentang teknis pemilihan, yang mana kita melibatkan KPU Kabupaten Bursel untuk memberikan materi itu. Sebab kalau ada masalah di lapangan itu panitia desa sehingga perlu diberikan pemahaman,”terangnya.

Selain KPU, Pemerintah Kabupaten Bursel juga akan melibatkan aparat keamanan dalam proses demokrasi di tingkat desa ini. “Kita juga akan libatkan aparat keamanan pada pilkades nanti,”ujar Soumokil yang juga mantan Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bursel itu.

Sekedar diketahui pelaksanaan PIlkades jilid dua di Kabupaten Bursel, akan berlangsung di 29 desa yang tersebar di di wilayah dengan semboyan Satukan Hati Membangun Negeri tersebut.  Saat ini penyelenggaraan pilkades sudah memasuki tahapan administrasi bahkan seleksi tambahan bagi desa yang memiliki bakal calon kepada desa melebihi batas maksimal lima orang pun sudah dilaksanakan.

Keempat desa yang memiliki calon lebih dari persyaratan tersebut yakni  Desa Nanali, Nalbesy, leksula dan Labuang. Seleksi tambahan yang diikuti 31 bakal calon  kepala desa dari empat desa dimaksud diatas berlangsung di SMA Namrole, Rabu (26/7). Kini tinggal pemerintah daerah setempat mengumumkan hasil seleksi tambahan. (SBS-09)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post