Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Sekda Buka Musda II KNPI Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dibawa kepemimpinan Hakim Souwakil (Ketua) dan Yusri Usbi (Sekretaris) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) II, Senin (14/8).

Musda yang dipusatkan di ruang Aula Kantor Bupati itu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bursel, Syahroel Pawa.

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda saat pembukaan Musda itu mengatakan pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional.

“Oleh karena itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” katanya.

Sejalan dengan apa yang telah disampaikan itu, lanjutnya, maka pemuda sebagai agen perubahan dan generasi masa depan dituntut mereposisi perannya melalui kontribusi yang nyata dalam masyarakat.
Sebagaimana kita makllumi bersama, bahwa suatu kegiatan yang berhasil mencapai tujuannya, apabila dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai rencana.

“Kegiatan  Musda ini harus dapat terselenggara sesuai rencana, agar tujuan yang akan dicapai dapat terwujud,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan Musda KNPI ini diharapkan benar-benar dapat memberikan kontribusi ddan manfaat yang besar bagi peningkkatan kapasitas pemuda dalam pembangunan, sekaligus bermanfaat bagi konsolidasi organisasi kepemudaan sebagai bagian dari komponen bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah tercinta ini.

Hal ini perlu diingatkan kembali, karena Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan telah menegaskan bahwa Organisasi Kemasyarakatan dapat memberikan andil yang besar dalam upaya bangsa mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

“Itu berarti, kehadiran KNPI sebagai representasi organisasi kepemudaan, haruslah dapat memberikan nilai lebih dalam bentuk peran dan fungsinya,” harapnya.

Oleh karena itu, katanya lagi, melalui kegiatan Musda ini, kiranya generasi muda Bursel dapat menunjukkan kualitasnya sebagai generasi harapan bangsa dalam melaksanakan proses demokrasi yang sesungguhnya di daerah ini.

Disadari sungguh bahwa KNPI sebagai tempat berhimpun seluruh organisasi kepemudaan, tentunya mmempunyai tujuan dan kepentingan yang beragam. Dengan demikian, Musda inilah yang justru dapat dijadikan momentum untuk mempersatukannya dalam suatu wadah, yakni KNPI.

Harapan saya, tambahnya, agar Musda kali ini hendaknya dijadikan momentum dalam merajut kebersamaan, dengan mengesampingkan berbagai perbedaan, agar dapat menjalin harmonisasi dalam keberagaman, demi kemajuan dan masa depan KNPI melalui beberapa hal sebagai berikut:
Pertama, Harus dapat berfikir rasional, objektif serta memegang teguh etika dan moral;

Kedua, Agar dalam musyawarah nanti dapat merumuskan dan mengkoordinasikan berbagai program kerja dan kegiatan yang riil bagi kepentingan masyarakat serta mewujudkan partisipasinya dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Bursel;

Ketiga, Saya mengingatkan agar DPD KNPI di daerah ini selalu memegang fungsi utamanya sebagai organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan;

Keempat, Menggali dan mengembangkan  segenap potensi generasi muda untuk kepentingan pembangunan, meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam wujud toleransi serta persaudaraan;
Kelima, Mengesampingkan unsure primordialisme, etnisitas dan dapat menjadikan perbedaan dan keberagaman sebagai perajut harmonisasi di tengah kehidupan masyarakat yang pluralistic ini;
Keenam, Agar KNPI sebagai organisasi kepemudaan tidak terjebak dalam kegiatan politik praktis, karena hal tersebut tentunya bertentangan dengan AD/ART organisasi maupun ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;


Ketujuh, Musda KNPI yyang dilaksanakan kali ini bertepatan dengan nuansa HUT RI yang ke 72, diharapkan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme guna mewujudkan semanggat kebangsaan marilah kita secara bersama-sama membangun bangsa dan daerah kita, serta senantiasa berupaya menciptakan situasi yang kondusif dengan membangun kesadaran dan komitmen untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera di Bumi Fuka Bupolo tercinta. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...