Close
Close

Melebihi Batas Maksimal, 31 Balon Kades Ikut Seleksi Tambahan

Lagu Terbaik Tahun 2021


Namrole, SBS
Sebanyak 31 bakal calon (balon) kepala desa (kades) di Kabupaten Buru Selatan mengikuti seleksi tambahan.

Puluhan balon kades yang ikut dalam seleksi ini berasal dari empat desa yakni Nanali, Nalbesy, Leksula dan Labuang. Seleksi yang berlangsung sehari itu digelar Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Buru Selatan di SMA Namrole, kemarin.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Buru Selatan Ridwan Nyio kepada Wartawan mengatakan seleksi tambahan kepada balon kades di empat desa tersebut dilakukan lantaran yang mendaftarkan diri maju telah melebih batas maksimal lima.

“Seleksi tambahan yang kita lakukan bagi keempat desa diatas, karena balon kades yang mendaftar telah melebihi batas maksimal 5 calon. Jadi  ada desa yang memiliki bakal calon tujuh orang padahal aturannya demikian,”sebutnya.

Dijelaskan dalam seleksi tambahan ini seluruh dokumen persyaratan pencalonan seperti pendidikan, pengelaman beroganisasi dan pengamalam kerja seluruhnya dinilai.
 “Jadi ada skor penilaian,”tuturnya.

Kemudian dilajutkan dengan uji kemampuan tes tertulis dan wawancara .
“Tes tertulis itu terdiri 40 soal terkait dengan pengetahuan terhadap wawasan kebangsaan, pemerintahan dan tata turan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan terakhir wawancara. Wawancara ini sendiri ada punya acuan wawancara terkait pengetahuan terkait UUD, kemampuan berkomunikasi selaku pimpinan kepala desa dalam proses pemerintahan. Maupun Visi-misi yang mereka usung harus jelaskan jangan sampai visidan misi itu dibuat oleh orang lain”,”ujar Nyio yang juga mantan Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan itu. 


Ditegaskan peserta yang mengikuti seleksi tambahan ini pastinya ada yang gugur. “Jadi nanti ada yang gugur .Makanya seleksi kita gunakan tiga metode ini. Dari ketiga metode ini kita akan akumulasi seluruh nilai baru , nanti kita rampingkan sampai satu desa maksimal hanya tinggal 5 balon kades,”sebutnya.

Ia berharap pilkades serentak jilid dua di Kabupaten Buru Selatan di 29 desa  yang akan dihelat Oktober 2018 mendatang dapat menghasilkan kepala desa yang berkualitas. “Kita harapkan pilkades jilid dua kali ini bisa menghasilkan kepala desa yang berkualitas sesuai dengan motto jujur cerdas berkualitas,”pungkasnya. (SBS-09)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post