Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » TOP-BU dan HIKMAT Bakal Undi Nomor Keramat
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


Namrole, SBS.
Dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), yakni Tagop Sudarsono Soulissa-Buce Ayub Seleky (TO-BU) dan Hakim Fatsey-Anthon Lesnussa (HIKMAT) akan mengikuti pengundian dan penetapan nomor urut di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bursel, Rabu (26/8) sore.
Nomor urut 1 atau pun nomor urut 2 yang diperoleh kedua pasangan ini, tentu akan dianggab sebagai nomor keramat yang akan mengantarkan mereka sebagai pemenang pesta demokrasi di Bumi Fuka Biolo ini.
Pasti, kedua pasangan dan pendukung tidak sabar lagi untuk mengetahui nomor urut berapakah yang akan menjadi nomor keramat yang bakal mengantarkan mereka melaju sebagai peserta Pilkada Bursel.
“Besok (hari ini-red) sekitar pukul 15.00 WIT akan dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut Calon yang akan berlangsung di Ruang Aula Kantor KPU Bursel,” kata Ketua KPU Kabupaten Bursel, Said kepada wartawan Kantor KPU Kabupaten Bursel, Selasa (25/8).
Menurutnya Ketua KAHMI Kabupaten Bursel ini, dalam proses pengundian dan penetapan nomor urut calon hari ini, KPU telah meminta kepada masing-masing pasangan calon untuk tidak membawa serta masa pendukungnya, selain hanya didamingi oleh para pimpinan parpol pengusung dan tim kampanye.
“Yang kita undang itu hanya kedua pasangan calon, pimpinan parpol pengusung, tim kampanye serta Panwas Kabupaten Bursel. Nanti kita tekankan dalam undangan untuk mereka tidak membawa pendukung. Hal itu akan dilakukan untuk menjaga kondisi keamanan. Dimana, hal itu sudah kita komunikasikan juga secara lisan dengan tim masing-masing,” ujarnya.
Sabi pun menjelaskan, bahwa sejak tanggal 27 Agustus hingga masa tenang nantinya sebelum hari pencoblosan tanggal 9 Desember 2015, masing-masing pasangan calon memiliki waktu kampanye sebanyak 94 hari, yang terdiri dari Rapat Umum, Tatap Muka dan Kampanye Terbatas.
“Dimana, telah kami sepakati bahwa untuk proses Rapat Umum itu akan dilakukan oleh pasangan calon nomor urut 1 tanggal 1 Desember dan nomor 2 itu tanggal 2 Desember. Sedangkan, tanggal 3 Desember itu akan dilakukan Debat Kandidat,” terangnya.
Katanya lagi, untuk hari pertama kampanye pada tanggal 27 Agustus nanti, akan dilaksanakan proses Deklarasi Damai dan penandatangan kesepakatan siap terpilih dan siap tidak terpilih. Dimana, untuk agenda tersebut, pihak KPU telah meminta kedua pasangan untuk membatasi jumlah pendukungnya dalam agenda dimaksud, yakni maksimal 100 orang.
“Deklarasi damai akan dilakukan tanggal 27 Agustus dengan peserta masing-masing calon sebanyak 100 orang. Kita jalan bareng-bareng. Dimana, direncanakan ada dua alternatif titik start dan finish. Yakni alternatif pertama, kita akan start dari GOR Kilo Meter II dan finish di Lapangan Desa Elfule. Sedangkan alternatif kedua adalah start dari Lapangan Desa Elfule dan finish di Dermaga Pelabuhan Namrole. Jadi, kita masih koordinasi lagi dengan pemilik GOR dan Lapangan Desa Elfule,” bebernya.
Lebih lanjut, komisioner KPU Kabupaten Bursel dua periode ini pun menjelaskan bahwa mekansime kampanye yang akan dilakukan bakal terbagi dalam dua zona, yakni zona barat dan zona timur.
“Proses kampanye akan kita sesuaikan berdasarkan zona timur dan zona barat. Dimana, zona timur terdiri dari Kecamatan Namrole, Waesama dan Ambalau. Sedangkan, zona Barat itu terdiri dari Kecamatan Leksula, Kepala Madan dan Fena Fafan. Jadi, di lima hari pertama masa kampanye, kelima kandidat berkampanye di zona yang berbeda supaya tidak menimbulkan gesekan. Sedangkan untuk lima hari terakhir itu, bebas untuk kampanye dimana saja,” ungkapnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!