Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » » Pemkab Bursel Kirim Tenaga Operator Ikuti Bimtek di Jakarta
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Bagian Pemerintahan Setda Bursel mengirim Tenaga Operator untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Jakarta.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) kepada masyarakat di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), khususnya dua Kecamatan yang telah diberikan pelimpahan kewenangan pemberian izin dan non izin oleh Bupati Kabupaten Bursel.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bursel Ismid Thio kepada Kami Sabtu (15/10) di ruang kerjanya.

Ada dua orang operator komputer dari Kecamatan Leksula dan dua operator dari Kecamatan Namrole, ditambah empat operator dari Bagian Pemerintahan Setda Bursel, maka delapan tenaga operator di kirim untuk mengikuti Bimtek di Jakarta, selama tiga hari,“ kata Thio.

Thio menjelaskan, pada Tahun 2012 lalu telah diuraikan tugas dari kewenangan Bupati untuk Camat, telah dilimpahkan. Pelimpahan tugas itu
, kata Thio meliputi pemberian izin dan non izin untuk pelaksanaan administrasi tersebut di tingkat kecamatan.

Tahun ini, kami mengirim tenaga oparator yang mengerti IT dan aplikasi sesuai kewenangan yang diberikan untuk mengikuti Bimtek. Kami telah melakukan studi banding di Bandung,ujar Thio.

Saat ini, lanjutnya, operator dikirim untuk mengikuti Bimtek, adalah operator yang tahu persis tentang IT, terutama pengoperasian komputer, sehingga saat Bimtek mereka dapat memahami itu. Dimana, dari Kabupaten Bursel baru dua Kecamatan yang melaksanakan PATEN. Kedua Kecamatan itu yakni Kecamatan Leksula dan Kecamatan Namrole. Dimana, sebagai leading sektor, maka Bagian Pemerintahan Setda Bursel juga mengikutkan empat operatornya.

“Empat operator di Bagian Pemerintahan ini nantinya bertugas untuk memandu operator di Kecamatan,” tutur Thio.

Orang nomor satu di Bagian Pemerintahan Bursel ini menyebut, ada batas pelimpahan kewenangan dari Bupati kepada Camat. Sebab, tidak semua izin dan non izin diberikan kepada Camat. Pelimpahan kewenangan perizinan yang diberikan dari Kabupaten oleh Bupati ke Camat sebanyak 71 kewenangan izin dan non izin, sedangkan kewenangan Bupati yang dilimpahkan ke Kecamatan ada 174 sub bidang kewenangan yang di kelola oleh Camat setempat.

“Kewenangan izin dan non izin yang dilimpahkan kewenangannya ke Kecamatan misalnya, pemberian izin usaha menengah yang nilai usahanya diatas 50 juta itu proses perizinannya di tingkat Kabupaten, di bawah 50 juta cukup di berikan di Kecamatan oleh Camat, izin pengolahan tambatan perahu karena diberikan untuk dikelola oleh masyarakat di tingkat desa dan Kecamatan, maka untuk pendirian dan pengolahannya diberikan perizinan oleh Camat,” kata
Thio.

Thio mengaku, hingga kini hanya dua kecamatan dari enam kecamatan di Kabupaten Bursel, yang diberikan pelimpahan kewenangan ini. Pasalnya, baru dua Kecamatan ini, yang dapat terhubung dengan telekomunikasi, seperti internet.


Sementara untuk kecamatan lainnya, belum dapat terhubung. Inilah yang menjadi kendala penerapan pelimpahan kewenangan tugas Bupati ke Camat, untuk dapat memberikan pelayanan administrasi terpadu. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!