Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » » » » » Gelar Lomba Kreasi Pentas Seni, KPU Bursel Sasar Pemilih Milenial
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Baca Juga


Namrole, SBS 
Guna meningkatkan partisipasi pemilih, menenkan angkah Golput dan menyasar pemilih pemula yang ada di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Komisi pemilihan Umum (KPU) Bursel menggelar Kegiatan Lomba Kreasi Pentas Seni Jingle Pemilu 2019 dan Lomba Tarian Kreasi Daerah Tingkat SMA Sederajat dan Pemilih Pemula Se – Kabupaten Buru Selatan, Sabtu (16/03).

Pentas Seni yang berlangsung di tribun alun-alun kota Namrole itu turut dihadiri oleh semua kalangan, mulai dari Pemda Bursel yang diwakili oleh Sekda Bursel A M Laitupa, Bawaslu Bursel, TNI/Polri, pimpinan-pimpinan Partai, para Caleg, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan Siswa-siswa SMA/SMK se-Kabupaten Bursel.

Ketua KPU Bursel Said Sabi dalam sambutanyanya mengatakan pelaksanaan pentas seni ini bertujuan untuk menyasar pemilih pemula yang secara konstetuen telah mencapai umur sebagai pemilih yakni berumur 17 tahun tepat pada tanggal 17 April 2019 nanti.

“KPU berharap, lewat pentas seni ini kita akan memperkenalkan pemilu kepada pemilih pemula, karena pemilu kali ini berbedah dengan pemilu sebelumnya dimana pada 17 April nanti akan melaksanakan pemilu secara serentak yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan anggota legislatif,” kata Said Sabi.

Dijelaskan, pada tanggal 17 April nanti ada lima (5) kertas surat suara yang di coblos yaitu surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Kalau untuk surat suara Pilpres dan DPD RI itu ada foto calonnya, untuk calon DPD RI dapil maluku ada 29 Calon dan nomor urutnya dimulai dari nomor urut 21 sampai 49, sebab nomor urut partai politik dimulai dari nomor urut 1 sampai 20 kemudian dilanjutkan dengan DPD RI. Sedangkan untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu hanya terterah nomor urut dan nama partai serta  nama dan nomor urut caleg saja,” terang Sabi.

Sabi katakan, pemilu kali ini KPU mengusung tema “Pemilu Berdaulat Negara Kuat”, untuk itu target utama KPU adalah menggerakan para pemili untuk menyalurkan hal pilihnya dengan mendatangi TPS.

Selain itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bursel untuk mengecek dan memastikan bahwa dirinya sudah terdaftar sebagai pemilih.

“Pastikan bahwa kita semua sudah terdaftar dalam DPT. Kami menghimbau kepada masyarakat Bursel yang belum terdaftar di DPT untuk segera mendaftarkan diri ke PPS setempat agar dapat diakomodir,” himbaunya.

Penjabat Sekda Bursel A.M Laitupa sebelum mebuka lomba kreasi pentas seni itu menuturkan terselenggaranya kegiatan ini, bertujuan meningkatkan Partisipasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula pada keseluruhan tahapan pemilu dan merupakan bagian integral untuk membentuk demokrasi yang sehat.

“Pemilih pemula merupakan segmen strategis dalam kehidupan demokrasi kita. Dengan potensi jumlah pemilih pemula yang cukup besar sekaligus mereka adalah generasi berikutnya yang akan memegang tanggungjawab sejarah bangsa, maka perhatian yang serius terhadap pemilih pemula menjadi penting untuk dilakukan,” ujar Laitupa

Menurut kepala BKPSDM Bursel ini, kualitas dan kuantitas partisipasi pemilih pemula mestinya terus disimai, ditumbuhkan dan dirawat agar terbentuk tatanan politik dan pemerintahan yang demokratis sebagai jalan menujuh demokrasi suptantif.

Lanjutnya, untuk menuntun masyarakat menjadi pemilih sukarela, mandiri, rasional dan cerdas, maka mereka (para pemilih) perlu diberi pengetahuan dan ditumbuhkan kesadaran politiknya.

“Sebagai tindaklanjut dari PKPU Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih bagi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu, KPU Kabupaten Bursel secara kelembagaan harus terus menerus melakukan Sosialisasi untuk mendukung peningkatan kualitas pemilih dalam pemilu tahun 2019,” ujarnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan malam penganugerahan piala dan hadia bagi peserta pemenang lomba yang turut dimeriakan oleh artis Kota Ambon Pieter Saparuane. (SBS/02) 




Bagi Berita Ini

About A L

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!