Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » Wonderfull Sail 2 Indonesia Ajang Promosi Bursel ke Dunia Internasional
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Buce Ayub Seleky mengaku gembira dengan kehadiran para peserta Rally Kapal Layar Wonderful Sail 2 Indonesia yang turut singgah di Namrole sebagai salah satu titik singgah event internasional tersebut di Maluku.
“Thank you untuk Mr dan Mrs yang datang di Namrole ini, karena dengan kehadiran Bapak ibu sekalian, Bursel akan terpromosikan ke dunia internasional,” kata Ayub ketika memberikan sambutan diselah-selah acara Welcome Ceremony Wonderful Sail 2 Indonesia yang berlangsung di pelataran Pelabuhan Namrole, Rabu (03/08).

Menurut Ayub, Wonderful Sail 2 Indonesia merupakan salah satu bukti kemajuan Kabupaten Bursel. Dimana, dari 18 titik singgah kapal di Indonesia dan di Provinsi Maluku hanya 3 daerah yang menjadi titik singgah wisata kapal layar internasional ini, yakni : Debut (Kabupaten Maluku Tenggara), Banda (Kabupaten Maluku Tengah) dan Namrole (Kabupaten Bursel), menjadi salah satu titik singgah tersebut.

“Jadi patutlah kita bersyukur dan kita bangga menjadi warga Bursel yang memperoleh kesempatan untuk menjadi destinasi wisata internasional di Tahun 2015 lalu dan di Tahun 2016 yang sama-sama kita saksikan di saat ini,” kata Ayub.
Menurutnya, Wonderful Sail 2 Indonesia bisa berada di Namrole Kabupaten Bursel di mulai dengan adanya progran kerja Dinas Kebudayaan dan Parawisata Tahun 2013, yakni kegiatan survey titik singgah kapal yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2013 dengan mendatangkan tenga ahli wisata layar internasional dari Ditjen Pengembangan Destinasi Parawisata Kementerian Parawisata, Remon Lesmana.

“Dari hasil survey beliau inilah, maka Namrole dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata layar internasional Wonderful Sail 2 Indonesia,” terangnya.
Dikatakan, tujuan wonderful Sail 2 Indonesia 2016 ini adalah untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal, pinggiran dan kepulauan sekaligus untuk mempromosikan destinasi parawisata Kabupaten Bursel ke dunia internasional.

“Kita patut berbangga karena di awal periode kedua kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati pertama, kita sudah mampu mendatangkan masyarakat internasional dalam perhelatan akbar ini,” ungkap mantan Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Bursel itu.
Ayub menjelaskan, pelepasan rally kapal layar internasional ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli 2016 di Australia. Dimana, Kabupaten Bursel juga diundang untuk menghadiri acara tersebut dan selama kunjungan ke Australia dirinya dijamuh dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kiranya hubungan ini dapat terus terjalin bukan saja saat ini,” ungkap Wakil Bupati Bursel dua periode itu.
Kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia di Namrole sendiri akan berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 2-6 Agustus 2016. Peserta Rally dan seluruh lapisan masyarakat Bursel tidak hanya akan menikmati wisata alam pantai, atraksi seni budaya, tetapi juga festival live music.

“Di tempat ini juga kami mengundang secara resmi kepada para peserta Wonderful Sail Indonesia untuk datang kembali pada Tahun 2017. Semangat ini harus terus kita pelopori, terutama kepada seluruh masyarakat Bursel,” ujarnya.
Ayub mengajak peserta Rally sekalian untuk menikmati keindahan Negeri Fuka Bipolo bukan dari tempat ini saja. Namun, jauh lebih berkesan, jika kita bisa lebih lama untuk menyusurinya guna melihat kekayaan alam, seni dan budayanya. Kita bisa melihat sendiri tatkala masyarakatnya hidup dengan alam dan budaya itu.

Ayub berharap, penyelenggaraan kegiatan itu tidak hanya bersifat seremonial saja, tetapi dari penyelenggaraan kegiatan ini, semua pihak akan semakin disemangati untuk bergandengan tangan membangun Bumi Fuka Bipolo tercinta.
“Semoga dengan apa yang kita lakukan saat ini tidak hanya bersifat seremony dan hanya sekali, tetapi mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat Bursel akan siap untuk membangun dan membawa daerah ini sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan marilah kita bergandengan tangan untuk memajukan negeri kita sesuai dengan semangat dan filosofi kita, yaitu Loilik Lalen Fedak Fena,” harapnya.

Selain itu, Ayub pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang karena partisipasinya, event internasional Wonderful Sail 2 Indonesia dapat terelenggara di Kabupaten yang dipimpinnya bersama Bupati Tagop Sudarsono Soulissa itu.
Sementara itu, Ditjen Pengembangan Destinasi Parawisata Kementerian Parawisata, Remon Lesmana dalam sambutannya turut mengapresiasi kesiapan dari Pemkab Bursel dalam menyambut kegiatan tersebut di Namrole.

Dimana, dirinya berharap, para peserta Wonderful Sail 2 Indonesia pun akan menjadi betah di Kabupaten yang kaya dengan budaya Kai Wait atau persaudaraan itu.
“Semoga para peserta betah untuk tinggal disini dan memberikan dampak yang cukup signifikan untuk kelanjutan kita,” kata Lesmana.

Bahkan, Lesmana pun berharap, di Tahun 2017 nanti, Bursel pun akan tetap menjadi salah satu titik singgah yang akan disinggahi oleh para wisatawan mancanegara yang menjadi peserta Rally Kapal Layar Wonderful Sail 2 Indonesia tersebut.

“Kami juga mengharapkan tahun depan kami bisa kembali kesini,” harap Lesmana.  (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!