Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Info Kota Ambon

News Politik

News Hukrim

Berita Kabupaten Buru

Kabupaten Buru Selatan

News Pariwisata

» » » » » » » » Viral, Semburan Air dan Lumpur Mirip Lapindo
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namlea, SBS 
Telah terjadi semburan air bercampur lumpur dari dalam tanah akibat penggalian sumur bor di areal sawah Desa Persiapan Rawamangun Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru pada Minggu tanggal 09 Februari sekitar pukul 15.00 WIT.

Kejadian ini terjadi berawal dari Sugeng (53) salah satu warga Desa Waekasar bersama Empat pekerja lainnya sekitar Pukul 14.00 WIT melakukan pekerjaan penggalian sumur bor di areal sawah milik Solikin (50) warga Desa Waekasar.

Setelah melakukan penggalian selama satu jam, dan sekitar Pukul 15.00 WIT  pekerjaan berlangsung dan pengeboran sudah masuk kedalam tanah sedalam 40 meter tiba-tiba air bersama lumpur menyembur keluar dengan tekanan tinggi kurang lebih 15 meter. Dari sumburan itu mengakibatkan pekerjaan dihentikan dan para pekerja menghindar dari lokasi penggalian sumur bor.

Namun setelah Pukul. 16.00 WIT semburan air dari dalam tanah mengecil dan para pekerja segera melakukan upaya untuk menutup lubang galian sumur bor dengan menggunakan pasir untuk menghentikan semburan air yang keluar dan semburan air berhasil dihentikan.

Semburan air yang keluar dari dalam tanah diperkirakan setinggi kurang lebih 15 meter, dan air dari dalam tanah tersebut berisi pasir halus bercampur air dan sedikit lumpur. semburan air ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam.
Tidak ada korban dalam kejadian ini, namun kerugian pada pemilik sawa, dimana separuh petak sawah yang telah ditanami padi tertutup pasir dan lumpur bekas semburan tersebut.

Hingga berita ini dipublish, penyebab semburan air tersebut belum diketahui dikarenakan belum ada dinas terkait yang mendatangi lokasi kejadian tersebut untuk melakukan observasi. Namun diketahui sebelumnya, kejadian serupa juga pernah terjadi  sebanyak dua kali.

Pertama terjadi di areal sawah milik Ahmad Efendi, Warga Desa persiapan Rawamangun Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Jarak kejadian pertama dengan kejadian saat ini Kurang lebih 50 meter.

Kedua terjadi di areal sawah milik Makik yang letaknya kurang lebih dua Kilometer dari tempat kejadian saat ini.

Sampai dengan saat ini (PKL. 22.30 Wit ) semburan air tidak keluar sama sekali dari lubang galian sumur bor tersebut. (SBS/10)


Bagi Berita Ini

Baca Juga

About A L

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!