Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Bagian Humas Gagas Coffe Morning Pemkab Bursel dengan Wartawan
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrol, SBS.
Dalam rangka mewujudkan Good Governance dan Clean Governance, maka Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar kegiatan Cofee Morning bersama wartawan di Kabupaten Bursel yang dipusatkan di Ruang Aula Kantor Bupati, Senin (22/08) pagi.
Kegiatan yang digagas oleh Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Bursel dibawa kepemimpinan Arens Solissa sebagai Kabag itu sesuai Keputusan Bupati Bursel Nomor 489/121 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pertemuan Antara Wartawan Dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemkab Bursel Tahun Anggaran 2016 dan dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kabupaten Bursel, Ais Lesnussa.

Lesnussa ketika membaca sambutan Bupati Kabupaten Bursel Tagop Sudarsono Soulissa mengaku pelaksanaan kegiatan Coffe Morning yang dilakukan itu sebagai upaya mewujudkan Good Governance dan Clean Governance Pemerintah Kabupaten Bursel dalam kedudukannya sebagai badan publik yang wajib memberikan informasi penyelengaraan pemerintahan kepada publik sehingga publik dapat mengetahui dan memahami perkembangan pemerintahan secara transparansi dan akuntabel.
“Marilah kita merespons pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kerja nyata untuk membangun Kabupaten Bursel,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan pertemuan antara SKPD Kabupaten Bursel dengan wartawan merupakan bagian dari tupoksi kehumasan yang bertujuan memberikan informasi penyelenggaraan pemerintahan kepada publik, sehingga publik dapat mengetahui dan memahami perkembangan pemerintahan secara transparansi dan akuntabel.
“Selain itu, Coffe Morning dapat dijadikan media silaturahmi diantara kita,” ujarnya.
Dijelaskan, keterbukaan informasi publik telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Peraturan Daerah Kabupaten Bursel Nomor 9 Tahun 2015.

“Karena itu saya minta setiap SKPD dapat menjawab tuntutan Undang-Undang tersebut dengan memberikan layanan informasi pemerintahan secara baik kepada publik lewat para jurnalis maupun staf humas yang bertugas untuk menyajikan informasi terkait dengan perkembangan pemerintahan kepada publik,” pintanya.
Lanjutnya lagi, sesuai jadwal Coffe Morning yang diturunkan melalui Bagian Humas, maka para jurnalis akan berdialog dengan tujuh SKPD yang berada di bawah Kantor Sekretariat Daerah, yaitu Bagian Pemerintahan, Bagian Ekbang, Bagian Kesra, Bagian Hukum, Bagian Organisasi, Bagian Umum dan Bagian Humas.
Sedangkan pada tanggal 9 September mendatang, kegiatan ini akan kembali dilaksanakan untuk beberapa Dinas dan Kantor.

“Diharapkan menjadi perhatian serius pimpinan SKPD serta rekan-rekan jurnalis sehingga kegiatan ini dapat terus berjalan hingga akhir Tahun 2016,” harapnya.
Dirinya pun berharap, melalui kegiatan semacam ini dapat terjalin kerja sama sehingga kemitraan antara pemerintah dan jurnalis dapat terjalin dengan baik untuk tugas-tugas bersama di Negeri Fuka Bipolo ini.
Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bursel, Taufik Hidayat Tuanaya dalam sambutannya turut memberikan apresiasi kepada Pemkab Bursel atas terlaksananya kegiatan ini.
“Kami memberikan apresiasi bagi Pemkab Bursel dibawa kepemimpinan Pak Tagop dan Pak Buce selaku Bupati dan Wakil Bupati untuk terlaksananya kegiatan yang difasilitasi oleh Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Bursel ini,” kata pria yang akrab disapa Opik itu.

Namun, disisi yang lain, Taufik berharap, para pimpinan SKPD tidak bersikap kakuh dengan para wartawan, tetapi bisa lebih bersikap mesra dengan para wartawan sehingga ada hubungan kerja sama yang baik untuk membangun Kabupaten yang sama-sama dicintai ini.
Sebab, lanjutnya, kendati Cofee Morning ini dilakukan sesuai hasil koordinasi dengan Bupati Kabupaten Bursel maupun Wakil Bupati dan telah direspon secara baik dengan dikeluarkannya Keputusan Bupati sebagai dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini, namun masih banyak pimpinan SKPD yang tak mengindahkannya.

“Memang ini awal dari kemajuan dan tentu langkah awal pasti ada berbagai kekurangan, tetapi dengan berbagai masukan yang diberikan, kami harap pelaksanaan kegiatan serupa di kemudian hari bisa dihadiri oleh para pimpinan SKPD terkait yang telah dijadwalkan sesuai Keputusan Pak Bupati,” pintanya.
Sementara itu, kendati kegiatan tersebut telah digagas secara baik oleh Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Bursel, tetapi pimpinan SKPD yang hadir dalam dialog dengan wartawan hanyalah Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Bursel Arens Solissa.

Sedangkan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Bursel, Ismid Thio tidak hadir karena sedang melaksanakan tugas keluar daerah, Thio hanya mengutus Kasubag Pemerintahannya, G Yosep Tortet. Selain itu, Kabag Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel Hamsa Buton juga tak hadir karena alasan sedang menjalankan tugas diluar daerah dan mengutus Kasubag Kerumahtanggaannya, Nengsi Kabakoran.
Kabag Kesra Setda Kabupaten Bursel, Mansur Mony juga tak hadir karena Ia telah berangkat mendampingi para Calon Jamaah Haji (CJH). Ia hanya mengutus stafnya, Muhammad Yasin.
Selain itu, Kabag Ekbang Setda Kabupaten Bursel Kader Tuasamu, Kabag Ortala Setda Kabupaten Bursel Saul Tasane serta Kabag Hukum Setda Kabupaten Bursel AS Soumokil pun tak hadir dan tak diwakili oleh anak buahnya.

Terkait itu, sejumlah wartawan yang hadir dalam Cofee Morning pun memberikan apresiasi kepada Bagian Humas dan Kerumahtanggaan atas digelarnya kegiatan dimaksud. Hanya saja, bagi para pimpinan SKPD yang dijadwalkan untuk hadir harusnya bisa hadir sehingga bisa memaparkan berbagai hal tentang berbagai program dengan capaian SKPD yang dipimpinnya, sebab bawahan yang diutus tak selamanya bisa berbicara banyak hal atas nama SKPD masing-masing.


Dari pengamatan Suara Buru Selatan, pada acara pembukaan kegiatan Cofee Morning ini, sejumlah pimpinan SKPD pun turut menghadirinya, seperti Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Bursel Kabupaten Bursel, Hakim Tuankotta yang turut memboyong sejumlah Kepala Bidangnya, Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Bursel AM Laitupa, Direktur RSU Namrole Sabaha Fatah. Kemudian ada pula Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Bursel Nus Anakotta maupun dan Kepala Bidang Promosinya, Nawiyah Tualepe. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!