Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » Wabup Bursel Minta Akhiri Dikotomi
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS
Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Buce A Seleky meminta masyarakat Bursel untuk mengakhiri dikotomi paska Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 lalu.

“Saya tegaskan bahwa sampai dengan saat ini masih ada isu-isu yang dikembangkan di masyarakat bahwa dalam Pilkades serentak di tahun ini ada calon kepala desa dari utusan nomor 1 dan utusan nomor 2, sehingga hal ini dikuatirkan akan menimbulkan berbagai interprestasi bahwa calon lain yang bukan berasal dari nomor 2 akan digugurkan melalui hasil uji kelayakan nanti,” kata Seleky, saat membuka uji kelayakan Calon Kepala Desa, Senin, 31 OSBSober 2016, yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Bursel.


Orang nomor dua di negeri yang kental dengan budaya Kai Wait ini berpesan kepada seluruh warga Bursel, bahwa telah berakhir sudah proses politik pilkada di daerah ini dan telah secara resmi dilantik Bupati dan Wakil Bupati Bursel untuk masa jabatan 5 tahun kedepan.


“Tidak ada lagi kelompok nomor satu maupun kelompok nomor dua, tetapi kita adalah masyarakat Bursel yang utuh, bersatu padu dalam ikatan persaudaraan sejati dalam satu hati membangun negeri,” ujar Master Hukum ini.


Menurut mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD dan Diklat) Bursel, para calon kepala desa ini merupakan utusan terbaik dari desa masing-masing, sehingga jika saudara dinyatakan layak ataupun tidak  layak untuk melanjutkan proses dalam tahapan calon kepala desa nanti haruslah berbesar hati untuk tetap sukseskan Pilkades serentak di desa saudara masing-masing.


“Karena apapun perjuangan saudara dalam proses Pelkades ini Saudara merupakan pembawa suara hati masyarakat karena suara hati masyarakat adalah suara Tuhan yang Maha Esa bagi Saudara sebagai berkah yang perlu dijaga dan dipelihara,” tutur Seleky.


Nantinya sebagai calon pemimpin di desa, diharapkan hilangkan dikotomi itu. Hilangkan pikiran-pikiran buruk politik pecah belah di masyarakat. “Apa yang kiat praSBSekan pada proses pilkada jangan lagi merujuk sebagai instrument pada pilkades,” lanjutnya.

Seleky memberikan peringatan tegas bila dirinya masih mendengar dikotomi perbedaan itu pada proses pilkades serentak maka tidak akan lolos. “Bila saya tahu, jangan harap akan lolos. Tidak ada lagi nomor satu dan nomor dua,” tegas Ayub.

Pilkades secara serempak yang dilakukan di Kabupaten ini merupakan sebuah momentum silaturahmi yang kembali mengikat semua masyarakat melalui pranata-pranata sosial dan budaya di daerah ini.

Bagi mereka yang masih beranggapan nomor satu dan nomor dua kata Seleky hal itu ditahun 2015. Tetapi saat ini yang ada hanya dirinya bersama Tagop Soulisa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel.

“Saya bersama Bupati memberikan kebebasan sepenuhnya kepada semua orang untuk mencalonkan diri sebagai Kades. Saya dan Pak Bupati tidak akan melakukan intervensi kepada calon manapun. Tetapi memberikan kedaulatan penuh kepada rakyat, supaya rakyat merasa berdaulat dengan hak-hak politiknya,” ujar Buce.

Semua orang yang ingin menjadi Kades di Bursel adalah orang bersaudara sendiri, sehingga jangan ada lagi dikotomi nomor satu dan nomor dua.


“Bila ada yang kembangkan seperti itu, pukul saja dia, saya yang bertanggngjawab, bikin ancor saja negeri ini,” kata Seleky tegas.

Jika perbedaan itu masih ada, maka dikuatirkan akan menimbulkan interpretasi bahwa yang bukan dari calon nomor urut dua akan digugurkan melalui hasil uji kelayakan. Itu tidak benar. Orang bilang karena Bupati dan Wakil nomor urut dua lalu yang nomor satu digugurkan, itu tidak benar,” tutur Seleky menanggapi isu yang beredar di masyarakat.

Bagi siapa yang memenuhi syarat ketentuan dan hasil tesnya itu melalui uji kelayakan sangat baik maka dialah yang berhak lolos sebagai calon.


“Yang lalu biarlah berlalu karena telah selesai, dan saat ini semua adalah rakyat Bursel,” kata Wabup. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!