Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Wonderful Sail 2 Indonesia Buktikan Kabupaten Bursel Makin Maju
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Buce Ayub Seleky, Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengaku bahwa dijadikannya Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sebagai salah satu titik singgah wisata kapal layar internasional bertajuk Wonderful Sail 2 Indonesia merupakan bukti bahwa Kabupaten Burel telah mengalami banyak kemajuan dibawah kepemimpinannya bersama Bupati, Tagop Sudarsono Soulisa,
Wonderful Sail 2 Indonesia merupakan salah satu bukti kemajuan Kabupaten Buru Selatan, dimana dari 18 titik singgah Kapal di Indonesia dan di Provinsi Maluku hanya tiga daerah yang menjadi titik singgah wisata kapal layar internasional ini, yakni : Debut (Kabupaten Maluku Tenggara), Banda Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Namrole (Kabupaten Bursel). Kabupaten Bursel menjadi salah satu titik singgah tersebut,” kata Seleky ketika memberikan sambutan diselah-selah Welcome Ceremony Wonderful Sail 2 Indonesia yang diselenggarakan di areal Pelabuhan Namrole, Rabu (12/8).
Maka dari itu, tambahnya, patutlah kita bersyukur dan kita bangga menjadi warga Bursel yang memperoleh kesempatan untuk menjadi destinasi wisata Internasional.
Dijelaskannya, Wonderful Sail 2 Indonesia bisa berada di Namrole, Kabupaten Bursel dimulai dengan adanya program kerja Dinas Kebudayaan dan Parawisata Tahun 2013, yakni kegiatan survey titik singgah kapal yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2013 dengan mendatangkan tenaga ahli wisata layar Internasional dari Ditjen Pengembangan Destinasi Parawisata Kementerian Parawisata, Bapak Resmon Lesmana. Dari hasil survey beliau inilah, maka Namrole dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata layar Internasional Wonderful Sail 2 Indonesia.
Menurut mantan Kepala BKD Kabupaten Bursel ini, tujuan dari Wonderful Sail 2 Indonesia ini adalah untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal, pinggiran dan kepulauan sekaligus untuk mempromosikan destinasi  parawisata di daerah Kabupaten Bursel ke dunia internasional.
“Kita patut bangga karena diakhir periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati pertama, yang nantinya Allah, Tuhan berkenan akan melanjutkan lagi kepemimpinan pada periode ke 2, kita sudah mampu mendatangkan masyarakat Internasional dalam perhelatan akbar ini.
Oleh karena itu, saya mengajak kepada segenap lapisan masyarakat, termasuk swasta untuk mensukseskan event tersebut agar dapat dinikmati oleh masyarakat kita,” ujar Calon Wakil Bupati Inchumbent tersebut.
Lanjutnya lagi, pelepasan rally kapal layar internasional ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli 2015 di Canbera, Australia. Dimana, Kabupaten Bursel juga diundang untuk menghadiri acara tersebut, dan selama kunjungan ke Australia, pihaknya dijamuh dengan baik. Terkait itu, pihaknya turut mengucapkan terima kasih dan kiranya hubungan ini dapat terus terjalin bukan saja saat ini.
Dikatakannya lagi, kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia Exibition di Namrole sendiri akan berlangsung selama 4 hari, yaitu sejak tanggal 12-15 Agustus 2015. Peserta rally dan seluruh lapisan masyarakat Bursel tidak hanya akan menikmati wisata alam pantai, atraksi seni dan budaya, tetapi juga festival kuliner, live music.
“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bursel dan jajaran, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena partisipasinya sehingga event internasional Wonderful Sail 2 Indonesia dapat terselenggara, sekaligus ijinkan saya mengajak peserta rally sekalian untuk menikmati keindahan Negeri Fuka Bipolo, bukan dari tempat ini saja. Namun jauh lebih berkesan, jika kita bisa lebih lama untuk menyusurinya guna melihat kekayaan alam, seni, dan budayanya. Kita bisa melihat sendiri tatkala masyarakatnya hidup dengan alam dan budaya itu,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Kadisbudpar) Kabupaten Bursel, Saleh Souwakil dalam laporannya mengatakan kegiatan Wonderful Sail 2 Indonesia merupakan jawaban atas  program survei titik singgah kapal oleh Disbudpar pada Desember 2014 dan Januari 2015.
“Tujuan dilaksanakan Wonderful Sail 2Indonesia adalah mempromosikan Kabupaten Bursel sebagai destenasi pariwisata yang layak untuk dikunjunggi, baik wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Souwakil.
Selain itu, tujuan lainnya ialah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Pendapatan Asli Daerah dan masyarakat, khususnya di sekitar objek wisata dan meningkatkan SDM, khususnya Sumber daya pariwisata dan meningkatkan daya saing usaha pariwisata di Kabupaten Bursel.
“Sasaran kegiatan adalah objek dan daya tarik wisata di Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel. Dimana, output 46 Kapal Wonderful Sail 2 Indonesia saat ini telah berlabuh 28 Kapal di Namrole. Sisanya akan menyusul menyinggahi Namrole, Kabupaten Bursel,” terangnya.
Dijelaskannya lagi, negara-negara yang ambil bagian dalam Wonderful Sail 2 Indonesia terdiri dari Meksiko, New Zeeland, Prancis, Amerika, Inggris, Belanda dan Australia. “Outcame dengan adanya kunjungan wisatawan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bursel melalui pengeluaran wisatawan manca negara selama berada di Bursel dan dapat semakin dikenal di dunia Internasional,” tutur mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bursel itu. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!