Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » » » » » » » KPU Bursel Nyatakan Berkas 13 Parpol Lengkap
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menyatakan bahwa hingga Senin (16/10) sore, terdapat sebanyak 13 Partai Politik (Parpol) yang telah mendaftar dan berkasnya telah lengkap.

“Sampai saat ini sudah 13 Parpol yang telah mendaftar di KPU Bursel dan berkasnya lengkap,” kata Komisioner KPU Bursel Benony Solissa kepada wartawan di Kantor KPU Bursel usai menerima pendaftaran Partai Golkar.

Solissa menjelaskan, bahwa ke 13 Parpol tersebut terdiri dari 10 Parpol lama dan tiga Parpol baru. 
Dimana, untuk Parpol lama terdiri dari PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, PPP, PKS dan Partai Golkar. Sedangkan, tiga partai baru terdiri dari Partai Perindo, PSI dan Partai Garuda.

“Jadi, yang terdaftar dan berkasnya sudah lengkap itu terdiri dari 10 Parpo lama dan tiga Parpol baru. Parpol baru itu terdiri dari Parpol Perindo dan PSI serta Partai Garuda yang selama ini kita tidak pernah dengar tapi telah mendaftar dan berkasnya lengkap juga,” ungkap Solissa.

Selain itu, lanjut Solissa, dua Parpol lama lainnya, yakni PKPI dan PBB belum mendaftar.

“Untuk PBB, tadi mereka sudah datang, tetapi hanya untuk berkoordinasi tapi belum ada kepastian kapan mereka akan mendaftar. Sedangkan, PKPI sudah memberikan informasi bahwa mereka akan mendaftar hari ini (Senin-red) pukul 22.00 WIT,” terangnya.

Tak hanya itu, Solissa pun mengaku bahwa ada sejumlah Parpol lainnya pun telah datang untuk berkoordinasi dengan pihaknya.

“Pengurus PNI Marhens juga sudah datang, tetapi hanya untuk melaporkan bahwa mereka ada di 
Bursel tapi terkendala dalam konsolidasi dan Partai Berkarya juga sudah datang untuk berkoordinasi tapi belum jelas kapan mereka akan mendaftar,” cetusnya.

Untuk diketahui, sejumlah Parpolturut melakukan perbaikan berkas maupun mendaftar di KPU Bursel, Senin (16/10) sore.

Proses itu diawali oleh Partai NasDem yang mendatangi KPU Bursel pukul 12.10 WIT melalui penghubungnya Rinto Wally untuk melakukan perbaikan berkas yang belum lengkap.

Pada pukul 15.00 WIT, PDI Perjuangan melalui penghubungnya Orpa Anselany Seleky yang juga anggota DPRD Bursel turut menyambangi KPU Bursel untuk melakukan perbaikan berkas yang masih kurang.

Sedangkan pada pukul 16.12 WIT, rombongan PKB yang dipimpin oleh Ketua DPC PKB Bursel Arwa Waris dan Sekretarisnya Hasan Marua serta sejumlah fungsionaris lain seperti Basir Solissa, Taufik Hidayat Tuanaya, Abdul Rahim Latuconsina, Husein Seknum , Dirman Warhangan dan Husen Arafat Uara serta sekitar lima puluhan simpatisan turut mendatangi KPU Bursel untuk mendaftar.

Mereka diterima oleh dua Komisioner KPU setempat, yakni Benony Solissa dan Ismuddin Boy serta Tim verifikasi Parpol Kartini Makatita.

Dimana, setelah dilakukan pemeriksaan berkas, ternyata berkas PKB dinyatakan telah lengkap dan siap untuk diverifikasi oleh KPU.

Setelah rombongan PKB meninggalkan KPU Bursel, Pengurus Partai Demokrat yang terdiri dari Ketua DPC Gersol E Selsily dan Sekretarisnya Ismail Loilatu dan sejumlah fungsionaris lainnya seperti Ruben Tasane, Raja Solissa dan Kaleb Lesnussa serta dikawal langsung oleh Wakil Bupati Bursel Buce Ayub Seleky dan puluhan simpatisan langsung masuk ke Kantor KPU setempat pada pukul 16.40 WIT untuk mendaftar dan kembali disambut oleh kedua komisioner yang sama serta tim verifikasi.

Setelah menyerakan berkas pendaftaran dan diperiksa secara teliti oleh tim verifikasi KPU setempat, berkas Partai Golkar pun dinyatakan lengkap dan siap untuk mengikuti proses verifikasi sebagai peserta Pemilu 2019.

Dimana, tak lama kemudian, rombongan Partai Demokrat pun meninggalkan KPU setempat dan pendaftaran pun dilanjutkan oleh Partai Golkar yang dipimpin langsung oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel Yohanis Lesnussa dan didampingi oleh fungsionaris DPD II Partaii Golkar Bursel yang juga anggota DPRD setempat Jamatia Booy dan belasan simpatisan.


Dimana, setelah menyerahkan berkas kepada tim verifikasi, berkas Partai Golkar juga dinyatakan lengkap dan dinyatakan lengkap dan siap untuk mengikuti proses verifikasi sebagai peserta Pemilu 2019. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...