Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Pemkab Bursel Gelar Bazaar Murah Selama Tiga Hari Jelang Natal
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SB
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bursel menggelar kegiatan Bazaar Murah selama tiga hari menjelang perayaan Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru 01 Januari 2017.

Kegiatan yang dipusatkan di Gudang Kai Wait milik Disperindag Kabupaten Bursel di Kilo Meter II Namrole yang dibuka oleh Wakil Bupati, Buce Ayub Seleky, Kamis (15/12) pagi itu akan berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (17/12).


Turut hadir dalam pembukaan kegiatan bazaar itu, Kepala Disperindag Kabupaten Bursel Yan Latuperissa dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Bursel.

Seleky dalam sambutannya ketika membuka kegiatan itu mengatakan kegiatan Bazaar yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bursel merupakan kegiatan yang kedua kali di Tahun 2016 dan sudah menjadi komitmen pemerintah daerah untuk melaksanakannya sebagai kegiatan rutin yang dilakukan tiap tahun dalam menyambut hari-hari besar keagamaan.

“Kegiatan bazaar yang dilaksanakan pada saat ini memiliki momentum yang sangat tepat karena pada saat bersamaan umat Kristiani sedang mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran Kristus sebagai juruselamat dunia dengan tema Natal tahun ini Natal Kristus, Karya Damai Sejahtera Allah Hadir Bagi Semua,” kata Seleky.

Menurutnya, kegiatan Bazaar menyongsong perayaan Natal 25 Desember 2016 dan Tahun baru 01 Januari 2017 merupakan bentuk saling peduli dan berbagi hidup dengan sesama, yaitu masyarakat Bursel, lebih khusus umat Kristiani yang sebentar nanti akan merayakan hari Natal, dimana tentunya sangat membutuhkan uluran tangan kita semua, utamanya selaku pemerintah sehingga dapat membantu meringankan beban hidup masyyarakat yang berpenghasilan menengah kebawa.

Disisi lain, lanjutnya, melalui Bazaar Natal ini juga diharapkan akan terciptanya komunikasi dan interaksi yang harmonis dalam menjalin rasa kebersamaan dan sepenanggungan. Dengan demikian akan mempererat tali persaudaraan sebagai orang bersaudara (Kai Wait) di Bumi Bipolo tercinta dalam bingkai ‘Lolik Lalen Fedak Fena.

Dijelaskan, hal terpenting dari pelaksanaan Bazaar adalah bagaimana dapat menjaga stabilitas harga barang dan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok masyarakat sehingga tidak terjadi spekulasi harga yang dilakukan pelaku usaha menjelang hari-hari besar keagamaan yang akan menyebabkan terjadinya kenaikan harga yang tidak terkendali, hal ini akan berpengaruh pada peningkatan laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi secara nasional dan lebih khusus di Kabupaten Bursel.


Dimana, lanjutnya, langkah-langkah pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi terus diupayakan melalui peningkatan investasi, peningkatan infrastruktur maupun program-program pemberdayaan disegala bidang yang diharapkan dapat mmeningkatkan pendapatan perkapita masyarakat dan menekan angka kemiskinan di Kabupaten Bursel.

Namun, meningkatnya harga barang kebutuhan pokok masyarakat di suatu wilayah akan sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Dimana, daya beli masyarakat merupakan kemampuan masyarakat dalam membelanjakan uangnya untuk kebutuhan barang dan jasa.

Kemampuan ini sangat dipengaruhi oleh harga riel antar wilayah, karena nilai tukar yang digunakan dapat menurunkan atau menaikan nilai daya beli, meningkatnya harga barang di suatu wilayah dapat berpengaruh terhadap menurunnya daya beli masyarakat dan akan berdapak terhadap perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Bursel.

“Ini berarti kestabilan harga barang kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya harus mendapat perhatian kita bersama, baik menyangkut ketersediaan barang, transportasi, penyediaan sarana/prasarana pasar dan pelaku usaha,” ujarnya.

Lanjjutnya, kenaikan harga secara nasional turut berimbas kepada perkembangan harga di Kabupaten Bursel. Hal ini disebabkan karena hamper 90 persen kebutuhan barang pokok didatangkan dari luar daerah dan hal ini perlu diantisipasi melalui operasi pasar.
Pada kesempatan itu, Seleky menginstruksikan kepada instansi terkait untuk melakukan koordinasi dan pengawasan secara rutin sehingga tidak terjadi kelangkaan barang pokok di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu juga, menjelang perayaan hari besar keagamaan ini, Seleky mintakan untuk tingkatkan pengawasan terhadap barang-barang kadaluarsa, barang-barang yang mengandung bahan berbahaya sehingga tidak menggangu kenyamanan, keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Saya menghimbau kepada seluruh pelaku usaha yang melakukan aktivitas di daerah ini untuk tidak menaikan harga barang sepanjang tidak terjadi kenaikan harga di tingkat sentra produksi atau di tingkat distributor, saudara dilarang melakukan penimbunan barang dan apabila ditemukan saudara melakukan pelanggaran tersebut, maka akan kami tindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara, Sekretaris Disperindag Kabupaten Bursel Dahlan Madero yang juga Ketua Panitia Kegiatan Bazaar Murah itu dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, yakni : Pertama, Meningkatkan stabilitas kelancaran arus distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat dengan tingkat harga yang terjangkau;

Kedua, Membantu meringankan beban hidup masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah, untuk merayakan hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017 dengan penuh sukacita; dan
Ketiga, Membangun hubungan komunikasi, interaksi antara masyarakat sebagai orang basudara di Bumi Bipolo.

“Kegiatan Bazaar dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 15 Desember – 17 Desember 2016 di Gedung Kai Wait Disperindag di Kilo Meter II Namrole. Sedangkan jenis produk yang dijual terdiri dari Beras, Gula Pasir, Mentega, Minyak Kelapa, Bicuit Kaleng, Sirup, Susu, Telur Ayam, Terigu dan Minyak Goreng,” tuturnya.


Sementara, dari pantauan media ini, usai pembukaan kegiatan itu, Seleky langsung meninjau berbagai barang kebutuhan pokok yang dijual dan setelah itu masyarakat yang tellah hadir sebelum pembukaan kegiatan itu pun langsung menyerbu sejumlah stand yang disediakan untuk membeli barang kebutuhan pokok mereka. (SBS-01) 



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!