Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Guyuran Hujan Tak Kendorkan Semangat Ratusan Siswa Ikut Upacara Taptu
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Hujan deras yang mengguyur Kota Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Rabu (16/8) malam tak menyurutkan semangat ratusan siswa dari tingkatan SD, SMP hingga SMA/SMK di Kota Namrole untuk larut dalam suasana upacara Taptu yang digelar di Bandara Namrole.

Upacara yang di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD La Hamidi selaku Inspektur Upacara (Irup) itu berlangsung sejak pukul 21.15  WIT hingga pukul 21.23 WIT dan Komandan Upacara Taptu itu dipercayakan kepada Danton Brimob 1 KI 3 Den A Pelopor Namrole, Ipda Sardi Duila.

Upacara Taptu itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bursel Syahroel Pawa dan sekitar 20-an Pejabat Esalon II dan III lingkup Pemkab Bursel.

Dari pantauan Suara Buru Selatan,  upacara Taptu tersebut sedianya berlangsung sejak pukul 20.00 WIT, hanya saja karena guyuran hujan yang melanda lokasi Upacara tersebut, akhirnya pelaksanaan upacara pun berlangsung molor dari waktu yang ditentukan sebelumnya.

Kendati begitu, upacara Taptu yag di pimpin oleh La Hamidi itu tetap dimulai pada pukul 21.15 WIT. Dimana, hujan yang sempat deras mulai berkurang. Sementara para siswa yang didampingi sejumlah guru dan sekitar 3 orang personil Satpol PP tetap menggambil posisi pada barisan di tengah guyuran hujan tersebut. Sedangkan, para tamu undangan tetap mengikuti upacara dalam tenda yang tellah disediakan.

Ketika upacara baru dimulai dan La Hamidi sebagai Irup dipersilahkan untuk memimpin Upacara tersebut, hujan deras pun langsung turun dan kian membasahi semua peserta Upacara yang sebagian besar adalah para siswa tersebut.

Bahkan, ketika La Hamidi hendak menyalahkan obor perwakilan masing-masing barisan, La Hamidi pun harus keluar dari tenda sambil memegang obor dan berupaya menyalahkan obor para perwakilan peserta upacara.

Terlihat La Hamidi pun bersusah payah untuk menyalahkan obor-obor tersebut di tengah derasnya hujan. Namun, untuk saja ada staf Humas Pemkab Bursel yang kemudian datang dengan paying untuk memayungi La Hamidi di tengah hujan itu dan upaya membakar obor-obor para siswa yang mewakili barisan mereka itu pun dapat terlaksana.

Sementara disisi yang lain, terlihat puluhan obor milik siswa yang rencananya akan digunakan untuk proses Pawai Obor pun mati karena disirami hujan.

Tetapi, kondisi ini tidak menyurutkan semangat para penerus bangsa ini, mereka tetap konsisten berada di barisan untuk mengikuti upacara tersebut sambil berupaya menyalakan obor mereka yang mati dari obor teman-teman mereka yang masih menyalah.

Sementara terlihat para pejabat Esalon II dan III yang berada di bawa tenda hanya tertawa melihat para penerus bangsa itu tetap semangat mengikuti upacara tersebut di tengah guyuran hujan.

Setelah upacara selesai dilaksanakan pada pukul 21.23 WIT, hujan kemudian agar redah kendati masih gerimis. Dimana, setelah dipandu oleh pihak Protokoler pada pukul 21.25 WIT, Satpol PP yang menggunakan mobil dinasnya pun kemudian memanduh para siswa yang kendati telah basah kuyup tersebut dalam kegiatan Pawai Obor yang dilakukan dari Bandara Namrole di Desa Lektama menuju Desa Fatmite, Desa Elfule, Desa Waenono, Desa Kamlanglale, Desa Labuang dan finish di depan Kantor Bupati baru di jalan Kilo Meter II Desa Kamlanglale.

Dimana, ketika baru memulai star dan baru tiba di Desa Fatmite, peserta pawai yang sebelumnya hanya diguyur hujan gerimis, tiba-tiba di guyur oleh hujan lebat. Tetapi, kendati semakin basah, tetapi semangat mereka tidak pupus, melainkan semakin membara dan mereka pun tetap melanjutkan perjalanan Pawai Obor tersebut dalam guyuran hujan hingga tiba di depan Kantor Bupati baru.

Bahkan, dalam perejalan pawai itu mereka terpaksa harus berulang kali menyalakan obor mereka yang berkali-kali mati karena terkena guyuran hujan.

Selain itu, sepanjang pawai yang dilakukan itu, puluhan lagu kemerdekaan pun dilantunkan dengan suara nyaring oleh para peserta sambil sesekali meneriakan kata merdeka hingga tiba di depan Kantor Bupati baru pada pukul 23.00 WIT.

Selanjutnya, ketika menanti sekitar 50 menit dengan kondisi basah kuyup, pada pukul 23.50 WIT, para siswa ini pun turut serta dalam kegiatan Upacara Malam Perenungan yang dilaksanakan di depan kantor Bupati baru itu dalam kondisi hujan hingga pukul 00.15 WIT.

Sementara, Irup Malam Perenungan tersebut dipercayakan dipercayakan kepada Danki Pan D 731 Kabaresi Namrole Kapt Inf Andri Kurniawan dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Danramil 02/Leksula Lettu Inf Abas Siolon.


Upacara ini pun turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bursel Syahroel Pawa dan Asisten II Setda Kabupaten Bursel Yohanis Lesnussa, sekitar 20-an pejabat Esalon II dan III lingkup Pemkab Bursel, Wakil Ketua DPRD La Hamidi dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bursel. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...