Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Tinggal Hitungan Jam, KPU Bursel Masih Abu-Abu Soal Penetapan Calkada Bursel
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Hingga Minggu (23/8) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) masih abu-abu dalam memastikan jadwal pengumuman penepatan Calon Kepala Daerah (Calkada) Bursel yang akan dilakukan Senin (24/8) besok.
Bahkan, Ketua KPU Kabupaten Bursel, Said Sabi belum juga duduk bersama para komisioner lainnya guna membicarakan secara pasti proses penetapan Calkada Kabupaten Bursel itu.
Sabi dikabarkan baru tiba di Namrole, Minggu (23/8) malam dan belum memastikan pukul berapa besok akan melakukan pengumuman Calkada yang bakal dinyatakan lolos verfikasi sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel.
Sabi bahkan ketika dikonfirmasi puluhan kali melalui telepon selulernya tak pernah direspon. Termasuk pesan singkat yang dikirimkan pun tak dibalas oleh Ketua KAHMI Kabupaten Bursel itu.
Sementara itu, Devisi Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Bursel, Abdul Muin Loilatu yang dihubungi via pesan singkat mengaku belum mengetahui jadwal pastinya dan mengarahkan untuk ditanyakan langsung kepada Sabi. “Tanya Bapak Said jua,” kata Muin yang mencoba mengelak.
Bahkan ketika disinggung tentang tupoksinya sebagai Divisi Penyelenggara Pemilu KPU Bursel yang tentunya harus tahu tentang jadwal pengumuman Calkada besok, Muin pun kembali mengelak untuk memberikan jawaban pasti. “Tapi kayanya ada arahan Pak Said,” ucap Ketua Muhammadiyah Kabupaten Bursel ini.
Mantan Ketua KPU Kabupaten Bursel ini pun mengaku sebagai Devisi Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Bursel, dirinya tidak tahu sama sekali kepastian waktu pengumuman Calkada besok.
Sedangkan, Sekretaris KPU Kabupaten Bursel, Solaiman Loilatu yang dihubungi Suara Buru Selatan, Minggu (23/8) malam juga mengaku bahwa belum ada waktu pasti pengumuman Calkada besok.
“Siang-siang, paling cepat pukul 12.00 WIT dan paling lambat pukul 14.00 WIT,” kata Loilatu.
Bahkan, Loilatu mengaku bahwa KPU Kabupaten Bursel belum menyampaikan undangan kepada pasangan Tagop Sudarsono Soulissa-Buce Ayub Seleky (TOP-BU) dan Hakim Fatsey-Anthon Lesnussa (HIKMAT) serta parpol pendukungnya.
“Undangannya belum diberikan kepada pasangan Calon dan bisa saja besok sebelum penetapan undangan kita sampaikan dan bisa saja melalui telepon atau lisan,” ucapnya.
Dirinya juga mengakui bahwa hingga Minggu malam KPU Kabupaten Bursel belum melakukan rapat untuk menetapkan waktu pasti pengumuman Calkada besok.
Namun, Loilatu pun mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota pada bagian lampirannya telah tertera waktu pengumuman Calkada akan dilakukan Senin (24/8) dan tanpa diberikan undangan pun, pasangan Calon telah mengetahuinya.
Bahkan menurut Loilatu, agenda pengumuman Calkada yang lolos verifikasi ini bukanlah agenda yang dianggab penting untuk diseriusi. Sebab, menurut Loilatu agenda  sesungguhnya nanti pada saat acara pengundian nomor urut yang akan dilaksanakan, Selasa (25/8) dan pihaknya akan lebih serius untuk mempersiapkannya karena agenda itu akan lebih ramai.
Kendati begitu, Loilatu mengaku bahwa pengumuman Calkada Bursel besok akan turut didampingi oleh sejumlah Komisioner KPU Provinsi Maluku yang telah tiba di Namrole. (SBS-03)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!