Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » Sejumlah Kader Terbaik Siap Pimpin AMGPM Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS.
Dipastikan sejumlah kader terbaik siap untuk maju sebagai Calon Ketua Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Buru Selatan (Bursel) dan Calon Sekretaris AMGPM Daerah Bursel pada Konfrensi Daerah (Konferda) XI AMGPM Daerah Bursel yang akan digelar 21-23 Februari 2016 mendatang di Cabang V Betlehem, Leksula.
Sejumlah  kader yang dipastikan akan maju sebagai Calon Ketua Daerah yakni Sami Latbual (Ketua Daerah inchumbent), Swingly Lesnussa (Ketua Bidang I Pengurus Daerah), Alfred Edward Lesbatta (Ketua Bidang V Pengurus Daerah) dan Yohan Lesnussa (mantan PB GMKI), Anselany Orpa Seleky (Ketua I Cabang I Talitakumi)  dan Semuel Seleky (Kader Cabang I Talitakumi).
Sedangkan yang akan maju sebagai Calon Sekretaris Daerah yakni Dominggus Seleky (Sekretaris Daerah Inchumbent), Stevano Kailola (Sekretaris Bidang I Daerah), Abraham Teslatu (Sekretaris Bidang II Daerah), Leksi Sikmarlatu (Ketua GAMKI Bursel), Elvis Ch Lahallo (Sekretaris Cabang I Talitakumi) dan Brury Parera (mantan Sekretaris Cabang I Talitakumi).
Namun, siapa pun yang akan terpilih untuk memimpin organisasi pelayanan dengan Moto : Kamu adalah Garam dan Terang Dunia itu diyakini akan ditentukan oleh Tuhan Yesus Sang Kepala organisasi melalui 58 peserta biasa yang memiliki hak memilih dan dipilih.
Dimana, 58 peserta itu terdiri dari 1 orang Ketua Klasis, 15 orang Pengurus Daerah, 35 orang utusan cabang (5 orang x tujuh Cabang) dan 7 orang Ketua Majelis Jemaat (exevicio Cabang).
Sementara itu, Ketua AMGPM Daerah Bursel Sami Latbual yang didampingi Sekretaris DaeraH Dominggus Seleky kepada Suara Buru Selatan, Senin (15/2) tak membantah akan kembali maju untuk memimpin organisasi itu lima tahun mendatang, namun dirinya mengaku bahwa di internal Pengurus Daerah saat ini telah mempersiapkan paket calon Ketua Daerah dan Sekretaris Daerah periode berikut.
“Kami tidak mendahului proses Konferda tetapi kami telah melakukan Rapat Pleno Pengurus daerah dan melahirkan sejumlah agenda, termasuk melahirkan kesepakatan untuk menyiapkan Bung Alfred Edward Lesbatta sebagai Calon Ketua Daerah dan Bung Dominggus Seleky sebagai Calon Sekretaris Daerah,” kata Latbual.
Namun begitu pihaknya tidak akan menutup ruang kepada semua kader terbaik AMGPM Daerah Bursel untuk mencalonkan diri dan dipilih dalam proses Konferda tersebut.
“Terkait dengan proses pemilihan pengurus itu sendiri, AMGPM sebagai sebuah organisasi kader yang diajarkan untuk saling membesarkan kadernya dan intinya itu adalah kita AMGPM tetap membuka ruang yang sebesar-besarnya kepada semua kader yang memenuhi syarat untuk berproses pada saat pemilihan Ketua Daerah dan Sekretaris Daerah,” ucapnya.
Latbual pun menjelaskan bahwa dengan disiapkannya Lesbatta-Seleky, tidak berarti Pengurus Daerah telah menutup ruang bagi kader-kader terbaik yang ada di daerah ini. Tetapi, seperti halnya Ketua Umum dan Sekretaris Umum Pengurus Besar AMGPM terpilih secara aklamasi, pihaknya pun berkeinginan agar hal serupa pun disepakati secara musyawarah mufakat.
