Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Anggota MPR Mercy Barends Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Anggota DPR RI/MPR RI, Mercy Christy Barends menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bagi seluruh Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Ranting se-Kabupaten Buru Selatan (Bursel) di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Bursel, Minggu (27/9).
Sosialisasi yang dilakukan oleh Barends itu dipandu langsung oleh Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bursel, Yohan Lesnussa sebagai moderator. Sedangkan, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel, Sami Latbual turut mendampingi Barends dalam sosialisasi itu.
Sosialisasi yang dilakukan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada seluruh kader PDIP yang ada di Kabupaten Bursel tentang Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.
“Tujuan dari kegiatan sosialisasi empat pilar ini adalah bagaimana Empat Pilar Kebangsaan kita, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika itu bisa terus mengakar dalam kehidupan masyarakat,” kata anggota Komisi VII DPR RI itu kepada wartawan usai sosialisasi tersebut, Minggu (27/9).
Dikatakannya, Empat Pilar Kebangsaan ini merupakan modal yang baik guna membangun bangsa yang penuh dengan kemajemukan. Oleh karena itu, pemahaman yang komprehensif terhadap Empat Pilar Kebangsaan merupakan suatu keharusan dan kebutuhan yang tak bisa diabaikan begitu saja.
“Apalagi, sekarang ini tidak ada lagi pendidikan yang berbasis nilai-nilai seperti ini, maka banyak sekali terjadi kelunturan dari nilai-nilai kebangsaan itu, perpecahan dimana-mana, identitas kita luntur dan itu sangat merusak kehidupan berbangsa dan bernegara kita,” tandas mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku itu.
Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka mewujudkan cita-cita reformasi dan pelaksanaan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara konsekuen serta untuk mengkahiri berbagai persoalan yang terjadi saat ini, maka diperlukan kesadaran dan komitmen seluruh warga masyarakat, terutama para kader PDIP untuk terus memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, yang tentunya akan dapat dicapai secara maksimal apabila setiap warga masyarakat mampu hidup dalam kemajemukan dan mengelolanya serta membudayakannya secara baik.
“Kali ini, untuk di Bursel kami memilih melakukan sosialisasi khusus kepada internal keluarga besar PDIP, sekaligus juga untuk memperkuat mereka. Jadi, tidak hanya dari sisi substansi memaknai nilai-nilai ini, tetapi gagasan yang mencerdaskan dan berkeadilan itu juga dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik oleh seluruh keluarga besar PDIP yang ada di Kabupaten Bursel,” tuturnya.
Bahkan, mantan Calon Bupati Kabupaten Kepulauan Aru ini pun berharap agar dalam fase Pilkada Bursel yang sementara berlangsung dengan seluruh dinamikanya itu juga bisa dijadikan sebagai laboratorium politik untuk seluruh kader partai yang ada di Bumi Fuka Bipolo tercinta.
“Dimana, mereka dapat ikut ambil bagian, mereka bisa ikut belajar dan bisa ikut dalam proses-proses politik yang benar dan bertanggung jawab dan bisa menghasilkan kualitas Pilkada dengan politik-politik yang sehat dan pro terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama tentang bagaimana cara pengentasan kemiskinan dan seterusnya. Itu baru kita sebut dengan politik yang sehat dan berkualitas,” ujarnya.
Sebab, tambahnya, kalau seseorang ada di dalam PDIP sebagai kader dan kemudian tidak mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan berupa Empat Pilar Kebangsaan ini secara bertanggung jawab dan benar, maka sebagai kader PDIP akan dinilai tidak memiliki nilai-nilai kebangsaan dan ideologi partai.
“Olehnya itu, melalui sosialisasi ini kami berharap kader PDIP mampu menjadi kader-kader produktif yang mampu menjadi teladan bagi seluruh masyarakat dalam mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara setiap saat, terutama di wilayah Bursel ini,” harap Srikandi asal Provinsi Maluku itu.
Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel mewakili keluarga besar PDIP di Bursel mengaku sangat gembira dengan hadirnya Anggota DPR RI/MPR RI dari PDIP itu.
“Kami sangat gembira dan merupakan suatu kehormatan bagi kami, karena Ibu Mercy Barends bisa bertatap muka dan memberikan sosialisasi tentang Empat Pilar Kebangsaan ini bagi seluruh kader PDIP di Bumi Fuka Bipolo yang sama-sama kita cintai ini,” kata Latbual.
Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kabupaten Bursel ini pun mengaku bahwa sejak dilantiknya anggota DPR RI periode 2014-2019 pada 1 Oktober 2014 lalu, barulah dua kader PDIP di DPR RI yang menginjakkan kakinya di Kabupaten Bursel.
“Dalam catatan kami, setelah Pak Komarudin Watubun yang juga anggota DPR RI asal PDIP dari Dapil Papua Barat berkunjung ke Bursel beberapa waktu lalu dalam agenda DPR RI yang lain, kali ini Ibu Mercy Barends adalah anggota DPR RI kedua yang berkunjung kedua disini. Beliau berdua sama-sama merupakan kader PDIP dan hal ini hanya dilakukan oleh PDIP,” tutur Ketua Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Bursel itu.
Sejumlah fungsionaris DPC PDIP Kabupaten Bursel yang terlihat hadir dalam sosialisasi itu antara lain Corneles Hully, Bernadus Waemesse, Basir Solissa dan Olivia Hukunala. (SBS-02)




Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!