Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » » Aziz Tuahuns Dicopot, Hamsah Buton Duduki Kursi Kabag Umum Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS.
Lantaran berkinerja buruk, Latif Tuahuns alias Aziz akhirnya benar-benar dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Buru Selatan (Bursel) oleh Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulissa.
Sebab, Tagop tak lagi mempercayakan bekas anak buahnya di Bappeda dan Litbang Kabupaten Bursel itu untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan SKPD karena memiliki kinerja yang jauh dari harapan.
Akhirnya, setelah dimintai pertimbangan oleh Wakil Bupati (Wabup), Buce Ayub Seleky, Tagop pun kemudian menandatangani Surat Keputusan (SK) pencopotan terhadap Aziz dari jabatannya dan menempatkan Kabid Catatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bursel, Hamsah Buton sebagai Kabag Umum dan Kerumahtanggan Setda Kabupaten Bursel yang baru.
Hamsah awalnya merupakan pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Kabupaten Buru.  Ia juga pernah mencalonkan diri sebagai  calon Wakil Bupati yang berpasangan dengan Abubakar Masbait (Buba) pada Pilkada di Kabupaten Buru. Namun mereka kalah dari Husni Hentihu. Setelah  itu Buton dimutasikan ke Kabupaten Bursel dan mengabdi sebagai PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil .
Sejak Senin (25/7) Hamsah sudah mulai berkantor di ruangan yang sebelumnya ditempati oleh Aziz.
Pencopotan Aziz itu diakui langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Kabupaten Bursel, AM Laitupa kepada Suara Buru Selatan via telepon selulernya, Senin (25/7). “Iya sudah diganti sejak kemarin,” kata Laitupa..
Laitupa mengaku setelah dicopot dari jabatan yang menempatkannya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di SKPD yang dipimpinnya itu, kini Aziz hanya menempati jabatan sebagai Plt Kabid Risalah pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bursel yang dipimpin oleh Hadi Longa sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan).
“Pak Aziz dipindahkan dari Kabag Umum dan menempati jabatan di Sekwan sebagai Plt Kabid Risalah,” ungkap Laitupa.
Sejumlah staf pada Bagian Umum dan Kerumahtanggaan pun mengaku legah Aziz dicopot.
“Kami merasa legah karena Pak Aziz sudah dicopot. Karena selama ini pun kami tidak nyaman bekerja dengan beliau. Masih mendingan kepemimpinan Kabag Umum dan Kerumahtanggaan yang lama (Nus Seleky-red. Tapi, syukurlah Pak Bupati telah mendengar keluhan-keluhan kami,” ungkap sejumlah staf.
Dari pantauan Suara Buru Selatan, kendati telah dicopot dari jabatan Kabag Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel, Aziz nampaknya belum ihklas, sebab Mobil Dinas Kabag Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel dengan Nomor Polisi DE 184 KM masih digunakan oleh Aziz tanpa ada rasa malu.
Dimana, Aziz masih terlihat mondar mandir memasuki areal Kantor Bupati tempat dimana kantor lamanya berada dengan menggunakan mobil dinas tersebut. Sedangkan, Hamsah terlihat datang ke kantor barunya itu hanya dengan menggunakan sepeda motor pribadi jenis Jupiter MX dengan Nomor Polisi DE 2542 LE.
Tak hanya itu, hingga Senin (25/7) papan nama ruangan Bagian Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel pun masih tertulis nama Hairul Latif Tuahuns, S.Sos dan belum diganti dengan nama Hamsah Buton.
Setelah Wabup Buce Ayub Seleky memerintahkan Asisten I Setda Kabupaten Bursel yang juga Plh Sekda Kabupaten Bursel, Bernadus Waemesse dan Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Bursel, AM Laitupa untuk segera memecat Aziz dari jabatannya sebagai Kabag Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel, Aziz dikabarkan cukup stres dan tak relah meninggalkan jabatannya sebagai pimpinan SKPD itu.
“Pak Aziz cukup stres dan beberapa kali mabuk-mabukan,” kata staf Bagian Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel yang enggan namanya dikorankan kepada Suara Buru Selatan, Senin (25/7).
