Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » Hingga Minggu, Tujuh Kapal Peserta Wonderfull Sail 2 Indonesia Tiba Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namole, SBS.
Tercatat, hingga Minggu (31/7) sore, sudah tujuh buah kapal berbagai negara yang tiba dan berlabuh di Pelabuhan Namrole, Kabupaten Bursel.
Padahal, acara penjemputan peserta Wonderfull Sail 2 Indonesia di Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) baru akan dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2016 besok.
Kapal-kapal yang telah menyinggahi Namrole itu, terdiri dari Kapal Kanthaka 2 asal Prancis yang telah tiba lebih awal di Namrole, Kabupaten Bursel, Jumat (29/7) pukul 07.00 WIT lalu dengan membawa 5 orang awaknya, yakni Thierry Morhet, Michele Nougaro, Alain Chegaray, Jean Harc Devaure dan Laurence Baron.
Kemudian disusul lagi oleh enam buah kapal lain yang tiba di Namrole sejak Minggu (31/7) siang
Kapal-kapal tersebut antara lain, Kapal Continuum asal Amerika Serikat dengan dua orang awaknya, yakni Robert Neil Jankowski dan Mona Lee Jankowski yang tiba pukul 10.30 WIT.
Pada waktu yang sama pun, kapal LaZY Jack asal Prancis pun tiba dengan membawa empat orang awaknya, yakni Jasques Armand Bleyn, Nicole Henriette de Cock, Romain Maxime Caly, Margaux Lapendry.
Pada pukul 13.00 WIT, tiba juga dua kapal lainnya, yakni Kapal Max asal Prancis dan kapal Nicha asal New Zealand. Kapal Max membawa dua awak, yakni Herve Couery dan Corrine Couery. Sedangkan, Kapal Nicha membawa dua awak, yakni Simon Beauvais Penlington dan Annabelle Beauvais Penlington.
Pada pukul 15.08 WIT, tiba pula satu kapal lain, yakni Kapal Sabay DII asal Prancis dengan membawa tiga orang awak, yakni Didier Michel Malafosse, Francoise Luce Henriette Lazare dan Gildas Luc Brossier.
Sedangkan satu kapal lainnya pun tiba di waktu yang sama, tetapi belum diketahui nama maupun asal kapal tersebut karena Panitia masih mengirimkan guide untuk mengecek ke kapal.
Seksi Dokumentasi dan Publikasi Panitia Wonderfull Sail 2 Indonesia Destinasi Namrole Kabupaten Bursel, Leksi Sigmarlatu mengaku, kendati acara penjemputan baru akan dilakukan tanggal 2 Agustus 2016 besok, namun para guide telah ditugaskan oleh panitia untuk mendampingi para peserta Wonderfull Sail 2 Indonesia tersebut apabila ingin berjalan-jalan di seputaran Kota Namrole.
“Kami ssudah tugaskan para guide untuk dampingi, sebab acara baru dimulai tanggal 2 Agustus 2016 besok,” kata Sigmarlatu kepada Suara Buru Selatan, Minggu (31/7) sore.
Sebelumnya, Sigmarlatu menjelaskan bahwa sesuai dengan rencana, ada 36 kapal peserta Wonderfull Sail 2 Indonesia yang akan menyinggahi Bursel pada tanggal 2-5 Agustus 2016 nanti.
“Direncanakan itu ada 36 kapal, tetapi nanti kita lihat lagi dari tanggal 2-5 Agustus 2016 nanti berapa yang pasti akan menyinggahi Bursel,” kata Sigmarlatu.
Menurut Sigmarlatu, dari 36 kapal yang akan menyinggahi Bursel itu, tercatatan 35 kapal merupakan kapal yang baru pertama kali menyinggahi Bursel.
“Dari 36 kapal itu hanya satu kapal yang lama, yakni Kapal Kareru asal Prancis. Dimana, kapal Kareru juga sudah pernah menyinggahi Bursel pada ajang yang sama sebelumnya. Sedangkan, 35 kapal lain merupakan kapal baru,” ungkapnya.
Leksi menjelaskan, sesuai dengan agenda, maka para peserta Wonderfull Sail 2 Indonesia akan berada di Bursel sejak tanggal 2-5 Agustus 2015.
Dimana, pada tanggal 2 Agustus 2016 akan dilaksanakan acara Wellcome Ceremony yang terdiri dari kegiatan Atraksi penjemputan, Ucapan selamat datang oleh Bupati ditandai dengan penyematan Ifutin, Sambutan dari  Koordinator Wonderfull Sail 2 Indonesia, Vestifal Seni dan Budaya, Makan Patita Bersama, Carnaval peserta wonderfull sail, dan berakhir dengan acara live music.
Pada tanggal 3 Agustus 2016, akan dilaksanakan kegiatan kunjungan ke objek wisata Air Babunyi di Leksula yang meliputi acara Penjemputan Adat, Atraksi Seni dan Budaya, Makan Patitah dan Mandi Bersama.
Pada tanggal 4 Agustus 2016, akan dilaksanakan kegiatan Atraksi Festival Duen dan Kunjungan ke Desa Wisata Waenalut yang meliputi acara penjemputan dengan menyuguhkan Atraksi Tarian Tradisional dan Festival Duen (rakit).
Selanjutnya para peserta akan menuju ke Desa Wisata Waenalut. Disana, peserta akan dijemput secara adat, melewati Jembatan Waeibe, atraksi kelompok Sanggar Wio-Wio, Atraksi Suling Tambur, Atraksi Tarian Ronggeng, Makan Patitah dan Kunjungan ke lokasi Wisata Goa Sungai Waeteful.
Pada tanggal 5 Agustus 2016, para peserta akan disuguhkan dengan live music, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan ke objek wisata seperti Vestifal Perahu kole-kole Manggurebe, atraksi seni dan budaya serta makan patitah bersama.

Selanjutnya, para peserta akan mengikuti acara makan malam bersama di Pendopo Bupati sekaligus pelepasan peserta. Dimana, dalam kegiatan itu akan diwarnai dengan pemberian Cendramata dari Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulissa dan para peserta akan disuguhkan dengan atraksi Tarian dan lagu-lagu daerah. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!