Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » » » » Pemkab Bursel Sesali Sikap Pemkab Buru
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Pemkab Bursel) sangat menyesali sikap Pemerintah Kabupaten Buru, yang terkesan mengkhianati isi berita acara rapat percepatan penegasan batas daerah, dengan cara yang tak santun, yakni melakukan verifikasi secara sepihak.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bursel Syahroel Amri Engelen Pawa, kepada wartawan, Selasa (9/5), di Kantor Bupati Bursel.

“Ternyata, Pemkab Buru telah turun lebih dulu, dengan alasan mengecek tapal batas padahal di lapangan mereka yang kasih pindah tapal batas. Padahal hasil pertemuan di Jakarta sudah disepakati, bahwa nanti untuk verifikasi tapal batas, akan turun bersama antara Kemendagri, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah dua kabupaten yang bersengketa,” ujar Pawa.

Berdasarkan laporan yang masuk, bahwa papan nama Puskesmas Waehotong di turunkan, bahkan digeser ke Desa Balpetu.
“Jadi saya hari ini akan ke sana, untuk memastikan bahwa info tersebut benar atau tidak,” kata Sekda Bursel ini.

Syahroel mengaku sudah mengecek ke Polres Buru, dan Pihak Polres mengakui bahwa mereka diminta untuk mendampinggi Pemerintah Kabupaten untuk mengecek tapal batas itu, nanti kalau Pemerintah Kabupaten Bursel mereka juga bersedia.

“Tapi saya bilang, bukan begitu caranya, sebab hasil kesepakatan itu nanti kita turun bersama. Nah di situ, kita sementara persiapkan verifikasi dokumennya. Saya yakin bahwa pasti dokumen yang disana, itu mereka rekayasa,” tutur Pawa.

Menurutnya, kemarin mereka mau lantik kepala Desa Waehotong, desa yang disengketakan ini. Padahal kita sudah selesai pelantikan kepala desa, melalui proses pemilihan yang demokratis.

“Ini ada indikasi bahwa mereka mau merekayasa,” ujar mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bursel.

Sekda menuturkan, saat ini pihaknya menunggu hasil kesepakatan Mendagri, dan paling lambat minggu kedua Mei baru Mendagri turun untuk verifikasi lapangan secara bersama-sama.

“Saat ini kita tunggu, tapi ternyata mereka sengaja mendahului, jadi sebelumnya saya mau turun hari ini,” kata mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Bursel ini.


Saat disinggung apakah Pemkab Bursel akan memasukan laporan ke Mendagri terkait sikap Pemkab Buru yang terkesan mendahului. Sekda mengaku akan melihat kebenaran laporan lebih dahulu sebelum bersikap. 

“Ya nanti kita lihat apakah laporannya itu benar atau tidak. Yang jelas kemarin mereka turun kesana, kita akan cek juga apa saja yang mereka lakukan. Karena katanya ada kumpul-kumpul masyarakat,” tutur pria yang akrab di sapa Uli ini. (SBS-03)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!