Namun, untuk mempertahankan jabatannya itu, Aziz pun kemudian mulai cari muka ketika Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wabup Buce Ayub Seleky tiba di Namrole pekan kemarin.
Dimana, ketika Tagop dan Buce berada di Kantor Bupati, Sabtu (23/7) Aziz terlihat bersama sejumlah anak buahnya mengangkut material kerikil untuk menutupi sejumlah genangan air di halaman depan kantor Bupati agar dilihat langsung oleh Tagop dan Buce. Padahal, pekerjaan semacam itu sudah sepatutnya tak dilakukan ketika jam kantor.
Belum lagi, pada hari Jumat (22/7), Aziz pun terlihat cukup bersemangat bersama-sama puluhan pegawai Bagian Umum dan Kerumahtanggaan membersihkan halaman depan Kantor Bupati Bursel ketika digelar kegiatan Jumat Bersih oleh ribuan pegawai di lingkup Pemkab Bursel yang turun langsung untuk membersihkan jalan-jalan di dalam Kota Namrole.
Salah satu orang dekat Wabup ketika melihat perubahan sikap yang dilakukan oleh Aziz untuk mempertahankan jabatannya itu menilai Aziz hanya cari muka.
“Dari kemarin-kemarin tidak kerja baik-baik. Sudah mau dipecat baru mau cari muka,” kata orang dekat Wabup yang enggan namanya dikorankan itu kepada Suara Buru Selatan, Sabtu (23/7).
Tak hanya itu, orang dekat Wabup itu pun mengaku bahwa Aziz tetap akan diganti karena Tagop dan Buce tinggal menyepakati figur pengganti saja.
“Cari muka seperti apa juga Aziz akan tetap diganti, karena Pak Bupati dan Bapa (Wabup -red) sementara mencari figur yang tepat saja,” beber sumber itu.
Ternyata, apa yang disampaikan oleh sumber ini pun tak salah, sebab Aziz akhirnya harus secara ihklas merelakan jabatannya itu dan mengatakan amatoo bagi kursi empuk Kabag Umum dan Kerumahtanggaan Setda Kabupaten Bursel yang sejak Senin (25/7) diduduki oleh penggantinya Hamsah Buton.
Sebagaimana diberitakan, Wabup Bursel, Buce Ayub Seleky berang. Ia memerintahkan Sekda dan Kepala BKD untuk mencopot Latif Tuahuns dari jabatannya sebagai Kabag Umum dan Kerumahtanggaan.
Aziz, sapaan Latif Tuahuns selama ini menunjukan kinerja buruk. Ia tak becus mengurusi tugas dan tanggung jawabnya.
Kemarahan Wabup memuncak ketika akan dilaksanakan apel pagi di halaman kantor bupati, Senin (11/7). Apel itu dipimpin oleh Wabup. Ketika Wabup tiba di halaman kantor ternyata Bagian Umum dan Kerumahtanggaan yang dipimpin oleh Aziz belum juga menyiapkan sound system. Bahkan Aziz sendiri tak terlihat batang hidungnya untuk mengikuti apel. Baca Tak Becus Wabup Perintakan........ dan KNPI Harap Wabup Pecat.........
Wabup yang terlihat marah langsung memerintahkan Asisten I, Bernadus Waemesse yang juga menjabat Plh Sekda dan Kepala BKD dan Diklat AM Laitupa untuk segera mencopot Latif Tuahuns.
“Pecat Kabag Umum,” tandas Wabup di hadapan para pejabat dan para pegawai yang hadir dalam apel tersebut. Baca BKD Sementara Proses.......
Plh Sekda Bernadus Waemesse yang dihubungi melalui telepon selulernya menyangkut perintah Wabup tersebut, mengakui menda­pat perintah untuk mencopot Kabag Umum dan Kerumahtanggaan.
“Iya benar. Dalam Apel tadi Pak Wabup perintahkan untuk pecat Kabag Umum,” kata Waemesse.

Namun, kata Waemesse, ia akan mengkoordinasikan lagi dengan Wabup soal pencopotan Kabag Umum dan Kerumahtanggaan itu.  “Terkait perintah itu, nanti saya koordinasi lagi dengan Pak Wabup, seperti apa,” ujarnya. (SBS-03)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!