Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » Sebanyak 3.911 Surat Suara Pilkades Serentak Bursel Didistribusi
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Harin ini, Sabtu (3/12),  Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Bagian Pemerintahan akan melakukan pendistribusiaan 3.911 Surat Saura untuk proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serempak pada 7 Desember 2016 nanti di 54 desa pada enam Kecamatan di Kabupaten Bursel.

Kepala Bagian Pemerintahan Bagian Setda Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Ismid Thio kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (2/12)  mengatakan, terkait dengan proses Pilkades serempak Kabupaten Bursel di Tahun 2016 ini, panitia tingkat kabupaten telah melakukan tahapan pelipatan surat suara dan mempersiapkan berbagai kelengkapan pemilihan.

“Saat ini tahapan kampanye dan sudah berlangsung sejak tanggal 1 Desember hingga 3 Desember (tiga hari),” kata Thio. 

Thio berharap di dalam proses persiapan itu tidak ada halangan, maka di hari Sabtu besok sudah dilakukan pendistribusian ke masing-masing desa.

“Sampai dengan hari ini ada 54 desa yang akan melaksanakan proses Pilkades secara serempak,” sebut Thio

Dirinya mengaku, untuk jumlah calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades serempak Tahun 2016 sebanyak 134 orang calon Kades. Dimana, calon Kades yang mengikuti tes uji kelayakan sebanyak 163 orang calon,  dan yang tidak lolos sebanyak 25 orang dan yang lolos 134 orang.
“Jadi 87 persen dari jumlah calon yang mengikuti proses Pilkades serempak pada tanggal 7 Desember nanti,” ujar Thio.

Lanjut Thio, proses persiapan pendistribusian surat suara ini dimulai dilaksanakan pada 30 November kemarin dan diharapkan segera selesai hari ini juga.

Jelasnya, karena KPU merupakan bagian dari tim asistensi, maka pihaknya bekerja sama dengan KPU terkait proses pelipatan surat suara, kotak suara serta persiapan perlengkapan lainnya yang berhubungan dengan proses pemilihan.

“Pendistribusianya dilaksanakan ada yang melalui jalur laut dan jalur darat di semua kecamatan, terkecuali Kecamatan Ambalau karena tidak melakukan proses Pilkades serempak ini,” jelas Thio.

Dirinya mengaku, proses pendistribusian surat-surat suara tersebut akan dilakukan melalui jalur darat maupun jalur laut, kecuali untuk Kecamatan Ambalau yang tidak akan didistribusikann karena tidak melaksanakan Pilkades serentak 7 Desember 2016 mendatang.

Ditanya jumlah surat suara yang dicetak, Thio mengakui tidak mengetahuinya secara pasti jumlahnya. Diirinya hanya mengaku bahwa surat suara yang dicetak itu sesuai jumlah DPT ditambah dengan surat suara tambahan 2 persen untuk masing-masing desa dan ditambah dengan surat suara cadangan.

“Jumlah surat suara, saya sendiri sampai hari ini belum tahu pasti jumlahnya,” akui Thio.

Proses pencetakan surat suara, kata Thio, dilakukan oleh pihak ketiga. Namun, dirinya tidak mengetahui nama pihak ketiga yang melakukan pencetakan surat suara itu.

Sementara untuk keamanan saat Pilkades, lanjut Thio, telah dikoordinasikan dengan pihak keamanan dan sebelum tanggal 3 Desember aparat keamanan sudah harus berada di desa masing-masing.
“Diprioritaskan minimal 2 orang setiap bilik suara (TPS), mekanisme TPS ditetapkan di masing-masing desa, jumlah bilik suara disesuaikan,” jelas Thio.

Dimana untuk maksud itu, pihak panitia tingkat kabupaten sudah membangun berkooordinasi dengan Polres Buru, Dandim Buru maupun aparat keamanan dari Brimob yang ada di Namrole.

“Hasil kordinasi kita dengan pihak Kapolres Buru direncanakan 127 orang personil, ditambah pasukan Brimob, dan pihak Dandim sekitar 55 orang personil, diperkirakan 200 orang lebih personil kemanan,“ urainya.

Sedangkan untuk jumlah anggaran pengamanan yang dianggarkan dalam proses Pilkades serempak Kabupaten Bursel, kata Thio, berkisar Rp.500 juta dari anggaran Rp.4.5 milyar.

“Pengamanan dimulai dari tanggal 1 Desember ini hingga selesai proses pilkades,” katanya.

Sebagai pemerintah daerah, dirinya berharap, khususnya kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu-isu politik sehingga proses ini dapat berjalan lancar sehingga mendapaat pimpinan di tingkat desa yang professional.

Ditempat terpisah, staf Bagian Pemerintahan selaku PPTK kegiatan fasilitasi Pilkades Serempak Kabupaten Bursel Yosep Tortet kepada wartawan yang ditemui di Kantor KPU Bursel mengatakan, jumah anggaran pencetakan surat suara sebesar Rp.500 juta.

“Anggaran percetakan surat suara sebesar Rp. 500 juta ditangani oleh CV. Beta Mandiri Utama selaku pihak ketiga,” sebut Tortet.

Disebutkan, jumah DPT 29.823 pemilih, tambahan 7 persen sebanyak 2.08 surat suara, sehingga total jumlah pemilih sebanyak 31.911 surat suara.


Disampaikan, sesuai rencana, besok seluruh perlengkapan proses Pilkades seperti surat suara, kotak suara, tinta, bantal ditambah paku alat pencobolasan dan form berita acara semuanya didistribusikan ke semua desa di 6 kecamatan. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!