“Ini bukan berarti bahwa kami menutup kemungkinan bagi kader yang lain, tidak. Sebab, semua orang punya kesempatan yang sama. Tetapi sebagai yang memimpin AMGPM Bursel hari ini, kami mencoba untuk melahirkan suatu kepemimpinan yang dilahirkan secara musyawarah mufakat. Nanti di forum dia berkembang bagaimana itu hak semua peserta. Tetapi bagi kami, kami telah bersepakat dan itu yang akan kami dorong,” terangnya.
Latbual juga berharap agar hal itu bisa dipahami oleh kader-kader terbaik di Bursel. Apalagi, kepengurusan yang akan dilahirkan ini tidak sebatas Ketua Daerah dan Sekretaris Daerah, tetapi dia merupakan sebuah kepengurusan kolektif dengan struktur yang akan diisi oleh 15 orang kader terbaik. Dimana, sisanya itu akan ditentukan oleh formatur.
“Sampai saat ini kami belum tahu secara pasti siapa saja yang akan mencalonkan diri. Tetapi yang kami sepakati di Pengurus Daerah adalah paket Lesbatta-Seleky. Tetapi, intinya kami berharap dapat berkompetisi secara sehat,” terangnya.
Sementara itu, sejumlah pimpinan Cabang yang enggan namanya dipublikasikan mengaku masih menghendaki agar Latbual melanjutkan kepemimpinannya untuk periode berikut.
“Kami masih menghendaki agar sosok Sami Latbual masih memimpin AMGPM di daerah ini lima tahun kedepan. Sebab, dalam kepemimpinan Latbual, AMGPM Daerah Bursel telah menunjukkan kiprahnya secara maksimal sebagai garam dan terang dunia,” terang salah satu pimpinan Cabang di wilayah Bursel.
Bahkan pimpinan Cabang lainnya pun mengaku akan tetap memilih Latbual sebagai Ketua Daerah AMGPM Bursel periode berikut.
“Kendati rekan-rekan Pengurus Daerah sudah menyepakati paket Lesabatta-Seleky, tetapi itu belum final. Sebab, pemilik suara itu ada 58 sehingga 15 suara yang dimiliki oleh Pengurus Daerah belum bisa menentukan siapa yang akan melanjutkan tongkat estafet organisasi pelayanan ini kedepan. Apalagi, sosok Latbual telah menjadi icon AMGPM di daerah ini dan tentu Latbual masih menjadi pilihan utama kami untuk melanjutkan kepemimpinan dalam pelayanan ini,” tandasnya.
Olehnya itu, pihaknya berharap Latbual masih bersedia untuk tetap memikul tanggung jawab pelayanan ini lima tahun kedepan.
“Sebab, siapa pun yang mengatakan bahwa kepemimpinan Latbual ini gagal, maka sesungguhnya sebagai kader, dia telah membohingi dirinya sendiri,” paparnya.
Sementara itu, sebelumnya, Latbual pun mengaku bahwa selain akan memilih Kepengurusan yang baru, agenda Konferda itu pun akan digunakan untuk menilai Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Daerah, Mendengar Laporan Pengurus Cabang, Menetapkan Garis-Garis Besar Program Lima Tahunan dan Program Kerja serta APB Tahun pertama periodesasi kepengurusan baru dan menetapkan keputusan dan kebijakan organisasi lainnya.
Tak hanya itu, lanjut Latbual, kegiatan Konferda yang akan dibuka oleh Ketua Umum PB, Max Takaria itu pun akan diisi dengan kegiatan study metting dengan menghadirkan Bupati Kabupaten Bursel Tagop Sudarsono Solissa dan Kapolres Buru AKBP Popy Yugonarko sebagai pemateri.

“Direncanakan kami akan meminta kesediaan dari Pak Bupati Bursel dan Pak Kapolres Buru. Pak Bupati terkait dengan rencana strategis Pemerintah Bursel dalam rangka pemberantasan kemiskinan dan aspek pembangunan Bursel lima tahun kedepan. Sementara pak Kapolres Buru akan dimintai kesediaannya dalam memberikan materi terkait dengan persoalan Kamtibmas setelah pasca Pilkada maupun untuk persiapan MTQ Kabupaten di Leksula maupun MTQ provinsi di Namrole dan persoalan Kamtibmas Bursel secara keseluruhan. Intinya persoalan penyadaran hukum,” tuturnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...