Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » » » » » » 29 Peserta Ramaikan Festival Duen Wonderfull Sail2 Destinasi Namrole
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
29 peserta yang terdiri dari pria dewasa dan anak-anak turut serta dalam meramaikan Festival Duen atau Lomba Rakit yang digelar Panitia Lomba Wonderful Sail2 Indonesia 2017 di Kali Waetina, Desa Namrinat, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Senin (7/8).

Dalam Perlombaan yang dipandu oleh Juri Tomy Solissa dan Rido Behuku itu tak hanya disaksikan oleh ratusan masyarakat dari Desa Namrinat dan sekitarnya saja, tetapi turut disaksikan juga oleh puluhan peserta Woderful Sail2 Indonesia 2017 yang datang dari berbagai negara.

Festival Duen yang dijadikan sebagai salah satu icon pariwisata di Kabupaten Bursel itu berhasil dijuarai oleh Reky Latbual. Sementara Juara II berhasil diraih oleh Yerlon Tomanussa, Juara III diraih oleh Fendy Latbual, Juara Harapan I diraih oleh Ari Tomanussa, Juara Harapan II diraih oleh Iky Latbual dan Juara Harapan III diraih oleh Harly Tomanussa.

Keenam juara ini berhasil masuk final setelah pada babak penyisian mengalakan lawan-lawan mereka.

Untuk semua peraih juara dalam lomba festival Duen tersebut, mereka akan mendapatkan bonus maupun piala saat penutupan acara Woonderful Sail2 Indonesia Tahun 2017, Selasa (8/8)malam.

“Bagi mereka yang mendapat Juara I akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 2.000.000,- dan Piala, Juara II akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 1.750.000,- dan Piala, Juara III akan mendapatkan bonus sebesar R. 1.500.000,- dan Piala.

Sedangkan Juara Harapan I sampai Juara Harapan III akan pulakami berikan bonus pada saat acara penutupan nanti,” kata Ketua Seksi Lomba Wonderful Sail2 Indonesia 2017 Destinasi Namrole, Alex Sigmarlatu kepada wartawan usai perlombaan itu.

Sementara itu, puluhan wisatawan mancanegara yang hadir, tak hanya menyaksikan para peserta berlomba, tetapi mereka pun turut serta menaiki dan bermain rakit milik peserta usai perlombaan dilakukan.

Bahkan, kendati banyak yang terlihat bersusah payah mengawaki rakit-rakit yang mereka naiki dan tak sedikit yang jatuh tercebur ke dalam sungai, tetapi mereka tampak cukup menikmati hal tersebut.
Emaline Lebians, peserta Wonderful Sail2 Indonesia asal Australia mengaku sangat senang menikmati berbagai tontonan yang disakikan oleh Panitia maupun masyarakat setempat, baik itu Festival Duen, Tarian Cefal (Cakalele) maupun Tari Wio-Wio.

“Keren. Saya sangat senang menyaksikan itu semua,” kata wanita yang akrab disapa Ema itu kepada wartawan.

Bukan hanya itu, Ema yang merupakan salah satu awak Kapal Harmonic ini pun mengaku sangat senang dengan keramahan masyarakat di Desa Namrinat secara khusus dan Kabupaten Bursel secara umum.

“Masyarakat disini sangat ramah dan baik-baik semua, saya senang bisa datang kesini,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Namrinat Veky Tomnussa kepada wartawan berharap agar event Festival Duen ini akan terus dikembangkan.

“Kami berharap kegiatan ini akan terus dikembangkan dan kalau bisa jangan hanya setiap kali pelaksanaan Wonderful Sail saja, tetapi kalau bisa kegiatan semacam ini dilaksanakan setiap minggu,” kata Veky.

Menurutnya, dengan digelarnya kegiatan Festival Duen ini secara rutin akan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di Desa Namrinat secara khusus dan Kabupaten Bursel secara umum.

“Kalau kegiatan semacam ini dilaksanakan secara rutin, maka akan meningkatkan pendapatan desa maupun perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sebab, lanjutnya, pembangunan di Desa Namrinat tidak bisa hanya mengandalkan DD atau ADD semata, tetapi harus pula mengandalkan sumber pendapatan desa lainnya seperti dari kegiatan-kegiatan semacam ini, apabila bisa dikembangkan lebih baik lagi sebagai objek wisata yang menarik dikemudian hari. (SBS-02)





Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...