Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » Tagop Kecewa Dengan Kinerja Buruk Bagian Humas Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati, Buce Ayub Seleky (TOP-BU) dalam kepemimpinannya di periode pertama hingga di awal periode kedua ini sudah banyak melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat di daerah ini.
Hanya saja, apa yang dilakukan oleh TOP-BU yang tetap dipercayakan rakyat Bursel untuk kembali memimpin Kabupaten berjuluk Bumi Fuka Bipolo selama lima tahun kedepan itu kurang tereksposes secara maksimal untuk diketahui oleh khalayak ramai, baik di Kabupaten Bursel sendiri maupun di Provinsi Maluku seccara umum.

Hal itu dikarenakan oleh kinerja Bagian Humas Setda Kabupaten Bursel dibawa kepemimpinan Arens Solissa masih sangat buruk dan mengecewakan bagi TOP-BU.
Alhasil, kekcewaan itu pun disampaikan Bupati ketika memberikan arahan dalam acara Coffe Morning Pemkab Bursel bersama wartawan di ruang Aula Kantor Bupati Bursel, Jumat (9/9) yang dihadiri oleh sejumlah wartawan, staf ahli maupun belasan pimpinan SKPD serta staf di lingkup Pemkab Bursel.

“Saya berharap bahwa kedepan nantinya tugas dan tanggung jawab informasi, khususnya kehumasan dan SKPD-SKPD berkaitan dengan aktivitas pemerintah daerah, khususnya Bupati dan Wakil Bupati dan seluruh kegiatan di daerah agar mampu ditrasformasikan kepada teman-teman wartawan,” kata Tagop.

Menurut Tagop, apa yang dilakukan oleh Bagian Humas dibawa kepemimpinan Arens Solissa hanya bersifat rutinitas semata dan tak ada inovasi-inovasi kreatif sesuai harapannya.
“Kabag Humasnya seng ada kah, yang lebih banyak saya lihat hanya melakukan tugas-tugas rutin. Bagaimana protokoler, bagaimana juga Bupati dan Wakil Bupati punya agenda-agenda, cuma tugas itu saja,” ujar Bupati kesal.

Padahal, lanjut Bupati, tugas paling inti dari Bagian Humas itu adalah bagaimana dia mampu menginformasikan dan mengeksploitasikan sumber-sumber berita yang baik tentang berbagai hal baik yang telah dilakukan selama ini kepada masyarakat luas, baik yang ada di Kabupaten Bursel maupun kepada daerah lain yang ada di Provinsi Maluku.

“Jadi, banyak hal yang harus dilakukan. Kemudian dia punya tugas juga mengumpul data-data dari setiap SKPD untuk diinformasikan kepada masyarakat, baik lewat website Kabupaten Bursel maupun melalui media-media sosial yang lain,” tegasnya.

Bupati lebih kesal lagi ketika Arens Solissa yang tak hadir dalam kegiatan itu pun tak terlihat oleh Bupati. Bahkan staf Bagian Humas, Ongen Tetelepta pun akhirnya menjadi korban semprotan Bupati lantaran Arens tak ada di tempat.

Dimana, ketika Bupati menanyakan perwakilan Bagian Humas yang menggantikan Arens dalam kegiatan itu beberapa kali tak ada seorang pun yang menjawab. Beberapa saat kemudian, barulah Ongen yang merupakan staf mengacungkan tangan dan Bupati pun dengan nada kasar langsung menyuruh Ongen yang sementara berdiri di depan pintu ruangan Aula untuk masuki dan duduk di dalam ruangan bersama para pimpinan SKPD lainnya.

“Ha, yang mewakili Kabag Humas, se dengar dan se sampaikan kepada se pung Kabag itu bahwa tugas tanggung jawab Humas bukan hanya tugas yang selama ini dong lakukan, mengerti kah seng. Toh? Tugas saudara-saudara sekalian juga harus bisa mengeksploitasi dan menginformasikan kepada masyarakat banyak,” papar Bupati.

Bupati pun memerintahkan Bagian Humas untuk membuat berbagai akun sosial yang bisa dipakai untuk menginporasikan tentang berbagai kegiatan maupun pembangunan yang telah dilakukan dalam pemerintahan TOP-BU selama ini.

“Nantinya buat di akun-akun sosial milik saudara-saudara mau itu FB, Instagram, ada Pet dan segala macam. Iyakan. Semua punya tugas untuk menginformasikan informasi-informasi itu, jangan cuma foto-foto jua katong seng pernah lihat foto-foto itu akang dimana. Tiap hari foto tapi katong sng tahu foto akang ada dimana,” tandasnya.

Tak hanya itu, instruksinya kepada Bagian Humas agar dibuatkan Papan Informasi selama ini pun tak dilakukan oleh Arens sehingga membuat Bupati pun tambah berang.
“Dinding informasi juga tidak ada, padahal saya sudah pernah bilang. Tapi sejak dibentuk Humas sampai hari ini tidak ada dinding informasi, kan saya sudah pernah bilang segera biking itu. Ini Kabag Humas juga seng tahu biking apa saja ini, bilang Kabag Humas,” pesan Bupati.

Tak hanya itu, Bupati pun berharap, seluruh SKPD lainnya pun tak hanya fokus pada tugas-tugas rutin semata, tetapi harus pula melakukan segala sesuatu yang penuh inovatif.

“Jadi, itulah makanya saudara-saudara, jangan hanya tugas rutin yang saudara-saudara lakukan. Begitu juga dengan pimpinan SKPD yang lain. Ingat nantinya kedepan ini saudara-saudara punya tanggung jawab cukup besar, coba lakukan sesuatu yang inovatif,” ujarnya.

Menurut Bupati, untuk membangun Bursel lebih baik kedepan, seluruh pimpinan SKPD dituntut untuk menunjukkan kinerja ekstra. Asalkan hal itu tidak bertentangan dengan aturan hukum yang ada.
“Saya kan sudah bilang kan katong mau lakukan sebuah perubahan, katong gila-gilaan sedikitlah. Dari awal saya sudah bilang, jangan terlalu normatiflah. Yang penting kita tidak melakukan sebuah pelanggaran, penyalagunaan kewenangan dan penyalagunaan anggaran diluar aturan,” tutur mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bursel itu.

Pada kesempatan itu pun, Bupati pun turut menyentil Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (KPP) Kabupaten Bursel, Hakim Tuankotta yang menurutnya dahulu memiliki kinerja yang sangat memuaskan, namun kini mulai meredup. Padahal, Bupati berharap kinerja yang memuaskan itu haruslah tetap dipertahankan.

“Kepala Ketahanan Pangan, saya kira beberapa waktu lalu sudah cukup baiklah, tetapi akhir-akhir ini agak lemah, coba biking hal-hal yang bisa mengekspose kita punya daerah ini agar bisa lebih baik,” pinta Bupati.


Acara coffe morning itu selain di hadiri oleh Bupati Tagop Sudarsono Soulissa, dihadiri pula oleh Asisten II Setda Kabupaten Bursel Ais Lesnussa, belasan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Bursel dan para pengurus serta anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bursel. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!