Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » Waspada, Makanan dan Minuman Kadaluarsa Beredar Namrole
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Yan Latupeirissa
Masyarakat di Kecamatan Namrole perlu waspada terhadap berbagai bahan makanan maupun minuman kemasan yang dijual para pedagang di Ibu Kota Kabupaten Buru Selatan (Bursel) itu.
Sebab, diduga banyak yang sudah kadaluarsa dan tak layak konsumsi serta bisa mengancam kesehatan setiap masyarakat yang mengkonsumi makan dan minuman kadaluarsa tersebut.
Apalagi, telah ditemukan oleh masyarakat, minuman bersoda jenis Coca Cola yang telah kadaluarsa, pekan lalu, di salah satu pengecer di Kota Namrole.
Beredarnya minuman kadaluarsa itu diduga akibat kelemahan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Maluku dalam melakukan pengawasan di lapangan.
Hal tersebut diakui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Yan Latupeirissa, kepada wartawan di Namrole, Sabtu (4/6), di Kantor Bupati Bursel.
“Kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman, bukanlah tugas Disperindag Kabupaten/Kota, melainkan tanggung jawab BPOM Provinsi Maluku," kata Latuperissa.
Menurutnya, Disperindag Kabupaten  hanya diperuntukan kepada barang standarisasi (SNI). Dimana, pengawasan yang selama ini dilakukan Disperindag itu hanya sekedar membantu BPOM saja.
"Saya mau mengklarifikasi bahwa sesungguhnya Kementerian Perdagangan mempunyai tanggung jawab hanya kepada barang-barang standarisasi (SNI), sedangkan pengawasan minuman, itu merupakan  tugas BPOM dalam rangka pengawasan barang beredar. Namun realitanya, pengawasan barang tak dilakukan BPOM Provinsi, maka kami berinisiatif untuk membantu pengawasan barang beredar," ujar Latupeirissa.
Dikatakan, dengan ditemukannya Coca-Cola yang telah daluarsa tiga bulan, merupakan kesalahan BPOM, sebab sesuai peraturan Undang-Undang, ini merupakan tanggung jawab BPOM, yakni pemeriksaan makanan.
Kendati demikian, orang nomor satu di Disperindag ini, menjanjikan akan segera melakukan sidak dalam waktu dekat.

"Jadi kita akan menggelar operasi terhadap makanan dan minuman sebelum jatuh tempo daluarsa. Untuk itu, masyarakat Namrole diminta teliti sebelum membeli, sehingga tidak mendapat barang yang telah kadaluarsa," tuturnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...