Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » Bupati : Jangan Ganggu Keamanan Bursel Jelang Pilkada
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa berharap tidak ada pihak-pihak yang menggangu keamanan di Bumi Fuka Bipolo jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel periode 2016-2021 yang puncaknya akan digelar tanggal 9 Desember 2015 mendatang.
Sebab, dari informasi yang didapatkan oleh pihaknya, ternyata ada pihak-pihak yang ingin memporak-porandakan kehidupan persaudaraan yang telah terjalin secara baik selama ini di Kabupaten Bursel dalam rangkaian agenda Pilkada Bursel ini.
Menurut Tagop, pihaknya tidak akan segan-segan mengambil keputusan tegas, apabila keamanan yang telah dijaga selama ini coba dirampas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
“Kemarin saat Rapat dengan FKUB, ada isu informasi, SMS-SMS liar bahwa kalau kandidat lain kalah, mau biking kerusuhan disini, saya bilang saya tunggu, saya tunggu itu. Sebab, saya tidak main-main, siapa pun yang mengganggu stabilitas keamanan, kebersamaan saya, pemerintah dan masyarakat itu, maka tidak segan-segan saya cukur sampai habis. Saya tidak main-main,” ancam Tagop ketika meletakkan Batu Pertama pembangunan gedung Kantor Wilayah Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Bursel dan Rana di kawasan Kilo Meter II Namrole, Selasa (10/11).
Tagop pun mengaku bahwa stakholder TNI/Polri yang ada di wilayah kepemimpinannya ini akan dikerahkan untuk mengatasi berbagai masalah keamanan, apabila terjadi gangguan keamanan nantinya.
“Apalagi, komando Kapolda Maluku, komando Pangdam Maluku sudah diberikan kepada saya bahwa segala unsur keamanan di daerah ini digunakan, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.
Walau begitu, Tagop mengaku sangat bersyukur dan berbangga dengan masyarakat di Kabupaten berusia tujuh tahun ini, karena kendati di tiga Kabupaten lain terjadi riak-riak konflik, seperti Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), hal itu tidak terjadi di Kabupaten Bursel yang dipimpinnya bersama Wakil Bupati, Buce Ayub Seleky.
“Tetapi, alhamdulillah daerah ini tertib, aman dalam proses Pilkada, sebab daerah lain sudah terjadi konflik, seperti SBT ada konflik, Aru ada konflik, bahkan MBD juga ada konflik. Itu pertanda bahwa kita sebagai masyarakat secara totalitas memiliki daerah dan membangun daerah ini sadar benar bahwa isu-isu provokasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat kita halau, dapat kita singkirkan untuk kepentingan besar kita sebagai masyarakat Bursel. Itu yang paling penting,” tandasnya.
Terkait itu, dirinya pun mengghimbau agar masyarakat di daerah ini tetap bergandengan tangan untuk terus menjaga kondisi keamanan yang ada sehingga tidak terjadi lagi hal-hal yang tak kita inginkan bersama di waktu-waktu mendatang.
“Saya melihat bahwa semakin hari kebersamaan kita tidak bisa dipisahkan, kebersamaan kita bukan hanya sebagai Kait Wait Wali Dawen saja, tetapi sebagai anak cucu dari Nabi Ibrahim atau Abraham, kita tidak bisa terpisahkan dan sejarah 15 Tahun lalu membuktikan bahwa kalau kita tidak bersatu, kalau kita tidak merasa sebagai orang keluarga, tidak merasa sebagai umat Tuhan, maka kita akan gampang diobrak abrik oleh siapa pun, oleh orang-orang yang tidak memiliki moral,” tandasnya.
Olehnya itu, dalam rangka menjaga kondisi keamanan di Kabupaten yang dikenal dengan Bumi Fuka Bipolo ini selalu mengkampanyekan pemahaman tentang budaya hidup Kai Wait atau persaudaraan yang merupakan budaya orang Buru yang harus dijaga dan dipelihara secara baik.

“Hal itulah yang saya dan Pak Buce dalam pemerintahan lima tahun ini kita memberikan sebuah pemahaman tentang bagaimana hidup orang basudara, tentang bagaimana hidup orang Kai Wait Wali Dawen, bagaimana hidup seketurunan Nabi Ibrahim. Jadi, kalau dicubit di tangan kiri, tangan kanan ikut sakit. Itulah yang sementara kami lakukan,” tutur mantan Kepala BAPPEDA dan Litbang Kabupaten Bursel itu. (SBS02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...