Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Bagian Kesra Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi Calon Jamaah Haji Kabupaten Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Untuk melengkapi Calon Jamaah Haji Kabupaten Buru Selatan (Bursel) tentang tata cara dalam pelaksanaan ibadah baik Haji maupun Umroh, Bagian Kesra Setda Kabupaten Bursel, Sabtu (22/7) menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji 1438 H/Tahun 2017 Masehi yang diselenggarakan di aula kantor bupati.

Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Bursel Syahroel Pawa ketika membacakan sambutan Bupati Tagop Sudarsono Soulissa ketika membuka kegiatan itu mengatakan ibadah haji adalah sebuah perjalanan spiritual berkunjung ke baitullah demi mencapai ridho Allah SWT disertai dengan melaksanakan ibadah-ibadah tertentu sejak dari tawaf sampai dengan melempar jumrah dengan syarat-syarat.

Ibadah haji adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam yang mampu atau kuasa untuk melaksanakannya, baik secara ekonomi, fisik, psikologis, keamanan, perizinan dan lain-lain sebagainya.

“Pergi haji adalah ibadah ibadah yang masuk dalam rukun Islam, yakni rukun Islam kelima yang dilakukan minimal sekali seumur hidup,” katanya.

Dirinya menjelaskan, manasik adalah tata cara dalam pelaksanaan ibadah, baik umroh maupun haji sesuai syariah dan merupakan prasyarat yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji yang dilakukan sebelum perjalanan dilaksanakan.

Dengan mengikuti manasik, lanjutnya, setiap calon jamaah haji akan mendapatkan pengetahuan tentang tata cara beribadah haji yang sesuai, baik rukun haji maupun wajib haji.

Lanjutnya lagi, untuk menjadi haji mabrur memang bergantung pada niat. Tetapi, juga bagaimana keseriusan dalam memahami ibadah haji secara optimal semasa manasik yang akan membantu untuk bisa mendapatkan haji mabrur.

“Haji mabrur adalah haji yang mampu menghantarkan pelakuunya kelak bisa lebih baik dari pada hari-hari sebelum ia berhaji,” ucapnya.

Dengan demikian, katanya, haji mabrur sudah pasti maqbul, akan tetapi tidak semua haji maqbul menjadi haji mabrur, karena kemabruran haji seseorang ditentukan dengan  dengan ibadah dan amaliahnya setelah pelaksanaan hajiinya.

“Potret haji mabrur tidak hanya dinilai pada saat proses ibadah haji tersebut berlangsung, tapi juga harus dinilai sejak persiapan termasuk bekal yang bersumber dari yang halal, serta amalan setelah ibadah haji berakhir,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, indikator kemabruran haji adalah tampak pada kepribadian dan sikap-sikap berikut : Pertama,  Patuh melaksanakan apa-apa yang diperintahkan oleh Allah SWT; Kedua, Konsekuen meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah SWT, baik dosa-dosa besar maupun dosa-dosa kecil; Ketiga, Gemar melaksanakan ibadah-ibadah sunat dan amal shalih lainnya, serta berusaha meninggalkan  perbuatan-perbuatan yang makruh dan tidak bermanfaat; dan Keempat, Memiliki sifat dan sikap terpuji seperti sabar, syukur, tawakkal, tasamuh, pemaaf, tawadu dan sejenisnya.

Pada kesempatan itu dirinya berpesan kepada peserta kegiatan bimbingan manasik haji agar dapat mengikuti manasik dengan baik dan benar serta memenuhi segala peraturan yang telah ditetapkan, dengan harapan mmenjadi haji yang mabrur.

Karena, menurutnya, bimbingan manasik haji tersebut bertujuan memberikan wawasan bagi para calon jamaah haji dengan harapan calon haji akan memiliki gambaran pada saat melaksanakan ibadah haji atau pada saat berada di tanah suci.

“Kita yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji haruslah benar-benar berniat berhaji untuk mencari ridho Allah SWT, bukan hanya untuk perjalanan semata,” ajaknya.

Ia pun menghimbau kepada peserta manasik haji, selama di tanah suci nanti agar selalu memelihara dan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan sebaik-baiknya.


“Jangan menganggab remeh untuk memelihara kebugaran jasmani dan mental, jangantakabur, jangan sombong, hindari pertengkaran dan kemarahan yang hanya akan merusak ibadah haji yang saudara-saudara laksanakan. Hormatilah adat dan kebiasaan masyarakat setempat karena kita akan menjadi tamu di negara lain,” pungkasnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!