Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Buru

News Pariwisata

» » » » Besok HIKMAT dan TOP-BU Debat Terbuka
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) memastikan bahwa besok, Senin (30/11) dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Bursel akan melakukan debat terbuka.
Kedua pasangan calon tersebut terdiri dari pasangan Nomor Urut 1 Rivai Fatsey-Anthon Lesnussa (HIKMAT) yang diusung oleh dua partai pengusung, yakni Partai Gerindra dan PKS, kemudian pasangan Nomor Urut 2 Tagop Sudarsono Soulissa-Buce Ayub Seleky yang merupakan calon inchumbent dan diusung oleh 10 partai pengusung, yakni PDIP, Partai Demokrat, PAN, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, PKB, PPP, PBB dan PKPI.
"Jadi, sesuai jadwal, Senin, 30 November 2015, akan diadakan debat antara pasangan HIKMAT dan TOP-BU pada pukul 09.30 WIT hingga selesai," kata Sabi kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (28/11).
Menurut mantan Komisioner Devisi Data KPU Bursel ini, debat kandidat akan dipimpin oleh dua panelis yaitu Dekan FISIP Unpatti Yusuf Madungun dan Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi (Pekan Fekon) Jufri Pattilouw. Dimana, kedua panelis bertugas merumuskan pertanyaan untuk nanti disampaikan kepada kedua pasangan calon pada saat debat.
Dikatakan, kedua kandidat nantinya akan diberikan batas waktu antara 2-3 menit untuk menyampaikan visi misi, menjawab dan pendalaman terhadap visi misi serta saling bertanya antara pasangan calon. Dimana, dalam debat ini akan dilakukan beberapa topik sekaligus, sebab hanya dilakukan sekali.
Lanjutnya lagi, peserta debat yang diundang sekitar 200 orang yang terdiri dari para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bursel, pimpinan Partai Politik (Parpol), tokoh-tokoh pemuda, pimpinan OKP/I seperti KNPI semuanya dengan menggunakan ID Card. Kemudian,  masing-masing tim hanya diperbolehkan sebanyak 20 orang.
Sementara, katanya lagi, masyarakat dan simpatisan dapat langsung menyaksikan di rumah masing-masing melalui saluran televisi kabel di Namrole. Dimana, pihak KPU Kabupaten Bursel telah bekerja sama dengan pihak TVRI Ambon untuk menyiarkan proses debat tersebut pada chanel TV kabel yang biasanya digunakan oleh chaenal RCTI.
"Jadi, pada Senin itu, saluran televisi kabel pada chanel RCTI di Namrole, pada chanel tiga, akan hilang dan diganti dengan debat kandidat. Esok kita akan umumkan kepada masyarakat Namrole, untuk dapat mengakses debat kandidat di chanel RCTI. Bila di televisi chanel RCTI pada nomor tiga, maka tekan nomor tiga dan siaran RCTI akan hilang dan diganti dengan debat kandidat, " tutur Master Pertanian ini.
Siaran langsung melalui televisi kabel dilakukan agar para pendukung dan simpatisan lainnya yang tidak dapat masuk ke ruangan dapat menyaksikan langsung di posko masing-masing.
Untuk diketahui, Visi dari pasangan HIKMAT adalah ‘Terwujudnya Masyarakat Buru Selatan Yang Religius, Maju, Sejahtera dan Bermartabat’ yang dijabarkan dalam lima misi besar, yakni : Pertama, Mewujudkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik, profesional, jujur, akuntabel dan transparan serta pelayanan publik yang berkualitas. Sehingga masyarakat dapat mengetahui dan berpartisipasi secara langsung terhadap perencanaan pembangunan daerah;
Kedua, Membangun masyarakat yang lebih berkualitas dan sejahtera serta meningkatkan perekonomian daerah yang maju dan berdaya saing. Sehingga upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah juga berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat;
Ketiga, Mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan. Dengan memperhatikan aspek kewilayahan (lingkup kecamatan) dan potensinya. Sehingga seluruh daerah dapat merasakan manfaat pembangunan tanpa kecuali;
Keempat, Mewujudkan masyarakat dan pemerintah yang religius dan meningkatkan kualitas kehidupan beragama sehingga menjadi kekuatan spiritual dalam kehidupan bermasyarakat;
Kelima,Meningatkan produktifitas dan pendapatan masyarakat melalui peremajaan kebijakan ekonomi rakyat dan pembangunan di segala bidang, serta peningkatan infrastruktur desa dan kota. Sehingga seluruh kebijakan ekonomi harus berpihak kepada masyarakat dan menunjang pembangunan infrastruktur yang cukup.
Sedangkan, Visi pasangan TOP-BU adalah ‘Mewujudkan Kemandirian Buru Selatan Secara Berkelanjutan Sebagai Kabupaten Yang Rukun Berbasis Agro-marine’ yang dijabarkan dalam tujuh misi besar, yakni : Pertama, Memperkuat sektor perhubungan untuk peningkatan aktivitas ekonomi produktif masyarakat; Kedua, Pembentukan pusat pengembangan produk perikanan dan pertanian berbasis potensi unggulan willayah;
Ketiga, Pengutan usaha mikro kecil dan menengah berdasarkan pusat pengembangan ekonomi kecamatan dengan mempertimbangkan geostratejic, geopolitik dan potensi sumberdaya wilayah; Keempat, Pengembangan sektor pendidikan berbasis potensi/komoditas unggulan daerah;

Kelima, Perluasan akses kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat; Keenam, Penguatan adat, budaya dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai modal sosial untuk mendorong akselerasi pembangunan parawisata daerah; Ketujuh, Penguatan tata kelola pemerintahan yang efektif, profesional dan bersih dari KKN. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...