Close
Close

Nyio : Hasil Seleksi Tambahan Calkades Diumumkan Pekan Ini

Lagu Terbaik Tahun 2021


Namrole, SBS 
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Ridwa Nyio menyatakan dalam pekan ini, hasil seleksi tambahan bakal calon (balon) kepala desa (kades) diumumkan.

“Kami sementara merampungkan hasil seleksi tambahan yang diikuti 31 bakal calkades pada empat desa yang dilakukan beberapa waktu lalu. Kemungkinan dalam pekan ini sudah bisa diumumkan,” tandas Nyio yang dikonfirmasi Kabar Timur di ruang kerjanya, Sabtu (28/7).

Dijelaskan, hasil seleksi tambahan akan disampaikan kepada panitia pemilihan di setiap desa untuk diumumkan dan dilakukan penetapan calkades yang bertarung pada pilkades Oktober 2018 mendatang.

Selain itu, pihaknya juga akan menyampaikan rekomendasi terhadap hasil pemeriksaan berkas balon calkades kepada panitia desa untuk ditindaklanjuti.

“Jadi nanti kita kirimkan hasil ke panitia pemilhan desa sekaligus dengan catatan atas hasil pemeriksaan berkas. Jadi kemudian catatan-catatan yang disampaikan itu harus diklarifikasi bakal calkades misalnya kepastian ijazah. Karena foto copy jadi kita ragukan sehingga perlu klarifikasi sebelum panitia pemilihan melakukan penetapan. Jangan sampai kita tetapkan ijazah itu bermasalah padahal aslinya ada  kan salah,” ujarnya.

Terkait apakah verifikasi berkas balon calkades ada yang ditemukan ganjal, Nyio yang juga mantan Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bursel itu, menyebutkan ada.

“Ada sih, kadang-kadang gong (bakal calkades) tidak paham karena ijasah yang dimasukan tidak dilegalisir. Kadang mereka punya copian ijazah sama-samar. Sehingga perlu ada klarifikasi berkas. Ada juga tahun lahir di data kependudukan tidak sama dengan ijazah, itu yang harus diklarifikasi,” ungkapnya.

Sebelumnya  diberitakan sebanyak 31 balon calkades di Kabupaten Buru Selatan mengikuti seleksi tambahan.

Puluhan balon kades yang ikut dalam seleksi ini berasal dari empat desa yakni Nanali, Nalbesy, leksula dan Labuang. Seleksi yang berlangsung sehari itu digelar Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Buru Selatan di SMA Namrole, Selasa (24/7).  Seleksi tambahan kepada balon kades di empat desa tersebut dilakukan lantaran yang mendaftarkan diri maju telah melebih batas maksimal lima. (SBS-09)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post