Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » » » » » Wonderful Sail2 Indonesia Yang Ketiga, Bukti Kemajuan Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Kemajuan yang dicapai Kabupaten Buru Selatan (Bursel) patut diberikan jempol, dimana terbukti dengan terselenggaranya wisata layar Internasional atau Wondderful Sail2 Indonesia 2017 yang ke tiga kalinya di kota Namrole.

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Kabupaten Bursel Yohanis Lesnussa ketika membuka event bertaraf internasional itu di Pelabuhan Namrole, Minggu (6/8) mengaku bahwa dilaksanakannya event bertaraf internasional itu merupakan bukti bahwa Kabupaten berjuluk Bumi Fuka Bipolo itu sudah kian maju.

“Wonderful Sail2 Indonesia 2017 merupakan event internasional yang merupakan salah satu bukti kemajuan Kabupaten Buru Selatan. Dimana, ada 68 peserta yacht yang berasal dari 15 negara akan mengunjungi Namrole,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, patutlah kita bersyukur dan berbangga menjadi warga Bursel yang memperoleh kesempatan untuk ketiga kalinya menjadi destinasi wisata layar internasional.

Sebab, menurutnya, tujuan Wonderful Sail2 Indonesia 2017 ini adalah untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal, pinggiran dan kepulauan sekaligus untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Kabupaten Bursel ke dunia internasional.

Dirinya pun mengajak kepada segenap lapisan masyarakat termasuk swasta untuk mensukseskan event tersebut dengan tetap menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan pada akhirnya menimbulkan kenangan.

“Itulah unsur sapta pesona yang harus kita ciptakan dan terus dipelihara ketika para wisatawan berada di Bumi Fuka Bipolo,” ujarnya.

Dijelaskannya, pelepasan relly kapal layar internasional ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 26 Juli 2017 di Debut, Kabupaten Maluku Tengara (Malra), dimana Kabupaten Bursel juga diundang untuk menghadiri acara tersebut, sedangkan di Namrole akan berlangsung selama 4 hari, yaitu sejak tanggal 5 – 8 Agustus 2017.

“Selama empat hari ini peserta relly dan seluruh lapisan masyarakat Bursel tidak hanya akan menikmati wiisata alam pantai, atraksi seni dan budaya, tetapi juga festival budaya dan live music yang dilaksanakan di lokasi Pelabuhan Namrole ini,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bursel Amelia Solissa dalam laporannya menjelaskan bahwa selama berada di Namrole, para peserta Wonderful Sail2 Indonesia 2017 akan disuguhkan dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan-kegiatan yang akan disuguhkan antara lain, atraksi Seni dan Budaya/Tarian/Lagu, Makan Patita Bersama, Surfing, Swimming, Pelepasan Peserta Festival Duen, Pelaksanaan Festival Duen, Lomba Perahu Kole-Kole Manggurebe dari Desa Oki ke Pulau Oki, Lomba Mancing Maniak dan Tradisional, Diving dan Snorking.

“Sedangkan setiap malamnya para peserta Wonderful Sail2 Indonesia maupun masyarakat Kabupaten Bursel akan dihibur dengan acara live music di Pelabuhan Namrole,” ungkapnya.

Wanita yang akrab di panggil Mei ini berharap, dengan berbagai suguhan yang diberikan tersebut, para peserta Wonderful Sail2 Indonesia dapat menikmatinya dan menjadikannya sebuah kenangan yang baik untuk mempromosikan Kabupaten Bursel ke dunia Internasional setelah kembali dari Kabupaten Bursel.

Sementara, pasangan suami istri yang merupakan awak Kapal Nauti Nauti asal Amerika Serikat, yakni Alfred Jhon dan Patricia yang diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan mewakili seluruh peserta Wonderful Sail2 Indonesia mengaku sangat senang bisa diundang oleh Pemerintah Kabupaten Bursel untuk dapat berkunjung ke Namrole dalam rangka kegiatan ini.

“Kami senang sekali bisa diundang oleh Pemerintah disini sehingga kami bisa berkunjung kesini,” ucap keduanya.

Menurut mereka, keramahan dan sambutan hangat masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Bursel membuat pihaknya nyaman selama berada di Kabupaten Bursel.

“Kami senang sekali dengan keramahan dan sambutan pemerintah maupun masyarakat disini. Kami senang sekali bisa berkunjung kesini,” ucap mereka.

Diselah-selah acara pembukaan itu, Asisten II Setda Kabupaten Bursel Yohanis Lesnussa pun memakaikan Ifutin kepada awak Kapal Nauti Nauti, Alfred Jhon senagai lambang penyambutan kepada para peserta sail2.

Setelah itu, para peserta Wonderful Sail2 Indonesia 2017 pun mendapat suguhan atraksi tarian Cakalele (Cefal), tarian Sahureka-reka dari SMA Negeri Namrole, atraksi polisi cilik dan Goyang Tobelo dari Polsek Namrole di Pelabuhan Namrole.

Bukan hanya sampai disitu, acara pun di lanjutkan di Pantai Desa Wali yang cukup menghibur Para wisatawan. Disana  (Pantai Desa Wali-red) selain lomba pajat pohon kelapa yang diikuti oleh sejumlah perwakilan desa di Kabupaten Bursel juga disuguhkan sejumlah tarian-tarian yang diperagakan oleh masyarakat Desa Wali maupun SMA Negeri Namrole.

Untuk diketahui, acara pembukaan Wonderful Sail2 Indonesia 2017 yang direncanakan di Wamsoba Eco Resort, Sabtu (5/8) pagi. Tetapi karena hingga Sabtu pagi, kapal peserta Wonderful Sail2 Indonesia 2017 yang masuk baru 15 kapal, maka acara pembukaan pun ditunda untuk dilaksanakan Minggu (6/8).

Dimana, pada Sabtu (5/8) siang, para wisatawan hanya disuguhkan dengan penampilan sejumlah tari-tarian.

Sedangkan, sampai Minggu (6/8) sore, jumlah kapal peserta Wonderful Sail2 Indonesia 2017 yang telah berlabu di area Pelabuhan Namrole hanya 21 kapal dari total 68 buah kapal yang direncanakan akan berkunjung ke Namrole dalam event Wonderful Sail2 Indonesia 2017 ini. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...