Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » KPU Pastikan Penetapan Bupati Bursel Terpilih Bakal Berlangsung Aman
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Said Sabi
Namrole, SBS.
Mencermati konstalasi kondisi keamanan di Namrole sebagai pusat Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan pengalaman di Bumi Fuka Bipolo itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bursel, Said Sabi mengaku yakin bahwa proses pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bursel terpilih yang akan dilangsungkan besok, Selasa (22/12) di ruang Aula Kantor KPU Kabupaten Bursel bakal berlangsung aman dan damai.
“Ya, kalau pengalaman kita saat penetapan pemenang itu orang ketawa-ketawa karena menang. Lain halnya kalau kita tetapkan yang menang dan yang tidak menang sehingga dua-dua kubu hadir, tidak bisa kita jamin keamanannya, tetapi karena ini pleno penetapan calon terpilih, maka dipastikan akan berlangsung aman,” kata Sabi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (21/12).
Walau begitu, dirinya menyerahkan sepenuhnya proses pengamanan Kantor KPU Kabupaten Bursel saat proses pleno terbuka kepada pihak kepolisian.
“Untuk proses pengamanan sudah menjadi tugas kepolisian, tinggal kita laporkan ke polisi dan polisi yang mengaturnya. Jadi, protab pengamanan dari kepolisian seperti apa, ya kita serahkan kepada kepolisian saja,” ujarnya.
Dari pantauan Suara Buru Selatan, kendati kawat duri masih terpampang di jalan raya depan Kantor KPU Kabupaten Bursel, namun pengamanan dari pihak kepolisian mulai nampak lengang, berbeda dengan saat akan dilakukan proses rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung Kamis (17/12) dan Jumat (18/12) lalu.
Dimana, ketika itu nampak pengamanan yang dilakukan oleh jajaran kepolisian sangat ketat, bahkan untuk areal halaman Kantor KPU Kabupaten Bursel saja terlihat hampir seratus personil kepolisian yang berjaga-jaga. Sedangkan, untuk pengamanan hari Senin (21/12), hanya terlihat sekitar 20-an anggota kepolisian saja yang berada di sekitar Kantor KPU tersebut maupun di depan pintu masuk Kantor KPU setempat.
Lebih lanjut, Sabi pun menjelaskan bahwa dalam proses pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bursel terpilih besok, pihaknya akan mengundang pasangan Tagop Sudarsono Soulissa-Ayub ‘Buce’ Seleky (TOP-BU), Ketua dan Sekretaris DPC 10 parpol pengusung yakni PDIP, Partai Demokrat, PAN, Partai Nasdem, Partai HANURA, Partai Golkar, PKB, PPP, PKPI dan PBB.
“Kita mengundang pimpinan partai pengusung, baik Ketua dan Sekretaris, Tim Sukses dan juga Panwas Kabupaten Bursel. Kandidat yang terpilih juga kita undang. Tetapi, bagi kandidat tidak wajib untuk harus hadir. Jadi, akan dilaksanakan dalam pleno terbuka yang direncanakan pukul 09.00 WIT,” tuturnya.
Sebelumnya diberitakan, KPU Kabupaten Bursel, Jumat (18/12) telah menetapkan TOP-BU sebagai pemenang dalam Pilkada Bursel yang berlangsung 9 Desember 2015 lalu.
Penetapan itu dilakukan setelah KPU Kabupaten Bursel menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Calon Bupati dan Wakil Bupati Tingkat Kabupaten Buru Selatan (Bursel) selama dua hari, yakni sejak Kamis (17/12) hingga Jumat (18/12).
Dimana, dari proses Rapat Pleno di hari kedua kemarin, TOP-BU sebagai pasangan inchumbent akhirnya dinyatakan unggul dengan meraih 21.987 suara. Sedangkan, lawannya Rivai Fatsey-Anthon Lesnussa (HIKMAT) hanya mampu meraih 19.190 suara. Jadi, TOP-BU menang dengan selisih 2.797 suara.
Dimana, sesuai hasil pleno selama dua hari itu, TOP-BU dinyatakan unggul pada lima kecamatan di Kabupaten berusia tujuh tahun itu dan hanya kalah pada satu kecamatan. TOP-BU unggul di Kecamatan Namrole dengan meraih 6.814 suara dan HIKMAT meraih 2.782 suara; TOP-BU unggul di Kecamatan Leksula dengan meraih 4.051 suara dan HIKMAT meraih 3.262 suara; TOP-BU unggul di Kecamatan Fena Fafan dengan meraih 1.696 suara dan HIKMAT meraih 620 suara.
Selanjutnya, TOP-BU unggul di Kecamatan Kepala Madan dengan meraih 3.464 suara dan HIKMAT meraih 2.866 suara; TOP-BU unggul di Kecamatan Waesama dengan meraih 4.596 suara dan HIKMAT meraih 4.051 suara.
Sedangkan TOP-BU kalah di Kecamatan Ambalau. Dimana, pada kecamatan ini, TOP-BU hanya meraih 1.366 suara dan HIKMAT berhasil unggul di Kecamatan asal Rivai Fatsey ini dengan meraih 5.609 suara. (SBS-02)





Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...