Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Pawa Buka Khitanan Massal PPNI Bursel di Waesama
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) terus gencar dalam melaksanakan aksi sosialnya kepada masyarakat di Kabupaten berjuluk Bumi Fuka Bipolo itu.

Dimana, setelah sebelumnya melakukan kegiatan Khitanan Massal kepada ratusan anak di Puskesmas Desa Oki dan Puskesmas Namrole, Sabtu (18/02) kemarin, DPD PPNI Kabupaten Bursel kembali melakukan kegiatan serupa bagi kurang lebih 64 anak di Desa Wamsisi, Kecamatan Waesama yang dipusatkan di Balai Desa Humtitah Wamsisi.

Kegiatan Sunatan Massal itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bursel, Syahroel Pawa dan turut dihadiri oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Bursel Ridwan Nurdin, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Bursel Ibrahim Banda dan Camat Waesama Ahmad Wael.

Pawa dalam sambutannya ketika membuka kegiatan itu mengatakan bahwa kitanan atau sunat adalah merupakan syariat di dalam agama Islam yang wajib dilaksanakan. Selain, menurut kesehatan juga sangat penting.

“Akan tetapi, dalam kenyataan hidup kita keseharian ini banyak diantara orang tua yang umumnya, mungkin karena kesulitan ekonomi mengalami kesulitan untuk mengkhitankan anaknya,” kata Pawa.

Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh DPD PPNI Kabupaten Bursel ini adalah merupakan suatu hal yang sangat positif dan sangat bermanfaat sehingga emerintah daerah menyampaikan dan mengucapkan  apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh jajaran DPD PPNI Kabupaten Bursel karena telah mengambil peran dalam melakukan aksi sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini.

“Terkait dengan apa yang dilakukan oleh PPNI Bursel ini, pemerintah daerah akan mendukung sepenuhnya, baik  moril maupun materil untuk sekarang maupun yang akan datang,” ucap mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bursel itu.

Sementara kepada anak-anak yang dikhitankan maupun para orang tua yang anaknya dikhitankan, Pawa himbau untuk menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada PPNI Kabupaten Bursel atas wujud nyata kontribusi PPNI kabupaten Bursel ini.

“Kepada para anak-anak dan orang tua yang mendapatkan kesempatan untuk dikhitankan pada hari ini juga, kita patut memberikan penghargaan dan terima kasih kepada PPNI,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua DPD PPNI Kabupaten Bursel, Ridwan Nurdin dalam sambutannya diselah-selah pembukaan kegiatan itu mengatakan bahwa kegiatan sunatan missal yang dilakukan di Desa Wamsisi dan sekitarnya ini dilakukan setelah sebelumnya PPNI Kabupaten Bursel juga sudah melakukan hal serupa di Desa Oki dan sekitarnya maupun di pusat Kota Namrole dan sekitarnya.

“Hal ini adalah wujud nyata partisipasi kami sebagai sebuah organisasi profesi yang melihat bahwa ada sebuah hal yang secara utuh PPNI harus terlibat dan melakukan hal-hal yang bersifat sosialis,” kata Ridwan yang juga anggota DPRD Kabupaten Bursel itu.

Selain melakukan kegiatan sunatan massal, Ridwan berharap melalui kegiatan tanpa pamrih ini pun akan membudayakan masyarakat di daerah ini untuk hidup dalam budaya saling tolong menolong dan saling baku lihat satu dengan yang lainnya.

“PPNI ingin menjadikan kegiatan-kegiatan ini sebuah kegiatan tanpa pamrih, kegiatan-kegiatan yang harus tertular. Artinya bahwa kami ingin mempertegas bahwa skopnya bukan hanya sunatan massal, tetapi ketika kita melihat historis atau sejarah, bahwa sebenarnya kita masyarakat adat ini, masyarakat pinggiran ini, masyarakat tradisi sebenarnya kita sudah mulai terkikis rasa dan keinginan untuk tolong baku tolong, lihat baku lihat dan lain sebagainya,” ujar politisi Partai Nasdem ini.
Olehnya, selaku Ketua DPD PPNI Kabupaten Bursel, Ridwan mengajak semua pengurus maupun anggota PPNI Kabupaten Bursel untuk mulai menelurkan dan mengingatkan kembali seluruh masyarakat di Kabupaten Bursel tentang budaya baik dan mau terus melakukan gerakan-gerakan tanpa pamrih kepada masyarakat di daerah ini.

“Katong hanya punya sedikit keinginan untuk membantu dan untuk melakukan hal-hal yang sifatnya bermanfaat bagi katong semua,” ungkap Ketua GP Anshor Kabupaten Bursel ini.

Mengakhiri sambutannya, Ridwan pun turut menyampaikan rasa terima kasih PPNI Kabupaten Bursel kepada Pemerintah Kabupaten Bursel dibawa kepemimpinan Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati Buce Ayub Seleky yang telah turut serta mendukung PPNI Bursel dalam mewujudkan cita-citanya.

“Untuk itu, kami dari PPNI mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah. Dalam artian, alhamdulillah sudah hadir Bapak Sekda, Kepala Dinas Kesehatan dan Bapak Camat. Kami ingin dukungan moril, kami ingin dukungan dari pemerintah daerah untuk mampu mewujudkan apa yang menjadi cita-cita katong di PPNI Kabupaten Bursel,” tuturnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...