Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Malas, Pegawai Bursel Belum Sadar
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Sungguh mengecewakan, karena hingga melewati pertengahan bulan Januari 2017 ini, masih banyak pegawai, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang masih saja malas berkator usai libur Tahun Baru.

Hal ini tergambar ketika dilaksanakannya upacara Hari Kesadaran Nasional, Selasa (17/01) di halaman Kantor Bupati Bursel, ternyata hanya dihadiri oleh sedikit PNS dan PTT. Ini menunjukkan bahwa kesadaran pegawai di Bursel sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat masih sangat minim.

Akibatnya, Asisten II Setda Kabupaten Bursel Ais Lesnussa sebagai Inspektur Upacara (Irup) ketika membacakan sambutan Bupati Tagop Sudasono Soulissa diselah-selah upacara tersebut pun secara tegas menginstruksikan kepada pihak BKD dan Diklat Kabupaten Bursel yang dikomandoi oleh AM Laitupa untuk menindak tegas setiap pegawai yang masih kedapatan malas berkantor.

Saya tegaskan kepada pimpinan SKPD agar PNS maupun PTT yang sampai hari ini masih belum melakukan aktivitas masuk kantor tanpa kejelasan, agar segera dilakukan tindakan disiplin  sesuai ketentuan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Menurutnya, upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional yang diselenggarakan merupakan upaya untuk membangkitkan kesadaran dan semangat pegawai sebagai aparatur pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas-tugas pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat di daerah tercinta ini.

Untuk itu, PNS sebagai aparatur dan administrator negara serta penggerak roda birokrasi pemerintahan, selalu dituntut untuk mengedepankan peran utamanya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang memiliki tugas dan kewajiban dalam melaksanakan kewajiban bernegara, sesuai dengan amanat konstitusi dan semua peraturan hukum yang berlaku.

Dimana, lanjutnya, dalam perannya sebagai abdi masyarakat, pegawai dituntut untuk selalu memberikan pelayanan publik terbaik kepada seluruh masyarakat. Sedangkan, dalam perannya sebagai abdi pemerintah, pegawai harus senantiasa memberikan dukungan pada pelaksanaan tugas keseharian pemerintah yang dilakukan oleh segenap jajaran pemerintahan, baik di tingkat pusat sampai ke daerah-daerah, termasuk Kabupaten Bursel.

“Sejalan dengan peran PNS sebagaimana Saya sebutkan, maka melalui pelaksanaan upacara di hari ini, harus dapat pula dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran kita dalam menterjemahkan dan mengaplikasikan makna serta arti dari Panca Prasetia Korps Pegawai Republik Indonesia yang telah kita iafalkan secara bersama,” ujarnya.

Terkait dengan Panca Prasetia KORPRI, maka sebagai Public Service, PNS harus dapat meningkatkan disiplin kerja, taat terhadap aturan serta mampu untuk menghayati dan melaksanakan setiap tugas dan fungsi masing-masing secara maksimal, sehingga kinerja dan disiplin aparatur di daerah ini dapat ditingkatkan dengan baik.

“Dalam melakukan tugas keseharian kita saya berharap PNS di lingkungan Kabupaten Bursel untuk selalu berujuk pada aturan dan perundang undangan,” harapnya.

Tambahnya lagi, dengan adanya peringatan Hari Kesadaran Nasional diharapkan dapat mampu memberikan dorongan kepada semua PNS untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap pemerintah Kabupaten Bursel.

“Rasa memiliki itu tergambar dari keinginan kita untuk menjadi bagian yang utuh dari keluarga besar Pemerintah Kabupaten Bursel,” tuturnya.

Selain itu, menurutnya, dalam rangka harmonisasi kerja pendistribusian kewenangan kepada bawahan harus terus dilakukan secara merata sehingga masing-masing kita dapat diberdayakan dalam wujud pembinaan karier kedepan sesuai bidang tugas di lingkungan kerja masing-msing.


“Semua ini kita lakukan dalam rangka meningkatkan semangat dan kesadaran kita dalam berbangsa dan bernegara tanpa melihat berbagai latar belakang hubungan kekerabatan maupun emosional dalam membina kehidupan kebersamaan dengan menjauhkan prinsip-prinsip primordialisme dan feodalisme kedaerahan yang sering mendominasi profesionalisme aparatur di daerah Fuka Bipolo yang sama-sama kita cintai ini,” (SBS-02).



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...