Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Info Kota Ambon

News Politik

News Hukrim

Berita Kabupaten Buru

Kabupaten Buru Selatan

News Pariwisata

» » » » » » » » » Ada Aktivitas, Polres Pulau Buru Akan Sisir Gunung Botak
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Baca Juga


Namlea, SBS 
Polres Pulau Buru akan kembali penyisiran ke Gunung Botak (GB), menyusul adanya laporan bahwa ada sejumlah oknum yang kembali menambang secara ilegal di sana.

Kapolres Pulau Buru, Ricky Purnama Kertapati ditemui di ruang kerjanya Senin siang (20/5), menjelaskan telah mendapat informasi ada aktifitas ilegal di GB, paska penutupan terakhir November tahun 2018 lalu.

Menurut Kapolres, tadi pagi ia sudah mengumpulkan beberapa perwiranya, guna membahas masalah GB. "Dalam waktu dekat kita akan kembali menyisir ke GB. Yang nanti kedapatan  menambang akan ditindak," tegas Kapolres.

Kata kapolres, sejak ditutup secara persuasif, polisi juga terus memotong jalur mata rantai pengolahan emas dengan melakukan penangkapan dan penindakan hukum.

Namun, upaya itu ternyata belum memberikan efek jerah, sehingga disinyalir ada yang mau mencoba-coba kembali ke GB.
Ia berharap agar ada komitmen yang jelas dari pemerintah terhadap lokasi tambang ini, sehingga perizinan segera dikeluarkan.

Sementara itu, pantauan media ini, kalau saat ini personil Polres Pulau Buru dan Kodim 1506/Namlea juga sudah tidak ada yang bertugas di sana.

Gunung Botak yang begitu luas hanya dijaga beberapa personil brimob dan diawasi pama dari Polda Maluku.
Longgarnya pengamanan di GB akibat Pemprov Maluku tidak lagi membiayai pengamanan, menyebabkan sejumlah penambang kembali ke sana.

Mereka bukan hanya main kucing-kucingan dengan melakukan aktifitas sistim kodok-kodok. Tapi ada yang nekad menggunakan sistim tembak larut dengan menggelar karpet di malam hari hingga jelang subuh.

Bahkan aktifitas bukan hanya terjadi di malam hari di GB, tapi tromol di pemukiman warga juga mulai ada yang berputar.

Tempat pengolahan yang kedapatan masih mengolah emas dengan bahan baku dari GB, yakni di tromol milik Soleman alias Emang, berlokasi di Desa Dava, Kecamatan Waelata. (SBS/11)



Bagi Berita Ini

About A L

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!