Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » SMKN Maritim Bursel Akan Ikut Program Magang
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS
Sebanyak 17 siswa dan tiga Guru pada  SMK Negeri Maritim Oki Lama, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) pada 2017 ini dipersiapkan mengikuti program Magang di  Surabaya untuk  program Studi Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Nautika Kapal Niaga (NKN) selama beberapa minggu.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMK Negeri Maritim Oki Lama, Husen Limau saat kegiatan pencanangan dan pemasangan tanda Pangkat dan Pet Taruna serta Taruni Kelas I, II dan III di Desa Oki Lama, Sabtu (11/11).

Turut hadir pada kesempatan itu, Sekda Kabupaten Bursel, Sahroel Pawa, Anggota DPRD dari Fraksi PAN Taib Sowakil, Ismail Loilatu dari Fraksi Partai Demokrat, sejumlah pimpinan SKPD, Camat Kecamatan Namrole Hamis Waiulung, tokoh nasyarakat dan undangan lainnya.

Kepala SMK Negeri Maritim Oki Lama, Husen Limau  menjelaskan, SMK Maritim Oki Lama memiliki beberapa prodi yang menyiapkan siswanya menjadi tenaga handal dalam bidang kemaritiman. Prodi tersebut adalah Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) danNautika Kapal Niaga (NKN).

Menurut Limau, lulusan setiap prodi ini biasanya bekerja sesuai bidang yang dipilihnya tersebut. Misalnya, lulusan NKPI akan bekerja di kapal perikanan seperti di dek, atau menjadi nakhoda dan kapten. Kemudian, lulusan TKPI akan bekerja di kapal untuk penangkap ikan sebagi teknisi di mesin kapal.

"Sedangkan lulusan teknologi pengelolaan hasil perikanan, biasanya bekerja di industri luar negeri," ujar Limau.

Menurutnya, Prospek kerja lulusan SMK kemaritiman saat ini cukup cerah karena tenaga ahli di bidang ini sangat dibutuhkan di berbagai industri. Karenanya, para siswa dibekali berbagai keahlian seperti bahasa asing dan sertifikasi internasional.

"Prodi NKPI dan NKN dianggap menjadi unggulan karena lulusannya harus ikut uji sertifikasi, yaitu ahli Nautika dari NKPI dan NKN. Selanjutnya Guru-guru yang mengajar dua mata pelajaran tersebut juga harus mengikuti uji sertifikasi, oleh itu kita akan kirim ke luar daerah untuk mengikuti berbagai Program Magang dalam peningkatan Kualitas SDM " ucapnya.

Di Indonesia saat ini jumlah SMK Negeri Maritim baru 14 buah, kalau di Indonesia Timur,  SMK Negeri Maritim  Palopo, Sulawesi Selatan dan SMK Negeri Maritim Oki Lama Kabupaten Bursel, ini kembanggaan untuk Kita Kabupaten Bursel karena sudah ada.

Untuk Tenaga Guru pada SMKN Maritim Oki Lama yakni  5  guru Produktif dan 9 guru Normatif dan ada satu Guru S2 yang juga Ketua Program studi NKPI. "Saat ini bangunan Sekolah Baru 2 Ruang, nanti ada penambahan Ruang di 2018 sesuai Janji Pemda Propinsi Maluku," ucapnya.

Selaku Kepala Sekolah, tambahnya, ini menjadi perhatian Pemerintah Propinsi dan Kabupaten, dalam peningkatan kualitas Siswa SMK Negeri Maritim Oki Lama.

Sementara Sekda Bursel, Sahroel A. E Pawa saat dipersilahkan menyampaikan arahan mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah mendukung setiap program pendidikan di setiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat.

Hanya saja, sejak di berlakukannya UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, terjadi pengalihan pengelolaan pendidikan SMA dan SMK dari pemerintah Daerah Kabupaten/Kota ke Pemda Propinsi.

“Tetapi kita Daerah Kabupaten memahami betul  bahwa pengalihan satu urusan pemerintahan dari satu tingkatan ke tingkat berikutnya tidak muda, terkait persoalan administrasi pelayanan lainnya, sampai saat ini belum terurus dan tertata dengan baik,” tutur Pawa.

Menurut Pawa, Kabupaten juga mempunyai tanggung jawab moril untuk menampung dan menyuarakan Kepada Pemerintah Propinsi untuk melihat kebutuhan yang mendesak terkait proses perkembangan sekolah dan kebutuhan semua   SMA/SMK yang ada di Bursel. Dimana, Pemerintah Kabupaten akan membantu sesuai kewenangan kita.

“Saya berharap SMK Negeri Maritim Oki Lama ini bisa  menjadi pelopor untuk peningkatan mutu pendidikan Kejuruan maupun  seluruh SMK yang ada di Kabupaten Bursel. Kedepan guru yang mengajar di SMK Negeri Maritim harus diisi oleh Guru yang produktif demi guna pengembangan siswa.

“Kabupaten Bursel, mempunyai garis pantai terpanjang di Maluku, ini berarti potensi sumber daya laut sangat besar tetapi selama ini yang menonjol dari potensi  pertanian dalam hal ini perkebunan, semoga SDM SMK Negeri dari Bursel bisa  memanfaatkan potensi yang ada sesuai dengan besik keilmuan," ungkapnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...