Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Wabup Apresiasi Pelaksanaan Lomba Lintas Alam dan Reboisasi AMGPM
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS.
Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Buce Ayub Seleky memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Lomba Lintas Alam dan Reboisasi yang diselenggarakan oleh Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Cabang I Talitakumi Daerah Buru Selatan, Sabtu (17/9).

Kegiatan yang dipusatkan di depan Gedung Gereja Wae Fuhan Prangit Jemaat GPM Labuang sebagai titik start sekaligus titik finish itu turut dihadiri oleh Ketua AMGPM Daerah Buru Selatan yang juga anggota DPRD setempat Alfred E Lesbatta dan dua anggota DPRD setempat lainnya, yakni Anselany Orpa Seleky serta Ruben Tasane. Selain itu, hadir pula Camat Namrole Hamis Waiulung dan Kepala Desa Labuang Remsi Nurlatu maupun Ketua Majelis Jemaat GPM Labuang Pendeta HR Lessil/Seleky.

Wabup dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut menilai dilaksanakannya kegiatan itu oleh AMGPM sebagai wujud kepedulian untuk sama-sama mengkampanyekan tentang pentingnya melestarikan, menjaga dan merawat lingkungan yang selama ini dianggab sebagai isu yang sangat strategis dan menjadi perbinangan di berbagai belahan dunia.

“Kegiatan yang dipelopori dan diprakarsai oleh AMGPM adalah bagian dari atensi dan interest mereka untuk bagaimana kita menumbuhkan rasa kesadaran dan kecintaan kita terhadap lingkungan,” kata Wabup.

Apalagi, lanjut Wabup, tahun lalu pun sempat terjadi kebakaran hutan di sejumlah hutan di wilayah Kabupaten Bursel, termasuk pada beberapa bulan lalu pun terjadi banjir di Desa Waenono, Kecamatan Namrole.

Menurut Wabup, kegiatan ini haruslah menumbuhkkan semangat dan kecintaan serta patriotisme semua pihak untuk membangun Kabupaten ini agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

“Saya berharap dari semangat optimisme orang-orang muda yang ada dalam kegiatan ini mampu menunjukkan kepada kita, Bursel tidak lagi dibicarakan dalam pendekatan kepentingan yang parsial sifatnya, tetapi harus dibicarakan dalam persekutuan, kebersamaan secara kolektif dan total untuk kemajuan negeri ini,” harapnya.

Selain itu, kendati kegiatan ini diikuti oleh 26 Tim dari berbagai kalangan, tetapi Wabup berharap dalam pelaksanaan kegiatan serupa di tahun-tahun kedepan, akan diikuti oleh lebih banyak lagi peserta.

“Ini sebenarnya harus lebih dibuka ekspansinya, bukan hanya kepada orang-orang disini saja, tetapi juga harus kepada para OKP-OKP dan stakeholder-stakeholder supaya ini menunjukkan bahwa betul-betul inilah orang-orang Bursel yang hadir dalam sebuah persekutuan, kebersamaan untuk menunjukkan bahwa identitas kita itu satu untuk semua dan semua untuk satu. Kita boleh berbeda dalam konsep pikir, boleh berbeda dalam pendapat, tetapi kita satu dalam tujuan,” tuturnya.

Lebih dari itu, mantan Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Bursel ini berharap seluruh kegiatan itu dapat berlangsung dalam segala baik untuk kejayaan Bursel maupun kemuliaan nama Tuhan. “Semoga seluruh kegiatan ini dapat berlangsung dengan seluruh baik untuk kejayaan kita dan kemuliaan nama Tuhan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua AMGPM Daerah Bursel dalam arahannya berharap kegiatan yang dilaksanakan sebagai wujud atas keputusan Musyawarah Paripurna Pimpinan Cabang (MPPC) di Ranting Imanuel Kase awal 2016 lalu itu dapat dikemas seccara baik dan akan menjadi agenda tahunan yang digelar oleh AMGPM Cabang I Talitakumi.

“Jadi, kami berharap kepada teman-teman Cabang I Talitakumi untuk ini dapat dikemas secara baik dan dia menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh teman-teman cabang I Talitakumi,” kata pria yang biasa disapa Edo itu.

Menurut Edo yang juga anggota DPRD Kabupaten Bursel ini, kegiatan Lomba Lintas Alam dan Reboisasi yang dilakukan merupakan bentuk kampanye yang dilakukan oleh AMGPM abang I Talitakumi untuk kemudian menyadarkan kita tentang pentingnya alam dan lingkungan ini untuk dijaga, dipelihara dan dilestarikan secara baik.

Mengakhiri arahannya, Edo pun menghimbau kepada seluruh peserta lomba dapat berlomba dengan selalu mengedepankan sportivitas.
Sedangkan, Ketua Panitia Lomba Lintas Alam dan Reboisasi Sami Latbual dalam laporannya mengaku tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, sebagai upaya membantu pemerintah dalam rangka menggugah kesadaran dan kepekaan sosial pemuda, masyarakat dan semua pihak akan pentingnya pelestarian lingkungan.
Selain itu, sebagai wujud keikutsertaan AMGPM Cabang I Talitakumi dalam merayakan HUT ke 71 Proklamasi Kemerdekaan RI, HUT ke 81 GPM dan HUT ke 8 Kabupaten Bursel dan menyongsong hari Sumpah Pemuda.

Sementara, lanjut Latbual yang juga mantan Ketua AMGPM Daerah Bursel, sasaran dari kegiatan ini ada lima, yaitu : Pertama, Memiliki kesadaran sosial akan pentingnya pelestarian lingkungan; Kedua, Memiliki kepekaan sosial terhadap isu-isu lingkungan hidup;

Ketiga, Memiliki jiwa dan semangat untuk menjaga dan merawat Bipolo tercinta yang dianugerahkan Tuhan untuk kita diami ini; Keempat, Memanfaatkan lingkungn tidak secara berebihan dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang mengatur tentang lingkungan hidup;

Kelima, Melalui kegiatan ini pula, kita semua diharapkan memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme. Kita pupuk kebersamaan sebagai orang-orang sebangsa dan kita pelihara nilai-nilai kehidupan sebagai orang Bipolo dalam bingkai dan semangat orang sudara, Ina-Ama, Kai-Wait dan Wali-Dawen.

Sedangkan untuk peserta lomba, lanjut Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bursel ini, berjumlah 26 regu dari OKP, intansi pemerintah, sekolah dan organisasi keagamaan dengan total kurang lebih 55 orang.

“Bahkan ada 1 regu dari teman-teman Ranting Pniel Batlale, Kabupaten Buru telah mendaftarkan regunya untuk mengikuti kegiatan Lomba Lintas Alam dan Reboisasi ini,” terangnya.


Dijelaskan, regu yang berhasil menjadi Juara I Lomba tersebut akan memperoleh Piala dan Bonus Rp 3.500.000; sedangkan Juara II akan memperoleh Piala dan Bonus Rp 2.500.000; dan Juara III akan memperoleh Piala dan Bonus Rp 1.500.000; sedangkan Juara Favorit akan memperoleh Piala dan Bonus Rp 500.000. Selain itu, untuk semua peserta lomba turut diberikan Piagam Penghargaan. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!