Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » Kongres XXVIII AMGPM, Peserta Inginkan Maspaitella Tetap Pimpin
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Ambon - Kongres XXVIII Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) hari ini, Rabu (28/10) akan memasuki sesi pemilihan Ketua Umum dan Sekretaris Umum Pengurus Besar (PB) periode 2015-2020.
Mayoritas peserta masih menginginkan Ketua Umum PB AMGPM periode 2010-2015 melanjutkan kepimpinan hingga lima tahun mendatang.
 “Kami merasa figur masih yang masih cocok untuk me­mimpin PB AMGPM kedepan hanyak Pak Elifas Maspaitella. Kita yakin ia akan maju dan kembali memimpin AMGPM lima tahun kedepan,” ujar Ketua AMGPM Daerah Buru Selatan, Sammy Latbual kepada Siwalima disela-sela Kongres di Gereja Imanuel, Jemaat Amahusu, Ambon, Selasa (27/10).
Latbual meyakini mayoritas daerah tetap menginginkan Maspaitella tetap memimpin PB AMGPM.
Senada dengan Latbual, Sekretaris AMGPM Daerah Buru Utara, Daniel kepada Siwalima juga menilai tidak ada lagi pesaing yang cocok untuk menggantikan posisi Maspaitella. “Daerah Buru Utara sangat yakin Mas­paitella akan kembali terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum,” ujarnya.
Dukungan untuk Maspai­tella juga diungkapkan pe­serta AMGPM Daerah Pulau Obi, Olu Bigis. Kepada Siwa­lima, Bigis mengaku delegasi­nya juga menginginkan Mas­paitella melanjutkan lagi se­bagai ketua umum lima tahun kedepan. “AMGPM Daerah Pulau Obi tetap mendukung Maspaitella melanjutkan ke­pemimpinannya,” ungkap­nya.
Sementara itu, Sekretaris Bidang II AMGPM Daerah Kairatu, Nia Urasana kepada Siwalima menjelaskan dalam rapat pleno yang dilakukan pe­ngurus daerah, pihaknya tetap mendukung Maspai­tella.
“Namun jika Maspaitella tak lagi berkeinginan untuk me­mimpin maka Daerah Kairatu merekomendasikan Sekum PB AMGPM periode 2010-2015, Max Takaria,” jelasnya.
Sementara itu, beberapa daerah hingga berita ini dituliskan belum memutuskan hendak mencalonkan siapa sebagai Ketua  dan Sekretaris Umum PB AMGPM periode 2015-2020.
“Daerah Masohi belum berembuk dan memutuskan siapa yang akan kami usung sebagai ketua dan sekretaris umum. Mungkin nanti rapat akan dilaksanakan seusai pleno penetapan program,” ujar pegurus AMGPM Daerah Masohi, Harold Pattiasina kepada Siwalima.
Perwakilan AMGPM Dae­rah Ternate, Dany Soplely juga menyatakan daerahnya juga belum memutuskan siapa yang akan mereka calonkan menjadi ketua dan sekretaris umum.
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) AMGPM periode 2010-2015, Elifas T Maspaitella kepada Si­walima menjelaskan meka­nisme pemilihan ketua dan sekretaris umum PB AMGPM dilaksanakan dengan dipan­du oleh kriteria pemilihan.
“Peserta biasa dari setiap daerah memiliki satu hak suara dan mekanismenya akan ber­langsung secara terbuka un­tuk pemilihan ketua dan sek­retaris umum sesuai dengan amanat tata tertib,” jelasnya.

Pendidikan Perdamaian
Disisi lain, gunaturut mewujudkan Maluku sebagai laboratorium perdamaian di Maluku, AMGPM akan meng­agendakan program pendidi­kan kader sebagai salah satu kaidah pokok dalam garis besar pokok program (GBPP) untuk bisa diagendakan dalam pelaksanaan program di tahun pelayanan 2015-2020.
Maspaitella mengatakan, pemantapan kerangka pendi­dikan perdamaian harus di­agen­dakan dalam upaya menjadikan AMGPM sebuah kekuatan sipil dimasyarakat yang turut membingkaii proses perdamaian di Maluku dan Maluku Utara dan hal tersebut merupakan bentuk sikap AMGPM terhadap kon­disi perdamaian sekali­gus me­ngelola kehidupan masyara­kat majemuk.
Selain itu, menurutnya terdapat ada kaidah pokok dalam GBPP itu yakni lewat GPBB yang ada, AMGPM hendak memantapkan konso­lidasi pendidikan kader su­paya terus terimplementasi. Kemudian, AMGPM juga disebutkan dalam GPBB ingin mengagendakan program-program yang berkaitan dengan advokasi masyarakat sipil dan adat.
“Program strategis yang akan terus dilanjutkan adalah program pendidikan kader, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan politik. Kemudian yang merupakan program strategis baru adalah pen­didi­kan perdamaian,” jelasnya.
Dalam sidang komisi di Ko­ngres angkatan muda tersebut, katanya, terbagi dalam  sidang pada enam komisi yaitu Komisi garis besar pokok program, Komisi program pelayanan tahun 2015-2020, Komisi ang­garan dan pendapatan belanja, Komisi khusus yang mem­bahas tentang hubungan fungsional dan koordinatif antara AMGPM dan GPM, Komisi umum dan rekomendasi serta Komisi kriteria dan tata cara pencalonan ketua dan sekretaris umum pengurus besar serta formatur. 

Sementara itu, Selasa (27/10) malam, seluruh peserta kongres yang berasal dari 32 daerah AMGPM menghadiri jamuan makan malam yang berlang­sung di kediaman Gubernur Maluku Said Assagaff. (Siwa5)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...