Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Kondisi Kantor Tak Memadahi, Tuhumury Belum Berani Simpan Arsip Bernilai Tinggi
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SB
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Semuel Tuhumury mengaku pihaknya belum berani menyimpan arsip-arsip yang bernilai tinggi atau bernilai sejarah karena kondisi kantor yang belum memadai untuk ditampung.

Hal itu diungkapkan Tuhumury kepada wartawan di alun-alun Kota Namrole, Rabu (8/11).

“Yang masih saya berusaha untuk lebih baik lagi yaitu Kearsipan. Sebab sampai saat ini, Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bursel belum berani menampung arsip-arsip yang nilainya tinggi,” sebut Tuhumury

Hal itu, lanjutnya, mengingat kondisi ruangan atau Kantor belum bisa, sehingga diharapkan di tahun-tahun yang akan datang, pasca selesainya pembangunan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bursel yang permanen, maka semua dokumen akan bisa diambil dan disimpan.

Jadi, katanya, saat iniada beberapa arsip daerah yang telah tersimpan, tetapi arsip yang bernilai tinggi dalam nilai sejarahnya, pihaknya masih berhati-hati untuk menyimpannya.

“Arsip yang saat ini disimpan itu hanya beberapa, seperti orang yang memiliki batas wilayah atau batas tanah kita tamping disana,” ujarnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Tuhumury pun menjelaskan bahwa saat ini di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bursel terdapat sebanyak 6.000 eksemplar judul buku.

Dimana, lanjutnya, untuk minat baca pada perpustakaan masih stabil alias masih masih baik. Sebab, setiap harinya perpustakaan pada kantor tersebut dikunjungi minimal 10-20 orang.

“Anak-anak sekolah dari SD hingga SMA, bahkan dari PNS datang cukup banyak dan masyarakat lainnya juga datang membaca,” tutur Tuhumury.

Lanjutnya, secara umum pihaknya tidak mengalami kendala dalam memberikan pelayanan membaca kepada masyarakat karena berjalan normal.

“Kalau secara umum Perpustakaan tidak ada kendala apa-apa. Karena alurnya berjalan seperti biasa sesuai sistim yang diterapkan oleh Perpustakaan,” jelasnya.

Bagaimana dengan proses meminjam buku di Perpustakaan, jelas Tuhumury ada persyaratannya.

“Siapa yang menjadi anggota bisa pinjam tiga eksemplar selama seminggu dan kembalikan dan pinjam lagi,” jelasnya.

Dikatakan, yang dapat meminjam buku hanya yang terdaftar sebagai anggota yang telah memiliki Kartu Anggota. Dimana, Kartu Anggota dibuat secara gratis oleh pihaknya.

Tuhumury berharap kedepan pihaknya akan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
Sementara terkait dengan pembangunan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah yang sedang dalam tahap penyelesaian itu, Tuhumury mengaku bahwa dalam Tahun ini sudah harus selesai tutup atapnya.


“Sedangkan, diharapkan di Tahun 2018 Kantor itu sudah selesai. Direncanakan awal 2019 sudah harus difungsikan,” tuturnya. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...