Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » Disperindag Lakukan Pelatihan Pembuatan VCO dan Minyak Cengkih
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Minggu (13/9) melakukan Pelatihan Pembuatan Virgin Coconout Oil (VCO) dan Minyak Cengkih bagi puluhan kader Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Cabang I Talitakumi Daerah Bursel.
Pelatihan yang dipusatkan di Gedung Gereja Zoar Jemaat GPM Waenalut itu merupakan implementasi dari program AMGPM Cabang I Talitakumi, khususnya Bidang Pelayanan, Pendidikan, Pembangunan (Pelpem).
Dimana, kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris AMGPM Daerah Bursel, Dominggus Seleky dan menghadirkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bursel, Yan Latuperissa sebagai pemateri.
Latuperisa yang didampingi Ketua Bidang Pelpem AMGPM Cabang I Talitakumi, Melky Solissa ketika memberikan pelatihan mengatakan bahwa wilayah Bursel sebenarnya memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah yang dapat dikelola secara baik untuk menghasilkan berbagai komoditi handal bernilai eksport seperti VCO yang berbahan baku kelapa serta Minyak Cengkih.
Hanya saja, kata Latuperissa, belum ada masyarakat di wilayah Bumi Fuka Bipolo ini yang serius untuk serius dalam pembuatan VCO maupun Minyak Cengkih tersebut.
Padahal, lanjut Latuperissa, bahan baku pembuatan kedua komoditi ini banyak terdapat di wilayah Bursel dan sering terbuang percuma tanpa ada manfaat ekonomi yang dihasilkan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Padahal, katanya lagi, pihaknya pun selalu siap untuk melakukan pendampingan bagi masyarakat untuk pembuatan VCO dan Minyak Cengkih itu. Bahkan, tak tanggung-tanggung, sejumlah mesin pembuatan Minyak Cengkih pun siap disalurkan bagi masyarakat mau serius menggeluti pembuatan VCO dan Minyak Cengkih.
Pihaknya pun berjanji, dalam waktu dekat akan menyalurkan sebuah mesin Pembuat Minyak Cengkih kepada kelompok pemuda di AMGPM Ranting Waenalut yang merupakan tuan rumah pelaksanaan pelatihan tersebut.
“Kami akan berikan bantuan satu unit mesin untuk membuat Minyak Cengkih bagi teman-teman pemuda disini dan kami berharap agar pemuda disini dapat serius dalam memaksimalkan pemanfaatan mesin ini untuk membuat minyak cengkih tersebut,” kata Latuperissa.
Bahkan, lanjut Latuperissa, pihak Dsperindag pun siap mendampingi para pemuda untuk membuat minyak cengkih dan VCO itu.
Lebih dari itu, katanya lagi, VCO maupun Minyak Cengkih yang dihasilkan pun akan dibeli oleh pihaknya untuk dipamerkan dalam berbagai pameran yang diikuti oleh Disperindag Kabupaten Bursel di tingkat provinsi maupun nasional.
“Potensi pasarnya sangat baik, sebab VCO maupun Minyak Cengkih ini biasanya digunakan pula untuk membuat berbagai produk lainnya. Dimana, dalam beberapa kali pameran yang kami lakukan, banyak sekali yang berminat untuk membeli kedua produk ini,” tandasnya.
Sementara itu, Sekretaris AMGPM Daerah Bursel, Dominggus Seleky dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut turut memberikan apresiasi bagi Pengurus AMGPM Cabang I Talitakumi dibawah kepemimpinan Jemy Liligoly selaku Ketua dan Elvis Ch Lahallo selaku Sekretaris yang telah mampu untuk mewujudkan program kegiatan yang sangat baik tersebut.
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman Pengurus Cabang I Talitaumi ini. Dimana, kami berharap agar kegiatan yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Bursel ini, terutama lagi bagi pemuda yang ada di wilayah Cabang I Talitakumi,” kata Seleky.
Olehnya itu, Seleky berharap agar seluruh peserta yang mengikuti acara pelatihan itu dapat serius mengikutinya sehingga berbagai materi pelatihan yang diberikan oleh pihak Disperindag Kabupaten Bursel itu dapat diserap dan diimplementasikan secara baik dalam menciptakan peluang usaha dan peluang kerja di tengah masyarakat yang ada di Bumi Fuka Bipolo ini.
Senada dengan itu, Ketua Majelis Jemaat GPM Waenalut Pendeta M Manuhutu dalam arahannya pun menyambut baik pelaksanaan Pelatihan itu. Dirinya berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat serius mengikutinya.
Dimana, pelatihan yang diberikan oleh Disperiindag Kabupaten Bursel itu akan sangat berguna bagi pengembangan ekonomi masyarakat Desa Waenalut jika dapat diimplemtasikan kedepan lewat pengelolaan berbagai kekayaan sumber daya alam yang dimiliki di Waenalut.
Harapan senada pun turut disampaikan oleh Sekretaris AMGPM Cabang I Talitakumi, Elvis Ch Lahallo dalam sambutannya diselah-selah kegiatan itu.
Menurut Lahallo, kegiatan Pelatihan Pembuatan VCO dan Minyak Cengkih itu merupakan bentuk dari realisasi program Bidang Pelpem AMGPM Cabang I Talitakumi yang diputuskan dalam MPPC V AMGPM Cabang I Talitakumi yang dilangsungkan di Gedung Gereja Bethel Jemaat GPM Wamkana awal Tahun 2015 lalu.
Selain melakukan Pelatihan Pembuatan VCO dan Minyak Cengkih, Pengurus AMGPM Cabang I Talitakumi pun turut menggelar Pelatihan Kader Tingkat Dasar bagi puluhan kader AMGPM yang ada di seluruh Ranting se-Cabang I Talitakumi.
Dimana, untuk kegiatan Pelatihan Kader Tingkat Dasar yang dilakukan sejak Jumat (11/9) hingga Sabtu (12/9) itu turut menghadirkan sejumlah fasilitator, yang terdiri dari Sekretaris AMGPM Daerah Bursel Dominggus Seleky, Sekretaris Bidang Organisasi dan Kerumahtanggaan AMGPM Daerah Bursel Stevano Kailola, Bendahara AMGPM Daerah Bursel Alberto Solissa, Mantan Pengurus Besar GMKI Johan Lesnussa dan Sekretaris Dinas Kehutanan Kabupaten Bursel Herman Waemesse.
Dimana, para fasilitator itu dipandu olleh sejumlah moderator yang berasal dari Pengurus AMGPM Cabang I Talitakumi, yakni Ketua Bidang Pelpem AMGPM Cabang I Talitakumi Melky Solissa, Ketua Bidang Keesaan dan Pembinaan AMGPM Cabang I Talitakumi Nelton Seleky, Sekretaris Bidang Organisasi dan Kerumahtanggaan AMGPM Cabang I Talitakumi Roby Tasidjawa dan Sekretaris Bidang Pekabaran Injil dan Komunikasi AMGPM Cabang I Talitakumi Risat Lesnussa.
Sedangkkan, materi yang disajikan oleh para fasilitator ialah AD/ART AMGPM dan Peraturan Organisasi (PO) Nomor 1 hingga PO Nomor 6. Ditambah, Kepemimpinan Kristen dan Teknik Memimpin Sidang. (SBS-01)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!