Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » Bupati Utus Tiga Staf Ahli Hadiri Penobatan Raja Kayeli
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

 Namlea, SBS.
Penobatan Raja Kayeli, Abdula Wael turut disaksikan tiga Staf Ahli Bupati,yang berlangsung di Desa Kayeli, Kecamatan Teluk Kayeli, Sabtu siang (17/9).
"Kami diutus mewakili pa Bupati untuk mengikuti pelantikan Raja Kayeli," kata Erwin Fabanya kepada wartawan . Selain Erwin, ada Tamsil Chatib dan Ahmad Sangadji. Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Adjhi Hentihu juga ikut hadiri kegiatan itu.

Wartawan media ini melaporkan, penobatan Abdulah Wael berlangsung sangat meriah dan ikut dimeriahkan pula dengan hiburan musik tradisional serta musik dangdut, Kamba Ipa dkk.
Prosesi penobatan dilakukan oleh Imam Adat, M. Ahmad Wael ditandai denfan pemasangqn mahkota songko hitam di kepala.

Selanjutnya Raja dibawa ke Mesjid untuk didoakan. Setekah itu dbawa lagi ke lokasi acara untuk mendapat ucapan dari ratusan tamu dan undangan yang hadir.
Sebelum puncak prosesi penobatan, para tokoh adat dari Soarpito, Soarpa dan Soarlima yang berdatangan, terlebih dahulu menemui Abdulah di rumah orang tuanya.

Di rumah itu, mereka silih berganti memberikan wejangan agar Raja Kayeli dapat menjadi pemimpin yang baik serta dapat mengayomi warga adat disana.
Sementara itu, Wakil Hinolong Baman, Hatta Belen dalam sambutan singkatnya usai penobatan, mengaku bersyukur karena warga adat di Kayeli sudah punya pemimpin baru.

Mencermati perkembangan di wilayah petuanan Kayeli yang kini juga bermukim warga asal Bugis, Buton dan lain sebagainya, ia menggagas ide, agar warga pendatang dengan latar belakang suku berbeda ini juga dibentuk soa pula. Misalnya, soabugis, soabuton, soajawa, soasunda dan sebagainya.

"Tujuannya hanya untuk mempermudah jalannya pemerintahan adat di petuanan," kata Hatta. (SBS-05).



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...