Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » BPBD Bursel Beberkan Seluruh Dampak Gempa di Kecamatan Ambalau
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
( Ilustrasi )
Pasca terjadinya gempa yang berdampak bagi masyarakat di Kecamatan Ambalau, akhirnya Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel)  melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membeberkan seluruh data korban maupun kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut.
Kepala BPBD Kabupaten Bursel, Awath Mahulauw mengaku bahwa setelah melakukan pendataan lanjutan terhadap empat desa lain di Kecamatan Ambalau, yakni Desa Lumoi, Siwar, Elara dan Selasi ternyata ada terjadi perubahan data. Dimana, sebelumnya pihak BPBD pun telah melakukan pendataan terhadap tiga desa lainnya, yakni Desa Ulima, Masawoi dan Kampung Baru.
Hasil pendataan pada empat Desa yaitu Lumoi, Siwar, Elara dan Selasi membuat perubahan data, termasuk tiga Desa yang telah di data sebelumnya, yakni Desa Ulima, Masawoi dan Kampung Baru,” kata Mahulauw.
Dijelaskan, dari hasil pendataan itu, diketahui ada satu bayi berumur tiga minggu yang meninggal dunia dari Desa Masawoi, 14 orang luka luar dan dalam karena tertindis reruntuhan. Dimana, yang mengalami luka berat sebanyak empat orang, yaitu tiga orang dari Desa Ulima dan satu orang dari Desa Masawoi.
Kemudian, yang mengalami luka ringan sebanyak 10 orang yang terdiri dari tujuh dari Desa Ulima, satu orang dari Desa Masawoi dan dua orang dari Desa Lumoy.
Sementara itu, dari pendataan itu pun diketahui bahwa ada satu bangunan Mesjid di Desa Ulima yang mengalami rusak berat. Sedangkan rumah penduduk yang mengalami rusak berat sebanyak 68 buah yang terdiri dari 58 buah rumah di Desa Ulima dan 10 buah rumah di Desa Masawoi.
Selain itu, rumah penduduk yang mengalami rusak sedang sebanyak 118 buah rumah yang terdiri dari 69 buah rumah di Desa Ulima, 26 rumah di Desa Masawoi dan 23 buah rumah di Desa Kampung Baru.
Sedangkan, rumah penduduk yang mengalami rusak ringan sebanyak 140 buah rumah, yang terdiri dari 31 rumh di Desa Lumoi, 28 buah rumah di Desa Masaowi, 27 buah rumah di Desa Elara, 25 buah rumah di Desa Kampung Baru, 22 buah rumah di Desa Siwar dan tujuh buah rumah di Desa Selasi.
Total rumah penduduk yang mengalami rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan menjadi 326 buah rumah,” urainya.
Lebih lanjut diketakannya, terkait dengan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya itu, maka pihaknya bersama tim gabungan Pemkab Bursel yang terdiri dari BPBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bursel serta pihak TNI/Polri telah menyambangi warga korban bencana di Kecamatan Ambalau guna memberikan bantuan dalam bentuk sembako dan juga membangun tenda-tenda darurat guna menampung masyarakat disana. Selain, turut menerjunkan sejumlah tenaga medis guna melakukan penanganan medis bagi para korban bencana gempa tersebut. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!