Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Ketua DPRD Bursel Jadi Irup Taptu
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS.
Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Arkilaus Solissa dipercayakan sebagai Inspektur Upacara Taptu menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 71 yang berlangsung di Lapangan Terbang (Lapter) Namrole, Rabu (16/8) malam.

Sementara, Komandan Upacara dipercayakan kepada Danton I Kompi 3 Den A Pelopor, Ipda Sardi Duwila.
Upacara Taptu tersebut dimulai pukul 29.00 WIT dan selesai pukul 29.45 WIT dan dihadiri oleh Plt Sekda Kabupaten Bursel Bernadus Waemesse, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bursel, pejabat Esalon II, III dan IV, TNI/Polri, sejumlah guru maupun ratusan siswa SMP dan SMA/SMK di Kota Namrole.

Arkilaus dalam amanatnya mengatakan Upacara Taptu yang dilakukan adalah moment bersejarah dalam menantikan dan menyambut detik-detik kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dan telah dipertahankan hingga saat ini.
“71 Tahun yang lalu sampai dengan hari ini adalah sebuah perjalanan panjang bangsa dan negara ini,” kata Arkilaus.

Dimana, lanjutnya, 71 Tahun lalu, para pahlawan dengan gigih telah berjuang sangat luar biasa dengan satu tekad untuk NKRI harus merdeka dan itu dipertahankan hingga detik yang berbahagia ini.
“Semangat perjuangan para pahwalan dalam memperjuangkan kemerdekaan tersebut haruslah terpatri dalam seluruh jiwa dan raga kita sebagai generasi penerus cita-cita dari para leluhur dan pendahulu kita yang telah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa ini,” ujar mantan Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel itu.

Dimana, tambahnya, apa yang telah digagas dan diperjuangkan oleh para pahwalan mesti dipertahankan oleh kita selaku generasi penerus yang ada di tengah-tengah bangsa dan negara ini dengan melakukan hal-hal yang bersifat positif untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pendahulu-pendahulu kita, para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI.

“Kita akan membuktikannya dengan melakukan hal-hal yang bersifat positif, melakukan hal-hal yang baik untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah dimiliki oleh bangsa kita, yang hari ini kita akan menantikan detik-detik 71 Tahun kita telah merdeka. Ini yang mesti menjadi amanat bagi kita sekalian sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan para pendahulu kita,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, selain memberikan amanat, Arkilaus juga turut melakukan pembakaran terhadap obor induk dan dilanjutkan dengan pembakaran obor masing-masing regu anak sekolah.
Setelah itu, dengan dikawal puluhan personil Satpol PP dan personil TNI, ratusan siswa itu kemudian melakukan pawai obor dari Lapter Namrole hingga Pelabuhan Namrole untuk selanjutnya mengikuti agenda Apel Kehormatan dan Renungan Suci pada pukul 23.35 WIT hingga pukul 23. 50 WIT yang di pimpin langsung Oleh Kapolsek Namrole AKP Amin.
Dimana, pada kesempatan itu, Kapolsek turut membaca naskah Apel Kehormatan di hadapan para peserta Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

“Pada upacara untuk memperingati jasa-jasa pahwalan pada ABRI, sipil, pejuang rakyat dan pahlawan tak dikenal, menyatakan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi bangsa dan negara,” kata Kapolsek.

Tambahnya, kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula; dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga.

“Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!