Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » DPRD Bursel Harus Tuntaskan 14 Agenda Penting Pada Masa Sidang II
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Jumat (4/3) menggelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang II dengan mengagendakan sebanyak 14 agenda penting.
Paripurna yang berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bursel dan diikuti oleh 12 orang wakil rakyat itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bursel, Gerson Eliazet Selsily.
Selsily dalam sambutannya mengatakan, mengawali masa sidang II yang ditandai dengan Rapat Paripurna hari ini, Badan Musyawarah DPRD pada hari Kamis, 3 Maret 2016 lalu telah menyusun sejumlah agenda dewan yang merupakan sinkronisasi program dan kegiatan yang direncanakan dengan agenda kerja yang merupakan kelanjutan penyelesaian sisa agenda DPRD pada masa sidang sebelumnya.
“Dengan demikian, agenda masa sidang II ini diarahkan sebagai upaya penyatuan kebijakan pemerintahan berdasarkan kebutuhan masyarakat dan kepentingan daerah, termasuk aspirasi masyarakat yang telah diserap melalui pelaksanaan kegiatan reses anggota dewan untuk mengakhiri masa sidang I beberapa waktu lalu,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bursel itu.
Selsily mengaku, rancangan agenda masa sidang II yang telah dirumuskan sebanyak 14 agenda penting, yakni : Pertama, Pembukaan Masa Sidang II Tahun 2016; Kedua, Pebahasan Surat-Surat Masuk; Ketiga, Bimtek dan Workshop; Keempat, Pembahasan LKPJ Tahun Anggaran 2015; Kelima, Pembahasan LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2011-2015.
Keenam, Paripurna Istimewa Pemberhentian dan Pengangkatan Bupati/Wakil Bupati terpilih periode 2016-2020; Ketujuh,  Study Banding; Kedelapan, Pembahasan Ranperda; Kesembilan, Bimtek Lemhanas; Kesepuluh, Konsultasi dan Koordinasi ke Kementerian; Kesebelas, Konsultasi dan Koordinasi ke Provinsi; Keduabelas, Pembahasan LPJ Bupati Tahun Anggaran 2015; Ketigabelas, Perjalanan Dinas Dalam Daerah, Keempatbelas, Penutupan Masa Sidang II Tahun 2015.
“Rumusan agenda dewan tersebut merupakan implementasi pelaksanaan tugas-tugas DPRD dalam kerangka penyelenggaraan pemerintahan dalam setiap Masa Sidang sesuai fungsi dan tanggung jawab DPRD sekaligus sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat, disamping menjalankan urusan-urusan pemerintahan lainnya dengan tetap memperhitungkan tantangan yang kita hadapi kini dan yang akan datang,” ucap mantan Bakal Calon Wakil Bupati Bursel itu.
Dengan demikian, lanjutnya, komunikasi yang intensif dan harmonisasi hubungan kemitraan antara pemerintah daerah dengan DPRD dalam bentuk sinkronisasi kebijakan bersama maupun pelaksanaannya harus dapat dioptimalkan guna menopang pemerintah daerah untuk mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kabupaten Bursel dengan memanfaatkan hasilnya untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat.
“Selaku pimpinan DPRD, kami mengharapkan sungguh agar seluruh alat kelengkapan untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya secara profesional, efektif dan efisien dalam mengimplementasikan setiap agenda secara konsisten dan tertanggung jawab, terutama dalam membina komunikasi terhadap tindak lanjut laporan konstituen yang diterima Anggota DPRD secara langsung pada daerah pemilihan masing-masing sebagai referensi utama penyusunan program kerja lembaga melalui komisi, badan maupun Pansus DPRD,” harap Wakil Rakyat dari Dapil Kecamatan Leksula-Kepala Madan tersebut.
Untuk itu, lanjut Selsily, DPRD senantiasa meminta Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh jajarannya untuk dapat mengkoordinasikan penyelesaian masalah-masalah pokok yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat bersama DPRD dalam semangat Kai Wait untuk membangun Bumi Lolik Lalen Fedak Fena.
Dimana, kata Selsily lagi, berkenaan dengan hal tersebut, Pimpinan DPRD berkeinginan agar seluruh pimpinan Fraksi dapat mengarahkan anggotanya masing-masing untuk berperan secara aktif dalam seluruh proses pelaksanaan qagenda nantinya. Selain itu, selaku mitra kerja, DPRD meminta jajaran eksekutif Pemerintah Daerah untuk pro aktif dalam mengikuti setiap kegiatan DPRD serta mampu memelihara kesinambungan komunikasi bersama dalam mencapai tujuan kemaslahatan.
“Saya yakin sungguh bahwa apabila kita konsisten terhadap tanggung jawab, fungsi dan kewenangan lembaga terhormat ini, maka seluruh target agenda tersebut akan mampu terlaksana dengan baik,” cetusnya.
Dilain sisi, tambah Selsily, untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas penting ini, DPRD senantiasa mengharapkan dukungan, peran serta dan bantuan semua pihak, terutama masyarakat, pemerintah daerah maupun rekan-rekan pers untuk bersinergi bersama lembaga ini guna menunjang pelaksanaan agenda DPRD yang telah ditetapkan serta mensosialisasikan hasilnya kepada masyarakat luas.
Pada itu pula, Selsily mengajak seluruh anggota DPRD agar memasuki Masa Sidang II ini dapat berupaya mempergunakan waktu sebaik mungkin dalam menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawab kelembagaan.

“Mari kita tingkatkan kinerja dan semangat pengabdian kita sebagai bukti bahwa kita adalah yang terbaik diantara yang baik dalam memahami kebutuhan dan mengawal aspirasi masyarakat saat ini untuk lima tahun kedepan,” ajaknya. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...