Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » » » » » » » Hari Ini, PPK di Bursel Tentukan Nasib Dukungan HEBAT
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SB
Dipastikan, Selasa (6/2) seluruh PPK di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan menggelar pleno hasil Verifikasi Faktual (Verfak) dukungan pasangan Herman Koedoeboen – Abdullah Vanath (HEBAT) guna menentukan nasib dukungan pasangan independen itu.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Bursel, Abdul Muin Loilatu kepada Suaraburuselatan.com di Namrole, Senin (5/2).

“Jadwalnya besok dan lusa untuk PPK,” kata Muin yang juga mantan Ketua KPU Bursel tersebut.

Muin mengaku Kecamatan Namrole telah berencana untuk melakukan proses pleno Senin (5/2). 

Namun, setelah pihaknya berkoordinasi dengan KPU Provinsi Maluku, maka diarahkan untuk ditunda pelaksanaannya Selasa (6/2).

“Iya mereka (PPK-red) telepon tanya beta katanya su selesai (Fervak-red). Jadi beta bilang kumpul akang. Kalau su bisa pleno, tetapi setelah beta berkoordinasi dengan provinsi, provinsi bilang jangan, ikut jadwal saja. Besok (hari ini-red) baru pleno,” ucapnya.

Lebih lanjut Muin menjelaskan bahwa sesuai data yang dimiliki pihaknya, dukungan HEBAT yang di Verfak tersebar pada seluruh kecamatan di Kabupaten Bursel.

“Enam kecamatan secara keseluruhan ada,” ucap Muin.

Disinggung apakah pihaknya telah mendapatkan laporan tentang banyaknya jumlah dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari PPK-PPK di enam kecamatan, Muin mengaku belum mendapatkan laporan resmi.

“Beta belum dapat informasi dari dong, dong belum kasih informasi ke katong,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PPK Namrole, Anthon Bugis mengaku bahwa pihaknya memang berencana untuk melaksanakan pleno Senin (5/2), tetapi setelah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Bursel, pleno tersebut pun ditunda.

“Tidak jadi, karena pengarahan dari KPU sesuai jadwal saja. Jadwalnya besok (hari ini-red),” kata Anthon.

Anthon mengaku bahwa jumlah dukungan HEBAT yang di Verfak di Kecamatan Namrole terdiri dari 186 dukungan yang tersebar di 13 Desa, yang terdiri dari Desa Wamkana, Waenalut, Namrinat, Lektama, Fatmite, Elfule, Waenono, Kamlanglale, Labuang, Waly, Leku, Oki Baru dan Oki Lama.

Lanjut Anthon, dari hasil Verfak memang ditemukan adanya dukungan yang TMS, tetapi untuk jumlahnya baru akan diketahui setelah dilakukan pleno.

Iapun mengaku bahwa kendati saat Verfak itu ada masyarakat yang complain terhadap penggunaan KTP mereka yang tanpa izin mereka, tetapi tidak ada masyarakat yang membawa masalah tersebut hingga ke pihak kepolisian.

Sementara itu, Ketua PPK Leksula, Max Hukay kepada wartawan via telepon selulernya, Senin (5/2) juga mengaku bahwa proses pleno baru akan dilakukan pihaknya, Selasa (6/2).

“Belum, besok baru pleno,” kata Hukay.

Hukay mengaku bahwa dukungan HEBAT yang di Verfak di Kecamatan Leksula sebanyak 1.883 dan dipastikan ada banyak pula yang TMS.

“Ada (TMS-red), pasti ada. Dari 10 saja ada, kong sampai 1.883 ini, tapi pleno dolo baru bisa tahu angka pastinya berapa,” ucapnya.

Sementara terkait dengan komplain masyarakat hingga proses hukum, Hukay mengaku memang ada masyarakat yang mengkomplain karena KTP nya digunakan sebagai pendukung HEBAT, tetapi masyarakat tidak lagi saling lapor ke polisi seperti saat Verfak tahap I beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, sebelumnya Ketua KPU Bursel Said Sabi menjelaskan bahwa berdasarkan data dari KPU Maluku ada 3.502 dukungan HEBAT di Kabupaten Bursel. Dimana, setelah di Verifikasi Administrasi tercatat sebanyak 3.440 yang Memenuhi Syarat (MS) dan 38 yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Dimana, pada dukungan perbaikan tersebut pun terdapat PNS dan POLRI sebanyak 61 mendukung.


“Jumlah yang diturunkan terdiri dari MS 3.440 tambah PNS/POLRI 61 sehingga total berjumlah 3.501. Dukungan perbaikan itu tersebar di semua Kecamatan di Bursel,” tuturnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!