Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Latbual Ajak Wisatawan Nikmati Keindahan Pulau Oki
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Pulau Oki yang letaknya berdekatan dengan Desa Oki Baru dan Oki Lama, Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan (Bursel) merupakan salah satu objek wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara.
Pasalnya, pulau yang ditumbuhi hutan lebat dan pasir putih panjang yang menghiasi pantai, serta  taman laut yang sangat indah merupakan lokasi yang cocok untuk wisatan yang memiliki hobi menyelam atau diving.

Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bursel, Sami Latbual kepada SBS, Jumat (23/9).
Pulau Oki tidak hanya memiliki pasir yang putih dan bagus, tetapi pada laut itu dia punya terumbuh karang yang baik, pada pesisir batu juga ada lobster dan ikan dan bisa dijadikan objek oleh para wisatawan yang hobinya untuk menyelam,” kata Latbual.

Selain itu, lanjut Latbual, Pulau Oki pun menyimapn sejumlah sejarah yang terkandung didalamnya. Hanya saja, selama ini Pulau Oki belum dikenal secara luas dan dikunjungi oleh para wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara.

“Cuma sejauh ini pulau ini belum diketahui oleh banyak orang dan belum juga dikunjungi oleh banyak orang,” ucap Latbual yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel.
Hal itu terjadi, lantaran Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Bursel selama ini hanya konsen untuk mengembangkan Pantai Wamsoba, Kecamatan Namrole dan terkesan mengabaikan berbagai potensi wisata lain seperti Pulau Oki ini.
“Olehnya itu, kami berharap kepada Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Bursel untuk tidak hanya berorientasi pada pengembangan Pantai Wamsoba sebagai objek wisata, tetapi ada sejumlah objek wisata kita yang lain, termasuk didalamnya Pulau Oki,” harap Latbual yang juga mantan Ketua AMGPM Daerah Bursel.

Sebab, menurut Latbual, jika Pulau Oki ini bisa dikembangkan secara baik oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Bursel sebagai suatu lokasi wisata yang layak dipromosikan, maka hal itu bisa berdampak secara langsung terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun dapat melahirkan berbagai sentra ekonomi baru bagi masyarakat di sekitar Pulau Oki tersebut.

“Sebab, kalau ini dikelola secara baik, maka akan melahirkan sentra-sentra ekonomi yang baru bagi masyarakat, baik di Pulau Oki maupun di desa-desa pesisir pulau itu. Olehnya itu, kami berharap Pulau ini dapat dikembangkan secara baik sebagai objek wisata dan semua orang dapat mengetahui keberadaan pulau itu dan segala potensi di dalamnya,” ucap mantan Ketua GAMKI Kabupaten Bursel itu.

Untuk diketahui, Latbual memang gencar mempromosikan Pulau Oki untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal, domestik maupun internasional.
Langkah yang dilakukan oleh Latbual untuk mempromosikan Pulau Oki sebagai sebuah lokasi wisata tersebut bukan main-main. Dalam berbagai kesempatan luang, Latbual sering mengajak berbagai pihak untuk berkunjung langsung ke Pulau Oki untuk menikmati keindahan pulau tersebut.

Pengunjung yang sering diajak itu datang dari berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, terakhir pada Rabu (22/9) lalu, Latbual pun turut mengajak Pengurus dan Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bursel untuk menikmati keindahan Pulau itu.

Semua transportasi melalui perjalanan darat hingga tiba di Desa Oki Baru dan transportasi laut yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Oki pun pun difasilitasi langsung oleh Latbual. Disana, masyarakat Desa Oki Baru sudah mempersiapkan berbagai menu lokal setempat, berupa sajian ikan bakar, suami maupun ketupat untuk disantap oleh Latbual bersama para wartawan maupun sejumlah warga lain dari Namrole maupun Desa Oki Baru yang sengaja di boyong oleh Latbual untuk berkunjung ke Pulau tersebut.

Untuk diketahui, untuk tiba di Pulau Oki, semua wisatawan dapat menempuh perjalanan dari Kota Namrole kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan darat dan tiba di Desa Oki Baru, setiap wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Oki dengan menggunakan body jomson dengan jarak tempuh antara 10-15 menit saja. Disana, setiap pengunjung dapat menikmati secara langsung keindahan Pulau Oki tersebut secara bebas.

“Bagi setiap orang yang ingin menikmati keindahan Pulau Oki maupun dasar laut di sekitar Pulau Oki, baiknya berkunjung secara langsung kesana,” ajak Latbual. (SBS-02)





Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!